Rahasia di balik bus Sugeng Rahayu, Sumber Selamat atau Sumber Kencono…hehehe

Rahasia di balik bus Sugeng Rahayu, Sumber Selamat atau Sumber Kencono…hehehe. Bus yang dihina tapi juga dicinta. Sering dianggap arogan dijalanan tapi tak sedikit yang mendambakan cepat sampai di tujuan. Tidak sedikit berita kecelakaan sepanjang rute Surabaya – Jogja tapi tak pernah ada yang kapok untuk mengulang numpang. Itulah Bus Sumber Kencono, Sumber Selamat atau Sugeng Rahayu yang ternyata memiliki rahasia pada armadanya. Ada yang penasaran mengapa bus AKAP ini begitu anteng dan poweful ketika dibuat manuver? Inilah jawaban dari penelusuran warganet. Monggo disimak…

Warganet seorang busmania atau bus enthusiast Widodo Groho mengunggah rasa penasarannya di facebook miliknya pada hari Jum’at, 03 November 2017. “Dari era Sumber Kencono hingga Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu saya penasaran dengan tulang belulang bus tersebut kenapa tetep anteng dibawa manuver. Setelah lebih dari 10 tahun akhirnya saya mendapat jawaban setelah main ke perusahaan pembuat body bus tersebut dan mendapat informasi dari salah satu orang dalam perusahaan karoseri tersebut. Ternyata pemilik bus tersebut paham betul teknis kendaraan. ” ujarnya mengawali cerita.

Widodo melanjutkan, “Sang pemilik memahami geometri rangka. Masalah geometri ini juga kan selalu diributin para pemain motogp bagimana bikin motor anteng dibawa akselerasi dan deselerasi juga manuver. Nah, sang pemilik bus ini datang ke Laksana dengan membawa desain rangka dibalik body bus miliknya.
Sang pemilik datang dengan membawa banyak opsi dan spek rangkanya. Terbukti ada frame melintang di rangka bawah dan samping. ” ujarnya lebih lanjut

Widodo pun menambahkan keterangannya, “Ini bukan semata untuk memperkuat body, tapi mengejar geometri rangka yang sempurna agar bus tidak ada gejala melintir saat dibawa manuver. Memang terbukti bus tetap anteng dibawa menikung tajam dengan kecepatan tinggi. Dan bila terjadi tabrakan pun korban dari penumpang sedikit. Jadi agak beruntung PO yang membeli bus eks Sumber Group. ” pungkasnya.

Warganet lain pun menanggapi postingan ini dan semakin memperjelas rasa penasaran yang ada. “FYI, pak Setyaki Sasongko owner dr SG itu lulusan teknik mesin dr Jerman. jadi ga aneh kalau beliau smp memikirkan sedetail itu. ” ujar Wawan Pepe. Muchamad Mirza juga menyatakan hal serupa, “Nah ini mas,Naik Sumber Group kalau lagi menggila di jalanan rasanya tetep anteng” aja,Baru pas liat depan baru terlihat medeninya aksinya lop lopannya 😁,di sumber group juga buanyak sasis rebodian dari jaman non ac,masih awet” sasisnya..” terangnya.

Warganet lain mengapresiasi tentang tangan ulet dari si bos PO tersebut. “Sekolahnya sama kaya p habibie tp beda jurusan kali ya…..tp mmg unt urusan perchasisan n permesinan di SG sll under license dr pak aki lgs,smpe konon cerita saking getolnya otak atik tangan kananya smpe jd korban ” ujar Bobby Isgandhi. Muhamad Ihsan juga menanggapi serupa, “Wah, hebat sampai sang owner memikirkan geometric sasis yang harusnya difikirkan oleh ATPM merk bus nya. Salute to you sir ” tegasnya. 

Pengalaman warganet Arie juga mempertegas kestabilan rangka bus tersebut. “Bisa ngerasain bedanya pas duduk di.blakang pas lagi nikung banter klo.naik ini,, beda juga pas naik.sumber grup.sama patas jatim yg lain ” ujarnya. Sehingga tak salah ada orang semacam Kang Gatot yang menjadi penumpang setia bus legendaris ini. “Dadi penumpange bis Sumber mulai tahun 1996 sampai saiki mbah.. Pokoke joss gandhos bise.. .” ceritanya. Dhanar Putra Akitsa juga mengapresiasi hal tersebut. “Beruntunglah orang2 Indonesia ini, di Eropa sana, kenyamanan berkendara itu mungkin baru bisa dirasakan kalau naik mobil sekelas Mercy S Class, sementara disini orang2 bisa tidur nyenyak dalam bus seperti ini padahal mereka mungkin tidak tahu nyawa mereka sedang menjerit2. ” terangnya.

Sementara warganet penasaran dengan oprekan mesin Sumber Group tersebut. “Yang masih heran itu sama oprekan mesin nya mbah.. kadang ada bis yang nge gass tapi narik gass nya ngeden banget. Tapi ada juga bis yang nge gass tapi narik gas nya enteng langsungg jooosss.. ini bukan perbedaan seri mesin nya. Udah banyak di jalanan. Mesin sama. Tapi nafas/tarikan nya pasti ada aja yang beda walaupun di gigi yang sama ” pungkasnya Rizqi Nugraha

well, itulah mantemans rahasia di balik bus Sugeng Rahayu, Sumber Selamat atau Sumber Kencono…hehehe. KHS sendiri kadang pernah juga merasakan sensasi balapan jalanan dengan bus murah meriah ini…hehehe. Banyak-banyak berdoa semoga selamat sampai tujuan…

Maturnuwun

baca juga:

 

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »