Honda Brio terbakar bagian depan padahal mesin mati, ada apa?

Honda Brio terbakar bagian depan padahal mesin mati, ada apa?. Sebuah info kebakaran mobil terjadi di garasi rumah di perumahan cluster RiverTown Grand Wisata, Tambun, Bekasi pada hari Jum’at (1/9/2017) pagi ketika orang-orang sedang sholat idul adha. Akibat kejadian ini bagian depan mobil terbakar dan menyebabkan beberapa bagian rusak parah. Benarkah penyebabnya karena power bank yang meleleh karena masih dicolok di lighter mobil sebagaimana pesan berantai via WAG?

Dari video yang tersebar viral di WAG terlihat mobil tersebut terbakar hebat di garasi rumah. Api terlihat membesar namun tidak ada orang yang bisa berbuat banyak selain memanggil petugas pemadam kebakaran. Asap tebal warna hitam membumbung tinggi di perumahan tersebut. Pasca kebakaran terlihat bagian depan hangus dan ban depan juga meleleh namun bagian belakang mobil berwarna biru ini masih terselematkan.

Beberapa info yang beredar menyebutkan telah terjadi konsleting dengan power bank yang dicolokkan pada lighter mobil tersebut. “INFO dr teman Grandwis 1/9/17: musibah mobil Honda Brio kebakaran tadi pagi di cluster RiverTown Grand Wisata, saat ditinggal pemilik rumah sholat Ied, penyebab: power bank yang masih tercolok di lubang Lighter mobil, meleleh dan terbakar. mobil dalam keadaan mati. Ibu2 harus hati2 yaa “sebuah pesan yang beredar di WAG

Merespon terkait info diatas, Doddy Matin Julfadhli (36) selaku pemilik mobil membantah pesan berantai tersebut.”Memang ada berita yang sedikit hoax yang menceritakan bahwa mobil ini terbakar lantaran akibat adanya power bank. Saat itu saya dikirimkan video oleh warga, jadi pada awal api kondisinya masih besar tiba-tiba dibilang ada power bank, nah pertanyaan saya dia lihat power bank dari mana?,” katanya sebagaimana dilansir otomotif.grid.id (2/9/2017).

Beberapa pengguna Honda Brio yang tergabung dalam ‎grup facebook Honda Brio Indonesia Store (Lapak HBI) mengomentari kejadian ini. “Sepertinya dari short ato konslet kelistrikan nyamber ke uap sisa bensin yg ada di mesin. Soalnya beberapa instalasi di mobil kebanyakan pada standbye walaupun posisi kontak Off. Semisal Relay”, Audio dan Alarm dll. CMIIW ” ujar Denny Moekhlisudin.  Warganet lain turut menimpali kejadian ini, “Biasanya dari korsleting om. Pasti pasang tambaha. Lampu/audio. Kadang ada yg asal ngelupasin kabel. Gak di tutup solasi dengan rapih. Bisa juga kabel terkelupas karna gigitan tikus ” kata Rendi Cover Jok Mobil.

Menurut si empunya kondisi Honda Brio dalam keadaan standar kecuali penambahan sound sederhana. “Semua masih standar om kecuali sound sederhana ” tutur Doddy Zulfadhli. Untuk menghindari kejadian terulang kembali ada warganet yang berpesan agar menghindari hal-hal berikut ini dimobil ketika parkir, “Jangan nyimpen benda apapun yang berpotensi meledak (hp, power bank, laptop+baterai, korek api, dll) di dalam mobil baik sebentar atau lama, karena kita tidak pernah tau kapan bnda2 itu bisa meledak. ” terang Saeful Pim Prayudi

Hingga kini kasus ini masih dalam penyelidikan kepolisian setempat dan pihak Honda secara langsung. Mengacu beberapa kejadian mobil yang terbakar biasanya terjadi memang konsleting bagian kelistrikan. Seperti memasang aksesoris lampu, audio atau aksesoris lain dimana biasanya kabel meleleh atau terkelupas karena gigitan tikus yang akhirnya menyambar komponen yang lainnya. Oleh karena itu tiada salahnya kita sewaktu-sewaktu memeriksa kondisi kabel-kabel baik standar kendaraan maupun kabel tambahan untuk memastikan tidak ada yang terkelupas.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

2 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »