Mengenal Sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk bus brosis

Mengenal Sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk bus brosis

Mengenal Sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk bus brosis. Keberadaan sasis merupakan tulang punggung bagi kendaraan yang kadang bikin orang yang naik ikut penasaran. Seperti keberadaan sasis bus Sugeng Rahayu, Sumber Selamat atau eks Sumber Kencono yang legendaris itu. Nah saatnya mengenail jenis sasis lain dari pabrikan Mercy yang ditulis bro Rayhan Adriyadi A di grup facebook ‎Bus Mania Indonesia. Monggo disimak gans…

Mengenal Sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk bus brosisRayhan Adriyadi A mengulas pemahamannya mengenai sasis  ‎Mercedes-Benz OC500RF 2542 di grup facebook Bus Mania Indonesia pada tanggal 22 Pebruari 2019. Doi tidak hanya menarasikan dan mendiskripsikan keunggulan dari sasis ini namun juga turut memberikan contoh-contoh ketika sudah jadi bus atau mungkin tronton gans…hehehe. Monggo disimak ..


Mercedes-Benz OC500RF 2542

Chassis ini didatangkan secara Built Up dari Spanyol, dan awal tronton booming ya 2542 ini, sebelumnya udah ada MAN R37 cuma somehow gak begitu booming dan banyakan dipakai sama Transjakarta City Tour, mungkin efek mahal sekali harganya itu R37 jadi kurang booming 😂

Halah malah bahas R37, Oke mari bahas 2542 ini. Di Indonesia sendiri dijual 2 varian, yaitu 2542 SD sama 2542 DD, Perbedaan paling kentara yaitu di dimensi. Bisa dilihat antara 2 foto ini yang DD jarak antar sumbu atau wheelbasenya lebih panjang daripada yang single deck, selain itu overhang depan atau julur depannya yang single deck lebih panjang daripada yang DD.

Kenapa demikian? Kalo di 2542 SD Overhang depan di panjangin supaya kursi depan lebih lega dibanding, kalo di DD Wheelbase dipanjangin supaya dek bawah lebih lega.

Dulu awal awal 2542 masuk dua varian ini selain beda di dimensi ada juga beda di transmisi, kalo yang versi SD ini pakai transmisi ZF Astronic 12 speed sedangkan yang 2542 DD ZF Ecolife 6 Speed. Namun dikemudian hari transmisi ini disamakan semua jadi pakai ZF Ecolife semua.

Soal fitur? Keduanya sama sama lengkap kok fitur safetynya dari ABS, EBS, ESP, Traction Control, Retarder ada semua. Dan di tahun 2019 kemaren 2542 dapet tambahan fitur yaitu berupa ganti speedometer yang macam speedometer bis mercy kekinian, setir yang ada tombol buat akses MID, suspensi yang bisa diatur dengan tombol dari yang sebelumnya pake knop puteran, dan ini ane agak lupa Cruise Control itu fitur baru apa udah ada dari dulu.

Dannnnnn, 2542 cukup istimewa karena suspensi depannya sudah independen. Fitur ini cuma ada di 2542 sama Trontonnya MAN. Kompetitornya yang dari swedia ya masuk sini belum ada yang pake kebetulan 😂

Aplikasinya luas sekali ini 2542, Bus AKAP Single Deck, Bus AKAP Double Deck, Bus City Tour Double Deck, Bahkan bus kota pun pakai spek yang sama persis kek bus di foto ini 😂, kalo B11R kan speknya beda yang buat bus kota dengan tenaga yang lebih kecil, transmisi yang beda dan axle paling belakang gak bisa belok juga kalo gak salah.

Soal kenyamanan jangan tanya, jelas nyaman lah 😂
Sekian saja cerita saya mengenai Chassis Tronton dari Mercy ini. Mungkin jika ada yang ingin mengkoreksi atau menambahkan silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah, atau anda punya cerita cerita juga dengan armada berchassis ini? Boleh juga diceritakan di kolom komentar

Terima kasih banyak sebelumnya untuk yang sudah baca, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Tuhan YME 🙏🏻🙏🏻

Mengenal Sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk bus brosisBeberapa warganet yang mengetahui info tersebut turut memberikan komentarnya. “harganya pun berbeda klo tipe 2542 SD harganya 1.6 milyar klo yg 2542 DD harga nya 1.8 milyar ” terang Muhammad Ricky Indra. Sedangkan warganet lain penasaran dengan sasis lain yang berasal dari brazil. ” Kalo yang didatangkan langsung dari Brazil itu chasis Mercedes Benz tipe apa? ” tanya Joni. Hal ini langsung direspon oleh Randy Parulian Simanjuntak, “Joni MB 0500RS 1836 bang ” jawabnya.

Beberapa warganet menimpali obrolan terkait kestabilan sasis ini. “Bknnya beda panjng wheelbase antara DD dgn SD itu krn mmg dibedakan pusat gravitasinya y? Kalau g salah demikian, krn DD lbh tinggi dan berat, dgn dimajukannya axel depan, maka lbh stabil. Mgkn di sini ada supir yg pernah nyoba 2542 dan k410 bodi DD, biar tahu gmn pengalaman sensasi manuvernya ” tanya Arief Ahm. Hal ini langsung direspon oleh Rayhan Adriyadi A, “Arief Ahm sebenernya masuk akal juga kalo ngomongin stabilnya, K410 DD agak hoyag hayig diatas kalo dibanding 2542 buat ane sebagai penumpang. Kemungkinan besar bisa sih om, tak tambahin ke caption nanti ya om ” jawabnya. Hal tersebut direspon balik balik oleh bro Arief Ahm,”Rayhan Adriyadi A k410 menang di mental mentul suspensi. Kalau melihat model suspensi 2542 atau 1836 lama, posisinya g tegak lurus dgn chasis, tp agak miring. Menurut saya ini sebab g sementaltul kompetitornya,tp kalau soal manuver, pokoknya Mercy pasti yakin, termasuk rem ” pungkasnya.

Itulah mantemans artikel Mengenal Sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk bus. Monggo yang punya pengetahuan lebih mengenai kelebihan dan kekurangan sasis ini bisa dishare dimari.

Maturnuwun

baca juga:

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4398 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..