Perkiraan biaya overhaul alias turun mesin pada mobil transmisi matic

biaya overhaul sedan peugeout matic
ktm indonesia

Perkiraan biaya overhaul (OH)alias turun mesin pada mobil transmisi matic. Istilah turun mesin adalah hal biasa pada roda empat maupun roda dua yang merana dimakan usia. Overhaul pada mobil matic dipandang perlu bila usia odometer sudah diatas 100.000 km. Selain itu terdapat beberapa gejala seperti selip kopling, tidak bisa mundur atau ada bagian-bagian lain yang aus. Nah berikut Perkiraan biaya overhaul alias turun mesin pada mobil transmisi matic.

overhaul mesin mobil maticSalah seorang warganet di grup facebook Motuba yakni Mbah Akbar Fitrahadi membagikan pengalamannya dalam melakukan overhaul pada mobil dengan AT. Postingan tersebut diunggah pada tanggal 25 Juli 2018 sebagai berikut. Sekilas Perkiraan biaya overhaul alias turun mesin pada mobil transmisi matic yakni sekitar 5 – 7 juta tergantung dengan situasi dan kondisi. Monggo disimak mbah…

OVERHAUL TRANSMISI MATIC

Sedikit berbagi cerita.. belakangan ada teman yang baru saja membeli sebuah mobil second. Mobilnya bagus, pengendaraannya nyaman, dan menggunakan transmisi otomatis konvensioal 4AT. Usia kendaraannya bisa dibilang mulai memasuki masa puber dengan kilometer yang seimbang dengan usianya. 12 tahun dengan odometer sekitar 160.000km.

Recordnya lengkap, tidak ada penggantian aneh-aneh dan pemilik sebelumnya termasuk rajin dalam merawat kendaraannya, diketahui bahwa servis rutin menjadi sebuah kewajiban yang tak bisa ditinggalkan seperti shalatnya orang Islam. Patok-patok jadwal perawatan pun tidak pernah gang alias bolong.

Suatu ketika telpon berdering dan terjadilah perbincangan sedemikian rupa.
Teman : “Mas, akhir-akhir ini mobilku kalau belum panas dibuat mundur kok nggak bisa ya.. dan kadang terasa sedikit njedug yang nggak biasanya saat maju gear 1 ke 2. Kayak ada yang longgar gitu gak bisa smooth. Ada apa ya?”
Saya : “Sudah pernah diganti belum olinya setelah beli? Record trakhir kapan? Kan mobilmu ada itu recordnya lengkap kalo nggak salah..”
Teman : ” Belum mas… Terakhir ganti di 120ribu Km. Catatannya sudah 2x ganti per 60ribu km”
Saya : “Ooo…. Kilometernya berapa skrg?”
Teman : “Sudah 170.000an km mas”

Nah dari sini saya mulai berfikir sejenak..
Sepertinya saya tahu sedikit apa yang perlu saya jawab…

Saya : “Mungkin perlu overhaul itu… Waktunya dilihat dalamnya mungkin aus…”
Teman : “Jadi turun girboks dong ini?”
Saya : “Iya…”OVERHAUL TRANSMISI MATIC

Masuklah kita dalam pembahasan sederhana, yang semoga bisa menambah ilmu dan persiapan kita semua saat menghadapi kondisi demikian.


Secara umum…..
Prinsip matic adalah menggunakan tekanan fluida utk pindah gear… Berarti…. Perlu overhaul… Yang di overhaul apa saja…

Istilah ‘over haul’ adalah merekondisi transmisi. Yang sudah akrab ditelinga adalah ‘turun mesin’. Sebenarnya kurang tepat jika dikatakan turun mesin. Karena mesin tidak hanya turun, tetapi juga dilakukan perbaikan agar kembali pada kondisi standardnya.

Umumnya, overhaul dilakukan setelah pemakaian selama 5-10 tahun tergantung pemakaian, bahkan bisa lebih. Jika timbul gejala kopling selip yang terlihat pada tak berimbangnya putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, tetapi mobil tidak berjalan.

Dengan laju seimbang, perpindahan gigi perseneling juga mengentak, tidak halus seperti biasa ( jedug ). Hal ini bisa dicek dengan memasukkan perseneling ke posisi D atau R, lalu di rem lepas. Dalam keadaan sehat, mobil langsung bergerak. Jika tidak, berarti ada yang tidak beres dengan transmisi mobil matic anda.

Nah mengapa ini terjadi dan apa saja yang biasanya didiagnosa dan dicari penyebabnya serta akan dicoba dibetulkan?

  1. Body valve (solenoid(?)).. dan jalur sirkulasi oli transmisi. Biasanya kotor krn material kampas seiring usia pemakaian habis dan larut dalam oli yg bersirkulasi. Kadang paket hematnya bisa dengan buka ini saja utk dibersihkan… Mgkn biaya berkisar antara 1.5jt an.
  2. Kampas… Karena habis, menjadi ada gap. Menyebabkan tidak bisa langsung nyantol. Nah ini juga salah satu yang menyebabkan hentakan berlebih pada tiap pergantian gear. Biasanya paling terasa di gear 1 ke 2, karena seumur hidupnya itulah yang paling sering digunakan dan berpindah saat penggunaan dalam kota.

  3. Seal transmisi, termasuk yg ada di dalam sistem mungkin sudah tidak lentur atau tidak bisa menahan/memberikan tekanan balik agar tidak kurang.

  4. Sirkuit elektronik yang berada dalam transmisi perlu di cek barangkali ada yg aus, ataupun rusak karena pemakaian dan usia.

Sesuai dengan prinsip itu, fluida dan benda akan memuai saat panas… Sehingga gap-gap tadi yang menyebabkan tekanan sistem tidak mampu tercapai menjadi tercapai… Simplenya spt itu… Advanced nya… Sesuai desain dan kebutuhan parts masing-masing mobil.

Overhaul matic memang menjadi momok… Tetapi… Dengan biaya segitu, biasanya 5-7jt an… Dibandingkan dengan transmisi manual… Secara penggunaan wajar usianya akan 1.5-2x lipat transmisi manual.

Andaikata trans manual sudah waktunya 2x ganti kampas dsbnya, matic mungkin baru perlu turun overhaul 1x.
Jadi masa pakai dengan biaya more or less hampir sama selisihnya walau memang mgkn lebih mahal dikit.

Demikian analisa nyubie.. semoga berguna. Silahkan dikunyah-kunyah dan didiskusikan bersama disini.
Siapa tahu dapat menjadi pencerahan bagi yang sedang dilanda kebingungan.


Beberapa warganet menanggapi postingan diatas khususnya yang pernah melakukan overhaul.” Mahal ah benerin matic. Per 20rb buang 400rb. 200rb km potensi turun matic katakan lah abis 8 jt buat apansa seniya. Dulu perna paralel avanza manual sama avanza matic. Pake ampe 100rb. Avanza matic cuma keluar 400rb X 5 = 2 juta. Avanza manual keluar 150rb X 5 + 1.9 juta = 2.65 juta. Dijual dalam kampas kopling uda jalan 30rb km. Diganti pas 70rb km. Cuan lumayan cuih ” ujar Kevin Chintama.overhaul kampas kopling matic type AW03 72LE

Aris Subianto juga mengungkapkan pengalaman serupa melakukan OH. “Overhaul juga nih mbah. Ganti kampas kopling matic ada 24 pcs total nya. Mahal atau murah, relatif. Buat saia masih kategori wajar biaya overhaul nya. *matic type AW03-72LE ” terangnya sambil melampirkan foto kampas kopling matic. Mora Tanto Ritonga juga menunjukkan nota ketika melakukan OH pada mobilnya.”Ini mbah baru OH matiknya sedan prancis .. Mobilnya 405 STi…untung yan kena baru 9pcs kampas nya hehe. Enjoy aja ” tuturnya sambil melampirkan foto nota.

Warganet lain tidak sepakat dengan pertanyaan bahwa mobil manual yang dinilai boros kampas kopling. “Yg manual ga bisa dijustifikasi gt juga Kalee. Yg manual km 150rb lebih blm ganti kampas kopling jg banyak. Semua itu tergantung pemakaian yg punya. ” ujar Yan Aditya Pradana I. Hal ini juga diamini oleh Masyhar Faiz, “Manual awet kok mbah, sampe 150ribu lebih jg belum ganti kampas kopling tergantung pengemudi sih… Matic jg kalo sering netralin dikala macet2an mungkin lebih awet kampasnya… Cmiiw ” tegasnya. biaya overhaul sedan peugeout matic

Sementara itu warganet lain Yuwono Kelik membagikan pengalamannya. “Saya pernah baca artikel dari mazda, trans at mereka masuk kategori seumur hidup dengan syarat dan ketentuan berlaku. 1 minyaknya, kedua filter, ketiga cara menggunakanya. Saya sendiri pakai 4F27E, trans yg sudah lumayan tua. Ganti oli saya gak mau lama2, di kisaran 25rb km, kl filternya di 50rb km. Lumayan lah untuk org yg sudah manja kaki kirinya ” ujarnya.

Sedangkan warganet lain menyarankan untuk melakukan beberapa hal sebelum memutuskan overhaul. “Sebelum turun total saya coba bersihin Body Valve, ganti oli, ganti filter, bersihin oil pan nya mbah. Repair matic bisa mundur sekian puluh ribu kilo dengan bebersih ini aja ” terang Mubyarto Retowiarjo. Hal ini juga ada saran lain dari Muhammad Ravi, “Saya kasi saran mbah…Ganti ATF sebaiknya 30rb km. Apalagi pemakaian dalam kota, oli matic akan sangat cepat jenuh kondisinya ” pungkasnya. kuras oli mobil matic ATF dan packing matic

Mubyarto Retowiarjo mengungkapkan lebih lanjut mengenai bersihin Body Valve (BV) ini. “10.000 km lalu kuras matic pake alat yg seperti hemodialisa alias cuci darah. 10 liter oli matic. Kirain udah cukup. Ternyata ngga cukup bebersih matic begitu. Yang lebih optimal: Bersihin body valve, ganti oli, ganti filter, bersihin sekalian oil pan nya. Hasil nya perpindahan gigi jadi lebih halus lagi. Mau optimal bener bener ya turun total ” ujarnya sambil melampirkan foto-foto proses kuras dan biayanya.

Itulah mantemans Perkiraan biaya overhaul alias turun mesin pada mobil transmisi matic. Bila sudah waktunya OH maka jangan tunda lagi sebelum menjalar kebagian yang lain..hehehe. Siapkan dana secukupnya mbah…biaya kuras oli mobil matic ATF dan packing matic

Maturnuwun

baca juga :

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3678 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..