Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg….

Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan Zuhdi

Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio (karbu) irit dan kencaaanggg. Cara setting karbu pada motor brosis. Bagi penunggang Yamaha Mio lawas alias masih karbu bisa menyimak tips dari bro Wildan Zuhdi selaku Juragan Mio Nakal. Mbah Wildan memberikan panduan, tips dan trik secara detail cara mengatur, mengoprek dan memoles motor matic lawas besutan Yamaha ini. Baik untuk keperluan harian maupun balapan. Monggo disimak gans…

Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan ZuhdiMbah Wildan Zuhdi membagikan skillnya dalam mengupgrade Yamaha Mio versi karbu ini pada grup facebook BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 26 Mei 2020. Masbrow pecinta Mio lawas ini mengungkapkan bahwa syarat motor bisa irit dan kencang setidaknya ada 7 point. “1. Setingan Karbu; 2. Upgrade Pengapian; 3. Kondisi mesin itu sendiri harus fit; 4. Cara berkendara; 5. Kelonceran part bergerak; 6. Kondisi jalan; 5. Bobot rider ” ujarnya mengawali obrolan.


Selengkapnya monggo disimak postingan berikut masbrow dan mbak sis. KHS sengaja memindahkan seluruh tulisan agar tidak ada bagian yang terlewatkan serta lebih original dari Mbah Wildan secara langsung.


Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan ZuhdiTIPS IRIT & KENCANG MIO

oleh : Wildan Zuhdi

Banyak pertanyaan yg masuk tentang rahasia korekan Mio “Nakal” yang kencang& irit. Post ini dibuat untuk menjawab pertanyaan2 tsb.

Sebelumnya cucu ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441H. Mohon Maaf Lahir& Batin 🙏

Utk menghasilkan setingan motor yg kencang& irit itu banyak faktor yg mendukungnya seperti:

  1. Setingan Karbu
  2. Upgrade Pengapian
  3. Kondisi mesin itu sendiri harus fit.
  4. Cara berkendara
  5. Kelonceran part bergerak.
  6. Kondisi jalan
  7. Bobot rider

Cucu akan bahas dari faktor setingan motor aja yah biar gak capek nulisnya. Cucu anggap Mbah bikers disini sudah dewasa dan bisa mengendarai motornya dengan baik.

Adapun Tips yg cucu lakukan utk Mio “Nakal” agar Irit& Kencang adalah sbb:

1. Jaga kondisi mesin tetap FIT.

Motor gak bakal kenceng& irit kalo mesinya loyo kompresi lemah. Ganti ring piston kalo sudah mencapai 35-40 ribu km biar kompresi mesin tetap padet.

2. Upgrade PENGAPIAN.

A. Cucu mengganti Koil Standart Mio “Nakal” dg Koil SE 4T 250cc atau Koil YZ125, dua2nya koil standart tp milik motor SE yg punya voltase jauh diatas mesin non SE, sehingga proses pembakaran lebih sempurna terutama untuk mesin yang sudah di-upgrade/ Bore Up 👍

Dari hasil penggantian part ini konsumsi bbm lebih irit 4-5km/liter dibanding sebelumnya. Voltase listrik yang lebih besar dg panjang percikan api sepanjang 3cm membuat proses pembakaran lbih baik. BBM terbakar tuntas tas…

B. Pake COP BUSI TANPA RESISTOR.

Penggantian part ini mbuat konsumsi bbm lebih irit 3-5 km/liter. Cukup signifikan bukan?. Harga partnya paling mahal cm 30rb murah meriah 👍

C. Ganti CDI Kwalitas Tinggi.

Dalam hal ini cucu pake Cdi Predator. Dg output api yg Besar& kurva terbaik& Limiter yg tinggi, Cdi ini mampu membawa Mio kita melesat sampe ke Topspeed 140++ Kpj…Mantap kan… 👍

3. Setingan KARBU yg sesuai dg permintaan mesin.

Sebelum membahas tentang teknis nyeting karbu, cucu jelaskan dulu beberapa hal tentang permasalahan setingan, parameter serta solusinya biar lebih paham menganalisa masalahnya

Pada garis besarnya, area seting karbu itu di bagi 3 yaitu
1. setingan bawah (dibawah 5rb rpm)
2. setingan tengah (antara 5-7rb rpm)
3. setingan atas (diatas 7rb rpm)

Mungkin masing2 motor bisa sedikit berbeda tergantung dr konfigurasi stroke dan bore nya, ada motor yg peak power nya di 7rb rpm, 8rb, 9rb bahkan di 12rb rpm. Anggap saja patokan range rpm diatas sudah mendekati angka yang pas. lanjuuut…

Nah, masing2 range RPM tsb merupakan area kerja dari beberapa part karburator.

