Mesin Yamaha Nmax ini alami pecah pasca terjang banjir, berikut solusinya brosis

Mesin Yamaha Nmax ini alami pecah pasca terjang banjir, berikut solusinya brosis (1)

Mesin Yamaha Nmax ini alami pecah pasca terjang banjir, berikut solusinya brosis. Mantemans penyemplak motor matic khususnya Yamaha Nmax harap waspada dan hati-hati bila terpaksa menerjang banjir. Jangan sampai kejadian mesin retak dan pecah setelah sekian lama pasca terjang banjir. Monggo disimak pengalaman warganet berikut ini.

Mesin Yamaha Nmax ini alami pecah pasca terjang banjir, berikut solusinya brosis (1) Masbrow ‎Karyadi Djaya‎ mengunggah pengalaman tidak mengenakkan ini di grup facebook YAMAHA NMAX INDONESIA NMAX LOVERS. “Maaf ijin tanya. Ada yang pernah kejadian pecah mesin gini ngga ya? Lagi jalan mesin tiba-tiba pecah begini. Bloknya ada yg jual ngga ya? Nmax tahun 2018 punya adik saya. Saya tambahkan riwayat sebelum blok mesin pecah (baru dapat info lengkap dari adik saya) Pernah terobos banjir pada sekitar bulan februari 2020. Banjir lumayan tinggi. Setelah itu ganti oli 2 kali. Dan mesin belum dicek secara menyeluruh setelah ganti oli. Tgl. 15 mei kemudian kejadian crankcase pecah ” ujarnya pada tanggal 1 Juni pukul 18.18 WIB sambil melampirkan crankase yang retak dan pecah.

Sebelumnya beberapa warganet menduga penyebab retaknya crankcase tersebut karena benturan. ” Itu pecah nya bagian atas, kemungkinan akibat benturan mesin bagian bawah misal dengan batu, masuk lobang, atau gejlugan” ujar Oki Oktav. Namun beberapa warganet memastikan bahwa penyebabnya jelas yakni water hammer. ”  itu biasanya water hammer mas,jadi ada air masuk ke oli,sehingga piston nya nge jump..” terang Buntaran Panji. Hal ini juga didukung oleh Adam Tolana, “Fix water hammer itu.. Klo pun ad benda lain di dlm block gak sampe kyk gtu. Paling sehernyo yg rontok...”tuturnya.  “water hamer…..terjang banjir d paksa…..sampe bulan mei gak overhold……” tukas ズファル ファリス.


Aaro mencoba menjelaskan secara detail penyebab water hammer ini. “bisa begitu karena saat mesin bekerja dalam kondisi panas, (langkah kompresi) ketemu air masuk ke ruang bakar, bisa lewat intake atau lewat air yang tercampur oli di bak oli,terjadi ledakan diluar langkah power (TMA ke TMB), stang seher nonjok crankcase belakang, karena bagian belakang ini yang paling tipis dari crankcase, kena impact ledakan power, ” tuturnya.Mesin Yamaha Nmax ini alami pecah pasca terjang banjir, berikut solusinya brosis (2)

Sementara warganet lain yang mengaku pernah menerjang banjir namun sampai sekarang juga aman saja. “Nmax sy produksi 2017 pembelian 2018, pernah pakai distribusikan bantuan sembako wktu jd relawan banjir bandang sentani 2019 dan touring nerobos kali saat mesin panas, tapi masih aman. Mungkin pengaruh perawatan kah?? Sy pakai oli enduro racing max ganti sekitar 500km sekali, bersihin CVT 1x sehabis kebanjiran.” ujar Vian Hariyanto . Hal ini direspon oleh bro Hiro Ranzer,” Vian Hariyanto sepertinya bukan perawatan lebih cenderung air yg masuk kedalam mesin…ketika mesin dlm posisi panas air masuk ke pembakaran.. bahan besi yg sedang memuai didalam pembakaran langsung kena air , info nya gitu yg saya dapat ” jawabnya.

Beberapa warganet yang lain pernah mengalami water hammer semacam ini. ” Itu pernah kejadian pada traman saya pas.pulang touring dari pangandaran ..sama pecah gitu …Water hammer. harus di ganti semua.itu 1 blok ..pesen lamhsung ke pabriknya biar ada ketokan nomer seri mesin..lumayan 1 lama lebih 1 bulan pesennya ” terang To Chiko. Maki Baehaki menambahkan ceritanya, “kemaren tmn sm nmax tahun 2019 kejadian pernah trobos banjir jg.. Pecah ky gt jg diberes smpe sekarang belum kelar tuh motor…Mau g mau beli mesin baru sm kereng”kesnya abis 3 rb k ” tambahnya.

blok Mesin atau crankcase Yamaha Nmax ini alami pecah pasca terjang banjir, berikut solusinya brosis (3)Solusinya?

Solusi terbaik adalah ganti total brosis yakni dengan memesan dari pabrikan. “Saya pernah ngalamin om.sya hbis biaya 5juta.mesin jebol hancur. Itu krna sy pernah trobos banjir.air msuk kemesin lewat pilter udara sma lewat knalpot. Motor di beres/bengkel resmi selama 2 bln. Hrus ganti block mrsin.hrus inden dulu dipusat.🙏. Pengalaman sy misal klo ad banjir mending jgn ditrobos om.fatal akibatnya. Salam hangat dri bali.🙏 ” ujar Gede Ari .

Berhubung partnya inden jadi mesti bersabar brosis. ” Nyimak…. Habis kena banjir besoknya diservis ke beres, setelah diservis bukannya sembuh besoknya malah pecah 😂. Akhirnya ngandang di beres udah 4 bulan belum juga selesai” tutur Dandi Afredo. ” Blok Inden ke Yamaha, 2-3 Bulanan, Karena PSBB pasti lebih lama. Karena yamaha Factory pun tutup. Saya lg inden Crankcase Mio Z dari Februari aja belum kelar2 😢 ” tambah II’smael Balgohom. ” Sama om….saya juga begitu ..pecah mesih persih bangat.. ..luar biasa biaya bengkak..dan motor harus di kandang kurang lebih 3 bulan…soalnya barang inden…jadi harus bersabar…mesin kerangka…harus ganti total..” ujar Andi Sugara Sitanggang.

Karyadi Djaya mengaku bahwa kasusnya diatas telah ditangani dan dibantu oleh warganet lain. “Sebelumnya terimakasih rekan-rekan semua🙏 atas info & masukannya. Alhamdulillah udah dapat jawaban dari pertanyaan post saya diatas. Mas Permana Triaz sudah kasih info dan bantuan untuk order crankcase yg pecah tsb.” pungkasnya.

spesifikasi-harga-dan-pilihan-warna-yamaha-nmax-155-tahun-201815890752715..jpegWell itulah mantemans Mesin Yamaha Nmax ini alami pecah pasca terjang banjir. Jadi bila nekat menerjang banjir maka pastikan perawatan setelahnya dan hindari sebisa mungkin water hammer agar mesin awet.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4723 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..