Jalan-jalan di Mataram ? Jangan lupa ngincipi 4 makanan khas ini di malam hari

Jalan-jalan di Mataram ? Jangan lupa incipi 4 makanan khas ini di malam hari. 4 Makanan Khas yang Bisa kita Temui di Pulau Lombok saat Malam HariPuas bermain dan berwisata di Pulau Lombok saat siang hari? Jangan khawatir, saat malam hari Mataram menawarkan berbagai wisata malam yang perlu kamu coba! Mataram memiliki makanan khas yang bisa dinikmati sembari nongkrong dan bercengkerama dengan teman. Penasaran ingin mencicipi wisata kuliner khas Lombok di malam hari? Berikut tempat kuliner malam hari yang wajib kamu kunjungi di Mataram.

  1. Ayam Taliwang Lombok

Salah satu kuliner yang sudah terkenal seantero nusantara ini merupakan kuliner nomor satu di Lombok. Berbeda dengan ayam taliwang yang disajikan di daerah lain, di Mataram, ayam taliwang asli harus memenuhi beberapa syarat sebelum bisa disajikan.

(sumber : travel.kompas.com)

Beberapa syaratnya yaitu menggunakan ayam kampung, berusia remaja, diolah dengan digoreng maupun dibakar namun harus menggunakan alat tradisional seperti arang dan kayu. Yang menarik dari ayam taliwang asli Lombok ini adalah pembakaran dan pemanggangannya harus dalam kondisi utuh. Namun, jika digoreng, Ayam Taliwang harus menggunakan minyak kelapa asli. Restoran yang menyajikan ayam taliwang asli dapat ditemui di daerah sekitar Senggigi maupun pusat Kota Mataram pada malam hari.

  1. Sayur Ares Khas Lombok

Satu lagi makanan khas dari Nusa Tenggara Barat adalah sayur ares. Sajian ini terbuat dari pelepah pisang yang belum berbunga, yang diiris tipis-tipis dan kemudian diolah dengan bumbu kare tradisional khas lombok. Meskipun bisa dimakan langsung maupun disajikan dengan kuah seperti sop hangat, sering kali sayur ares disajikan dengan tambahan daging sapi dan sate.

(sumber : cookpad.com)

Yang menarik adalah awal mula makanan ini. Alkisah, sayur ares ditemukan saat Lombok mengalami paceklik dan mengalami kekurangan bahan makanan. Saat itu, seorang warga yang bernama Loq Ares melihat sapi-sapi kelaparan menubrukkan kepala ke pohon pisang dan memakan pelepahnya. Karena penasaran, Loq Ares membawa pelepah tersebut ke istrinya dan mengelola pelepah tersebut menjadi sayur ares yang kita kenal saat ini.

  1. Sate Rembiga

Tidak kalah dengan sate dari tempat lain seperti Madura dan Padang, Mataram punya sate khas yaitu sate rembiga. Terbuat dari daging sapi, sate ini memiliki rasa yang gurih dan empuk. Berbeda dari sate madura dan sate padang, sate rembiga cenderung disajikan pedas karena bumbu utamanya adalah cabai rawit.

(sumber : wisatadilombok.com)

Banyak restoran yang menyajikan, namun sangat disarankan untuk langsung saja berkunjung ke Jalan Dakota no. 2 yang sudah menyajikan sate rembiga yang melegenda sejak 30 tahun yang lalu.

  1. Sate Tanjung

Ini dia satu jenis sate lagi yang berbeda dari sate rembiga dan sate daerah lainnya. Sate tanjung menggunakan ikan sebagai bahan utama, yaitu ikan cakalang yang sulit ditemui namun sangat lezat dan ikan langoan sebagai alternatif jika ikan cakalang tidak ditemukan.

(sumber : asklombok.com)

Pengolahan sate yang satu ini juga cukup rumit, terutama pengolahan bumbu racikan yang terdiri dari cabai, kunyit, lengkuas, garam, cuka, jahe, kemiri, dan santan kelapa kental.

Bagi kamu yang sedang kelaparan di malam hari dan menginginkan makanan khas Mataram yang super lezat, cobalah berkunjung ke Terminal Tanjung dan cicipi sate tanjung ini.

Setelah puas bertamasya dan berwisata kuliner di Mataram, saatnya beristirahat dengan tenang di penginapan atau hotel terbaik. Jika kamu ingin bertamasya ke Mataram namun bingung dengan akomodasi dan tempat menginap, jangan khawatir, terdapat banyak sekali hotel murah di Mataram yang bisa kamu akses. Di mana? Airy Rooms jawabannya.

Memiliki jumlah properti hotel terbanyak dibandingkan jaringan hotel lain, jaringan hotel terbesar di Indonesia ini merupakan pilihan utama untuk penginapan di Makassar. Dengan fasilitas lengkap setiap kamar, mulai dari AC, TV layar datar, shower air hangat sampai WiFi gratis, kamu bisa dengan mudah memesan kamar melalui website www.airyrooms.com maupun aplikasi smartphone. (adv)

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

One Comment

Monggo dikomeng gans..

Translate »