  • Setingan bawah adalah area kerjanya PILOT JET
  • Setingan tengah adalah area kerjanya JARUM SKEP
  • Setingan atas adalah area kerja MAIN JET.

Masing2 area tersebut membutuhkan setingan berbeda2 untuk menghasilkan setingan yang enak dan saling sambung menyambung antar bagian parts tersebut mulai dari Pilot Jet, Jarum Skep hingga Main Jet…

setting karbu pada mio lawas oleh bro Wildan ZuhdiPermasalahan seputar setingan karbu.

Sebelum melangkah pada solusi, terlebih dahulu saya sampaikan beberapa permasalahan yang terjadi pada masing2 tingkatan setingan karbu tersebut.

1. Permasalahan setingan BAWAH

  • – Brebet
  • – Ngayun (bedanya sdikit antara brebet dengan ngayun, butuh feeling yang tajam untuk menganalisanya, karena dari 2 permasalahan ini penyebab& solusinya berbeda)
  • – Mesin gak bisa langsam
  • – Knalpot nembak
  • – Ulir busi berwarna hitam/ pucat
  • – di engkol susah hidup (alangkah nyamannya bs punya motor yang tokcer, sekali engkol langsung hidup, padahal spek tinggi hehehe…)
  • – apalagi yah…? silahkan bagi Mbah2 kalo pengin nambahin yah…

2. Permasalahan setingan TENGAH
Permasalahan pada setingan menengah gejalanya hampir sama dg tarikan bawah. Di area inilah terjadinya pergantian suply gas masuk dari Pilot Jet ke Main Jet, alias area transisi. Setingan yg ideal adalah tarikan dr bawah akan “NYAMBUNG” ke tarikan atas tanpa ada jeda… Jika kita bs memperbaiki setingan tengah ini, maka kita laksana punya mesin motor serasa dg pengabutan injeksi, akselerasi saling sambung menyambung dari bawah hingga atas…

3. Permasalahan setingan ATAS
Sama dengan permasalahan setingan tengah, permasalahan setingan atas gejalanya sama dengan setingan bawah hanya saja gak berhubungan dg msalah langsam & knalpot nembak2.., yaitu brebet & ngayun (stagnan)

Parameter setingan karbu yang Ideal

Cucu sering mendapat pertanyaan baik lewat inbox maupun lewat sms dari temen2 tentang “Bagaimana cara nyeting karbu yang ideal…?”Sebelum cucu jawab, cucu akan jelaskan dulu parameter ataupun tolok ukur setingan karbu yang pas. Masalah pas atau gak nya setingan karbu, satu satunya alat yg bisa mengukur hanyalah AFR Meter.

Dimana alat ini berupa sensor gas yang di tempatnya di moncong knalpot (hanya bisa dilakukan dg knalpot resing, krn ukuran sensornya yg lumayan besar dg terhubung kabel sensor…

Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan ZuhdiEksekusi Setingan
Mencoba share cara seting karbu versi suhu Mashim Maximo dr Jogja, saya sampaikan disini agar lbih memudahkan cara nyeting karbu sebelum jalan…

  1. Hidupin mesin, panasin dulu pake kompor. Halah salah.. panasin beberapa saat sampai suhu kerja. Terus Buka gas sekitar 1/8 sampai 1/4 gas.
  2. Tutup setelan angin (air pilot jet screw), searah jarum jam sampai mentok. Pertahankan putaran biar mesin gak mati.
  3. Putar ke kiri perlahan lahan, sembari dihitung putarannya. Ingat satu putaran itu 180 derajat. Coba dengar raungan mesin.

Jika:
Kurang dari 1 putaran mesin udah meraung, berarti pilot jet kurang gede, naikin satu step.
Jika lebih dari 2 putaran mesin belum meraung turunin jetting.

Coba bleyer-bleyer mesin apakah naiknya putaran mesin enak, dan enggak ada mbrebet.
Terus cek mainjet, caranya juga gampang. Karena enggak bisa standar tengah, ya tinggak dinaikkin aja, enggak perlu kencang. Coba tarik sampai full throattle, apakah ada gejala ngempos atau putus-putus di putaran atas.

Kalau putus-putus, pertanda mainjet kegedean, kalau cenderung kering, mainjet agak kekecilan. Ulang sekali lagi. Terus kopling mesin, matikan kontak. Lihat busi. Kalo warna merah jambu walah itu mah bisa-bisa salah intip. Yang benar merah bata, atau coklat (tergantung bahan bakarnya), brarti oke. Gitulho.. kalo bingung di AFR wkakaka.. Ki Ageng Padharan

Jika untuk keperluan balap, seting karbu on track sangat menetukan prestasi…

Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan Zuhdi“TIPS SETING KARBU ALA MIO “NAKAL”

Pengalaman cucu nyeting karbu selama berguru dengan Ko An serta pengalaman seting karbu di sirkuit balap resmi dengan joki Endot baday, saya ingin share cara seting karbu ala Mio “Nakal” yg agak sedikit beda dengan 2 suhu saya diatas.

Sebenrnya ini bukan cara yang berbeda, hanya lanjutan dari seting karbu di tempat. Dlm teknik seting karbu yg tepat, kita harus mngetahui dlu batasan dalam seting.

Blom lagi tingkat kelembaban suhu udara jg sangat mmpengaruhi setingan karbu. Anggaplah kita sdh menentukan saat nyeting yaitu jam 12 siang. Adapun patokanya adalah sbb:

1. Pilot Jet.

Lakukan teknik penyetelan sprti yg prnah mas Londo jelaskan yaitu dengan menghidupkan mesin lalu tahan di skitar 3rb rpm, lalu tutup setelan udara mentok kekanan hingga hampir mati. Lalu buka stelan udara kekiri scara perlahan2.

Jika:

-Mesin meraung sblum mncapai 1 putaran, brarti PJ minta naek.

-Mesin baru meraung stelah 2 putaran, brarti PJ minta turun.

Patokan yg enak mantap itu jika stelan udara berada di 1,5 hingga 2 putaran. Slanjutnya lakukan test drive utk memastikan ukuran tsb, krn nyeting smbil duduk itu dilakukan pd saat mesin tanpa beban shingga ketika dipake jln ada beban yg bs mnyebabkan setingan berubah.

Jika:

-Ketika gas ditarik msih nyendat sprti ada jeda kurang bensin, brarti stelan udara minta ditutup dkit (dibawah 5rb rpm).

-Ketika gas ditarik brebet putus2 brarti Stelan udara minta dibuka (tambah suplai udara).

2. Seting Main Jet.

Patokan seting karbu antara Pj dan Mj gejalanya hampir sama. Jika sdh tidak brebet putus atau ngayun brarti setingan sdh pas.

Saya berikan patokan bgaimana cara nyeting karbu Mio “Nakal”. Jika kita termasuk org yang ulet dalam nyeting karbu tanpa sayang mengeluarkan uang utk beli Main Jet, maka mencoba setingan karbu dg berbagai ukuran main jet scara bertahap hingga mendapati mesin brebet putus2 itu adalah lebih baik.

Nah, selanjutnya jika mesin sdh brebet putus2 di rpm atas, maka TURUNKAN ANGKA Main Jet 2 step.

Itulah setingan yg mantap buat harian dg catatan jenis bahan bakar sdh sesuai dg angka rasio kompresi mesin.

Jika ragu, silahkan diukur dg alat AFR meter. Demikian smoga bermanfaat.

Best regards 🙏

Juragan Mio “Nakal”.


Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan ZuhdiHingga tulisan ini disalin dan diketik, postingan juragan mio nakal diatas sudah dibagikan lebih dari 70 kali serta memantik komentar lebih dari 400 komentar. Postingan diatas tentu memantik bagi penyuka speed dan oprek mesin. “Mio idola 😍😍😍 inget banget awal tau mbah Wildan Zuhdi itu dari postingan ngebahas soal Corong cvt spin dan alhamdulillah bermanfaat di mio mamah dulu 😁👍” tutur Dipa Imanul Zain.

