Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (10)
Discovery XHD yang di Ekspor ke Fiji. Unit Spesial karena body Discovery menghunakan chassis Scania K310iB

Daftar karoseri bus di Indonesia yang tembus pasar luar negeri. Halo busmania mungkin ada yang penasaran dengan karoseri bus di Indonesia yang tembus pasa ekspor atau mancanegara. Karoseri buatan dalam negeri itu tidak hanya tembus pasar Asia Tenggara namun juga Timur Tengah. Simak tulisan Bli I Made Bintoro di grup facebook Bus Mania Indonesia berikut ini brosis.

Daftar karoseri bus di Indonesia pernah tembus pasar luar negeri (2)
Body GMM Yang di Ekspor ke Hongkong

Bli I Made Bintoro menuliskan pengetahuannya mengenai Daftar karoseri bus di Indonesia yang tembus pasar luar negeri di grup facebook Bus Mania Indonesia pada tanggal 24 Pebruari 2020.  Beberapa karoseri bus yang ada di Indonesia diantaranya German Manufacturing Motor (GMM), New Armada, Rahayu Santosa, Laksana, Tri Sakti dan Adi Putro.

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri

oleh : I Made Bintoro

Daftar karoseri bus di Indonesia pernah tembus pasar luar negeri (2)
Body Sigma New Armada yg di ekspor

Kali ini saya akan bahas bahas Karoseri di Indonesia yang sudah melakukan kegiatan Ekspor produk bus nya ke luar negeri.  Banyak yang bertanya tanya, kenapa ya karoseri A belom Ekspor, kapan ya Karoseri B ekspor.  Mungkin dengan postingan ini Insha Allah bisa saya jawab pertanyaan kalian, dan semoga bisa menambah Wawasan kalian


Ada beberapa faktor yang harus di perhatikan dalam melakukan Ekspor bus ke Luar Negeri, dan Ekspor bus tentu nya memerlukan banyak perizinan dari berbagai pihak.

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (12)
Body Genesia New Armada yg di Ekspor ke Kepulauan Fiji

Faktor-faktor nya adalah

  1. Karoseri di Indonesia belum sepenuh nya memenuhi Standart Internasional dalam membangun body.
  2. Bus di Indonesia masih menggunakan Chassis sebagai komponen utama dalam membangun bus, berbeda dengan karoseri yang ada di Eropa yang busnya sudah Monocoque atau tanpa chassis. Jadi bisa mempermudah untuk mengekspor bus nya.
  3. Terkait perizinan dari pihak ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) yang belum menyetujui bus buatan Karoseri lokal untuk di Ekspor ke Berbagai Negara (mungkin karena medan jalan di Indonesia berbeda dengan medan jalan di Luar Negeri) jadi ini cukup mempersulit karoseri Lokal dalam mengekspor bus nya ke Luar Negeri.
Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (12)
Discovery Laksana yang di Ekspor ke Fiji

Tapi pasti ada pertanyaan “Kok Laksana dan beberapa karoseri Lain bisa ekspor ke Fiji?” Itu karena pihak Negara Fiji ada kerja sama dengan pihak ATPM di Indonesia (ATPM di Indonesia seperti 1. HINO : HINO Motor Salles Indonesia, 2. SCANIA : United Tractors, Mercedes Benz : Daimler Comerchial Vehicle Indonesia, Volvo : Indotruck Utama, MAN : Duta Putera Sumatera dll) berbeda dengan Bangladesh yang mengirim unit Chassis nya langsung dari Swedia, jadi tidak melalui ATPM United Tractors.

Dan inilah daftar karoseri karoseri yang ada di Indonesia yang berhasil menjajaki pasar Ekspor. Diantara beberapa Karoseri yang saya ketahui adalah

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (10)
Discovery XHD yang di Ekspor ke Fiji. Unit Spesial karena body Discovery menghunakan chassis Scania K310iB

1. German Manufacturing Motor (GMM)

Karoseri yang masih dibawah naungan Mercedes Benz Indonesia ini pernah berjaya di masa nya, dan karoseri ini juga pernah mengekspor bus nya ke Negara negara Asia lain Seperti Hongkong, dan Singapura. Ekspor bus nya adalah yg berbody Banteng dan kebanyakan menggunakan AC Gantung. Namun Karoseri ini saat ini sudah tidak beroperasi lagi lantaran terbentur Regulasi yg menyatakan bahwa Karoseri bus harus dari pabrikan lain bukan dari pabrikan merk bus tersebut.

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (10)
Legacy Sky SR1 XHD yang menggunakan chassis Scania

2. New Armada

Yang kedua ada Karoseri New Armada, Karoseri yang bisa dibilang tertua di Indonesia dan terbesar di Indonesia ini pernah menjajaki pasar Ekspor ke Berbagai Negara di Asia yakni di Singapura, Brunei Darussalam, Sri Lanka, Bangladesh, Arab Saudi, Cyprus, dan ke Negara Fiji juga. Model body yang di Ekspor adalah body Sigma dan Genesia yang sangat populer saat itu. Karoseri ini menawarkan kualitas yang sangat baik untuk keperluan Ekspor, maka dari itu, beberapa Negara menyukai produk dari New Armada.

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (8)
Discovery Hino AK Mr. Khan

3. Rahayu Santosa

Yang ketiga adalah Rahayu Santosa, Sangat minim Informasi mengenai karoseri ini, tapi di beberapa Sumber, Rahayu Santosa pernah menjajaki Pasar Ekspor dan tujuan negara nya adalah Timur Tengah menggunakan Chassis Perkasa.

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (7)
Legacy Sky SR2 XHD Prime milik Ena Transport Pvt. Ltd.

4. Laksana

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (7)
Legacy Sky SR2 Double Decker Laksana untuk di Ekspor ke Bangladesh

Yang keempat ada Laksana, yang sedang hangat dibicarakan oleh orang Indonesia dan Bangladesh saat ini. Laksana sendiri pertama kali menjajaki Pasar Ekspor adalah ke Negara Republik Kepulauan Fiji di Oceania pada tahun 2008-2009 kalau tidak salah ya. Dan body pertama yang di Ekspor seperti nya Nucelus 3. Laksana sendiri tidak hanya mengekspor bus nya ke Republik Kepulauan Fiji tapi juga ke Timor Leste dan baru baru ini Laksana telah tembus ke Pasar Asia Selatan yakni ke Negara Bangladesh.

Kabar nya Bangladesh sendiri memesan 1000 unit bus secara bergilir dan baru 4 unit yang telah sampai disana dan menjadi milik Ena Transport Pvt. Ltd. dan juga Royal Express Pvt. Ltd. Berbody All New Legacy Sky SR2 XHD Prime menggunakan chassis Scania K360iB dan juga 10 Unit Legacy Sky SR2 Double Decker (2 yang sudah jadi) menggunakan Chassis Scania K410eB.

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (5)
Royal Express Pvt. Ltd. Menggunakan body Legacy Sky SR2 XHD Prime

(KABAR MENGENAI BUS YANG DI TIRU DI BANGLADESH, PIHAK LAKSANA YAKNI BAPAK STEFAN ARMAN SELAKU DIREKTUR TEKNIK LAKSANA MENUTUR KAN, BELIAU MENGANGGAP ITU ADALAH HAL YANG WAJAR, BERARTI BUS NYA DI SUKAI OLEH MASYARAKAT DISANA, JADI UNTUK TEMAN2 MOHON JANGAN BERSPEKULASI DULU YA JIKA BELUM ADA KETERANGAN RESMI DARI PIHAK KAROSERI)

Kabarnya Laksana sendiri tengah menjajaki Pasar Ekspor di Negara Vietnam dan Kamboja, semoga saja dapat mengirim lagi produk nya ke Negara Negara lain.

NB : Waktu itu sempat ramai body Discovery DC3 menggunakan Chassis Hino AK dan bertulisan HINO di samping kiri kanan body nya lengkap dengan logo H, dan kabar nya untuk pameran di Jepang, namun saya sendiri gak bisa menemukan foto nya di google, barangkali ada yg simpan share di kolom komentar ya..

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (4)
Legacy Sky SR2 HD Heineken. Untuk di Ekspor ke Timor Leste

5. Tri Sakti

Nah yang ke lima ada Karoseri Tri Sakti yang juga sudah mengekspor bus nya ke Negara Reupblik Kepulauan Fiji, menggunakan chassis Hino AK. Unik nya bus ini di design tanpa kaca samping jadi hanya menggunakan terpal transparan layaknya bus bus lokal disana.

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (3)
Unit dari Tri Sakri tanpa jendela kaca samping untuk di Ekspor ke Fiji

6. Adi Putro

Yang terakhir ada Karoseri Kebanggaan para mania yakni Karoseri Adi Putro yang juga telah Mengekspor bus nya ke Negara Timor Leste, mengguanakan body Jetbus2 MD dan di gunakan untuk bus Timnas di Negara mereka. Seperti nya hanya ada 1 unit saja disana.

Sekian dari apa yg bisa saya jelaskan, jika teman2 punya Informasi lagi bisa ditambahkan, bila ada yg salah bisa diralat.. Terima Kasih yang telah Membacaa!!!!

Maju terus dunia perbisan Indonesia!!!

Daftar karoseri bus di Indonesia yang pernah tembus pasar luar negeri (3)
Body Jetbus2 MD karoseri Adi Putro yang di Ekapor ke Timor Leste. Untuk bus TimNas mereka

NB : Foto dari berbagai sumber
Keterangan ada di setiap foto.

Daftar karoseri bus di Indonesia pernah tembus pasar luar negeri (1)
Body GMM Yang di Ekspor ke Korea Selatan

Itulah mantemans Daftar karoseri bus di Indonesia pernah tembus pasar luar negeri. Beberapa warganet yang mengetahui info lain turut memberikan keterangan. “Laksana export fiji terakhir model All New Legacy .. kemaren baca² infonya jg mau export ke Thailand & Filiphina jg ” tambah Lintang Sukma Luksanta.

Well, semoga menjadi inspirasi kita semua

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4185 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..