Beberapa masalah yang sering timbul pada mobil Calya Sigra dan berikut bantahannya

Beberapa masalah yang sering timbul pada mobil Calya Sigra dan berikut bantahannya. Diskusi hangat di Komunitas Calya Sigra Kaskus terkait dengan asumsi awam terkait permasalahan yang timbul pada LCGC Calya Sigra ini.  Beberapa asumsi tersebut ada yang coba diluruskan oleh kaskuser yang lain sehingga terdapat pencerahan. Well, berikut beberapa masalah yang sering timbul pada mobil Calya Sigra dan berikut bantahannya yang KHS rangkum dari diskusi tersebut.

Agan san2salim

Setelah baca2 ratusan pages
Ternyata problem Sigra Calya banyak juga ya..

  1. Engine Overheat
  2. Oli mahal, 0w20 dan rekomendasi max 10w30 (jika saya ganti 15w40 apa yg terjadi?)
  3. Service berkala mahal
  4. Apapun yg dilakukan, membahayakan garansi mobil
  5. Fuel Consumption MID, butuh reset ECU (gak tau nanti kalo problemnya balik lagi)
  6. Gak irit2 banget, claim irit hanya gimmick
  7. Plat body tipis banget, cuma kena pagar, kena motor dikit, bahkan kena tupperware doank langsung bonyok
  8. Air suka masuk dari kolong entah dari mana (dan potensi tikus juga masuk, karena ada yang nyari tikus di mobil, ada kotorannya)
  9. Udara luar dari setting AC suka terbuka, ada suara udara dan bau luar masuk
  10. Adanya banyak laporan pakai pertamax ngelitik (mungkin kualitas fuelpumo/filter terlalu halus/lemah, atau bensinnya gak kuat yg gak murni/agak kurang bersih)
  11. Remap ecu (masalah pada setting pembakaran)
  12. Dinding ban terlalu gampang pecah (hati2 dengan semua dinding ban)
  13. Ada Suara air circulator
  14. Kaca depan yg sering ngembun karena AC gak tepat arahnya ke air circulator
  15. Tulisannya mobil murah LCGC, tapi jualnya seharga Avanza Xenia beberapa periode yg 1-2tahun lalu (berasa agak2 diboongin)

Tanggapan kaskuker lain

Agan Kejoralead :

kenapa bisa nyimpulin kaya gitu? Saya ada piara singa, suzuki, honda dan toyota. Kalau bilang servisnya calya mahal ya coba aja serisnya erriga, atau wagon r deh. Lebih nyesek itu orang tiap 5000 km skali. Bener ertiga seliter oli cuma 60an ribu. Skali ganti sekitar 260 ribu. Lah tapi kalo per 10 ribu?

Terus coba sebutin satu pabrikan yang kalau kita ada modifikasi baik mesin atau elektrikal yang gak void garansi?

Plat tipis? Gak masalah karena sekarang plat yang dipakai sudah high tensile. High tensile itu bisa lebih tipis tapi dengan kekuatan yang imbang. Ngujinya bukan dengan di tabrak motor atau pager. Tapi kalau kecelakaan atau crash. Hasilnya bisa 4 bintang di asean ncap. Kurang? Belilah mobil kelas diatasnya. Intinya you get what you pay

Overheat? Mesti remap? Pernah denger istilah new car gremlin? Hal serupa gak kejadian di toyota aja. Kelasnya bmw aja pernah kok.

Bbm boros? Bayangin lah mesin sekecil itu disuru gerakin mobil besar. Tapi minta harga murah. Ya pasti gak seefisien dengan yang body sama mesin imbang. Avanza generasi awal emangnya irit? Saya rasa enggak tuh.

Harganya sama seperti avanza tahun 2015? Coba mana saya liat pricelistnya
Saya 2014 beli ertiga udah 200 juta, 2013 beli avanza 190an juta

Suara air circulator kenceng? Ah double blower biasa emangnya gak bersuara ya?


Kaca depan ngembun kalo malem? Ya karena emang ada ventilasi buat niup udara ke ventilator belakang.

Dinding ban gampang pecah?
Saya dah pernah jelasin panjang lebar masalah ban ini. Kalo males baca ke halaman sebelumnya, nih saya jelasin lagi. Ban eco atau ecotyre itu memang punya dinding yang lebih tipis, gunanya buat ngurangin momen inersia sama sentrifugal dari bobot ban yang berat. Konsekuensinya ya dinding ban gak akan sekuat ban biasa. Makanya dituntut kehati-hatian pengemudi. Mau ban yang gak akan pecah walau nabrak trotoar? Pakai solid tyre buat forklift. Wkwkkw

Air suka masuk ke kabin? Barang kali drain plug lepas atau emang gak ada? Fyi, drainplug peugeot malah ada yang cuma stiker sewarna body. Wkwkwk.

Oiya masalah knocking, overheat, dan fault lamp nyala saya dah jelasin diatas dan halaman sebelumnya.
Bisa jadi ada kesalahan program. Tapi gak semua unit. Punya saya gak ada masalah tuh.

Intinya, buat mobil itu gak gampang. Apalagi tuntutan bbm irit, kapasitas besar, nyaman, harga murah. Memang produsen juga harus bisa menanggapi keluhan dengan baik. Tapi bukan berarti kita sebagai konsumen bisa mencap negatif produsen dong.

Dan kalau bilang astra parah? Coba liat datsun yang crash testnya gak dapet bintang sama skali.

Konsumen kurang pilihan? Kalo dikasih pilihan, konsumennya beli nggak?
Contoh, antara jazz, yaris, swift, mazda 2, fiesta mana yang paling bagus? Saya rasa malah fiesta ya. Tapi apakah konsumen beli? Enggak terlalu banyak.
Antara avanza, xenia, ertiga, mobilio, spin mana yang paling oke? Buat saya spin. Tapi apa konsumen beli? Enggak.

Jadi intinya produsen akan kasih pilihan, tapi kalau konsumen gak milih, ngapain produsen ngasih pilihan? Namanya orang jualan ya pengen untung. Bukan buntung.

Betul?

Weleh gw jadi panjang lebar


Agan Jimmyrusli :

Ane jawab per point ya, yg ane anggap tidak bener.
2. Pakai 10w 30 kan murah gan. Kenapa mesti sampai 15w 40? Btw ane pakai 10w 40. Aman2 aja sampai skrg.
3. Servis berkala gratis sampai 50ribu KM atau 4 tahun.
4. Tolong sebutin atpm mobil merk apa yg memperbolehkan ganti di luar standar mobil tersebut dan berani garansi.?? Tidak ada kan. Hehe.
5. Problem apa ini? Perasaan aman2 aja fitur avg di calsig. Reset ecu? Ah hoax ini.
6. Tolong sebutin atpm mobil merk apa yg memakai metode hitungan fc berdasarkan pemakaian dalam kota kondisi stop and go?? Jawabannya tidak ada. Semua memakai metode dengan jalur bebas hambatan dan tanpa ac biasanya.
7. Ini bener tipis platnya emoticon-Big Grin tp dengan range harga segitu ada yg plat tebal??
8. Saya rasa masalah tikus itu kelalaian penggunanya saja yg tutup pintu tidak rapat atau gimana. Mana ada lobang di kolong mobil.
9. Waks aneh ini di blg suka terbuka loe kira ada penunggu nya bisa buka sendiri hahaha. Yg punya buka ya masuk udara dari luar… Haizz kek gini kok di blg problem.
11. Remap ecu untuk solusi overheating. Bukan problem itu gan weleh. Sales ya situ -_-
13. Air circulator adalah yg pertama di calsig. Jd dari sisi mana situ blg itu problem? Ada pembandingnya?
15. Gampang gan bandingkan saja dgn merk lain ada gak harga segitu fitur segitu??

Jd kesimpulannya dari yg ente tulis semua yg beneran ada problem nya cuma point 1,10,12,14. Dan itu pun tidak terjadi pada semua penguna calsig yg jumlahnya banyak sekali gan. Hehe.


Well, kira-kira begitulah mantemans beberapa masalah yang sering timbul pada mobil Calya Sigra dan berikut bantahannya. Memang tidak ada produk yang sempurna oleh karena itu pilihan konsumen tergantung selera dan ketersedian uang di dompet…hehehe

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3494 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

6 Comments

  1. yah mungkin karena kebanyakan yg beli baru main mobil jadinya yah gitu… menurutku mobil itu udah bagus kok dengan harga segitu murah,, mungkin kalo dijual di tahun 2004 seharga 60jutaan kali yah, kalo ditahun 94 mungkin cuma 20jutaan kali yah,, murah… aku udah nyoba pakai calya milik temen, yah menurutku nyaman tidaknya mobil tergantung pantat pemiliknya sih… temenku yang biasa naik motor supra fit trus beli calya yah bilangnya nyaman banget…

  2. Nggak juga, saya yang biasa pake avanza sama ertiga aja bilang calya termasuk nyaman, bahkan saya milih nyetir calya dibanding avanza. Tapi tetep milih ertiga sih buat harian. Baidewei itu postingan saya di kaskus main dicomot aja

  3. punya ane Calya G A/T, pas 1 tahun, 9800 km. baru service di beres pake TMO 0W-20
    1. Fan radiator ngga mati2 setelah working temp dan normal driving, ketika berhenti ane matikan AC tp itu fan radiator muter terus sampe ane tungguin sambil buka bonet, padahal di bandung daerah yg relatif dingin.
    2. Kemarin semburan angin AC ane kok jd pelan, tp fan radiator sama compressor sih normal.
    select speed fan ac stage 2 tp kok jd pelan lagi. lalu menetes lah air ke kaki kiri dari belakang dashboard. ternyata evaporator saya membeku padahal selector temperatur ac posisi temp rendah karena ane ngga kuat dingin. jd selama ini ane mati nyalakan compresor melalui potensio temp yg di dashboar…konyol kan..
    sudah lapor ke beres mau troubleshoot sabtu ini….pake komplen keras.
    20 tahun gonta ganti mobil lebih mahal dan lebih murah..baru kali ini dapet masalah ky gini…semonga dealer beres ngga ngeles…

  4. fan radiator ane nyala terus, lama mati padahal ane ngga pake ac dan daerah dingin, make sense?
    evaporator thermoswitchnya tidak fungsi sampai compressor jalan terus efeknya evaporator membeku dan hembusan angin mengecil untung compresor belum meledak karena expansi mampat, jadi ane nyala matiin nih ac mobil ketika jalan. beres dealer dan toyota manufacturing indonesia bakal tanggung jawab atau ngeles ya…service advisornya kelihatan sudah ngeles sana sini sampai bilang ngga bisa kl weekend, mobil nginep lah….

Monggo dikomeng gans..