Beberapa warganet langsung konsultasi terkait setting karbu ini. ” Mantap,ilmu tenan ki. Mbah, wes pernah ngerjain si skywave ? Umur dah 11 thn, masih perawan. Apa wae yg perlu diupgrade gen larine g pake gereng tur rodo irit sitil wae rapopo” tanya Yoel Navaro Hashifahkids. Hal ini langsung direspon oleh mbah Wildan Zuhdi,” Yoel Navaro Hashifahkids. Pada intinya sama aja mbah. Motor tua hrus cek kondisi piston& liner dlu, liat patokan usia teknis mesin sprti yg disebut diatas. Upgrage pengapian baik cdi ataupun koil sm cop busi tanpa resistor, insyaAllah bs jauh lbih irit mbah ” tutur pria penyuka turing lintas kota ini. Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan Zuhdi

Arnoldy turut memberikan komentarnya saat melakukan setting karbu. “Inget dulu mio sya. Habis karbu 3kalu gara” soak mulu. Akhirnya ganti pake pe28 merk lippo. Bensin irit tarikan lumayan lah😂 kndisi mesin masih std bawaan dealer cuma os 50 ” tuturnya. Hal ini direspon oleh Wildan Zuhdi ,”Arnoldy, Mantab mbah, pke karbu Pe28 Scarlet jg bagus kok hrg 250rb ” sarannnya.

Jhony Hermansyah juga turut berkonsultasi mengenai settingan karbu ini. “Kalau gejil misalnya setingan mj udah dapet yg brebet. Maka gejil cuma turun 1 step aja. biar enak buat harian jarak jauh pp 85km rumah-kerjan. Tiap hari touring ” terangnya. Hal ini dijawab oleh om Wildan Zuhdi, “Jhony Hermansyah. Bs juga pke patokan warna busi merah/ coklat tua atau gelap mbah, biar performa mesin ttap terjaga. Asal jgn item aja krn power gak keluar klo busi warna item ” jawabnya.

Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan ZuhdiBeberapa biker lain juga turut bertanya mengenai settingan karbu pada Satria Fu.  “Mbah bagi tips buat fu diameter seher 68-70 mbah sekalian ilmu ilmu buat motor fu seher diatas 66/67, sebelumnya makasih buat tips si mio mbah kebetulan ada 2 motor fu sama mio heh” tanya Kevin Riza.

Bro Wildan Zuhdi mencoba menjawab pertanyaan dari Kevin Riza, berikut jawabannya:
1. Klep minimal pke 25-22
2. Noken as durasi 265 derajat lift minimal 8mm atau 8,5mm.
3. Per klep pke Fxr.
4. Deck clearance piston 0,8mm.
5. Cdi Predator 10 Map
6. Koil Yz125
7. Karbu Pwk SND 30mm dg Pj mj sekitar 42-125 sd 130 atau cari yg plg enak.

Donny Chandra turut memberikan pengalaman mengenai settingan karbu yang pas. “Oiya mbah, pengalaman klo nyeting karbu. Pj+jarum skep udh dapat setingan pas. Bgitu seting mj ternyata kebasahan dan harus diturunin lebih dari 4step, biasanya setingan PJ+jarum jg ikut rubah (terlalu kering) walo sbelum seting mj, pj+jarum sudh pas” ujarnya. Hal ini diamini oleh bro Wildan Zuhdi, “Donny Chandra. Ya bs bgitu mbah, krn setingan karbu itu semestinya bs rata dr bawah sampe atas, gak boleh timpang. Makanya diperlukan feeling yg peka biar bagis hasil setinganya ” ujar pria yang ramah ini.

Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg...oleh bro Wildan ZuhdiRyan Al-Faroo bertanya mengenai aplikasi piston pada motor Honda Sonic. “Numpang tanya um mio ane pake piston 58 klep pake sonic (UK klep nya lupa) noken ass pake kawahara tpi karbu masih standar kira” PJ MJ yg cocok buat mesin ane brp ya om? Biar gausah ganti” pake karbu gede😂 Kalo yg skrg sih PJ MJ pake UK 42 – 120 kira” kegedean atau kekecilan om?. #Terimakasih🙏 ” tanyanya. Hal ini dijawab oleh bro Wildan Zuhdi, “Ryan Al-Faroo. Pke Pj sekitar 42-45 Mj 120 ad 125 tergantung kwalitas pengapian mbah ” pungkasnya.

Itulah mantemans Mio Nakal, tips bikin Yamaha Mio irit dan kencaaanggg yang disampaikan secara gamblang oleh Mbah Wildan Zuhdi. Bila ingin konsultasi lebih lanjut bisa follow atau PM yang bersangkutan via faceboook.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4364 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..