Wave Key Sistem, Kunci pengaman Honda CBR250RR memang top bangets gans…

Honda CBR250RR merupakan produk premium jadi pengamannya pun juga premium. Tidak seperti produk sebelumnya yang menganut keamanan sistem kunci magnet namun Honda CBR250RR mengaplikasikan Wave Key System. Dengan sistem pengaman kunci semacam ini maka hampir 90 % motor akan aman dari maling kecuali malingnya super nekat dan melek teknologi kekinian.

Teknologi Wave Key System ini sebenarnya sudah ada pada generasi CBR250R series sebelumnya namun yang versi CBR250RR ini lebih maju mantemans. Sekilas Wave Key System pada CBR250RR ini terdapat 3 tingkatan dimana akan saling mengamankan. ECU akan memerintahkan lock alias mematikan seluruh aliran listrik bila :

  • Ketuker kunci sesama CBR250RR hingga diputer posisi ON
  • Dipaksa dengan kunci T hingga rumah kunci rusak yang sering kali digunakan maling motor

 

Namun bila rumah kunci tidak sampai rusak maka tidak akan sampai ngelock alias pingsan tersebut. Contohnya mantemans memasukkan sembarang kunci namun tidak sampia tergeser ke posisi ON maka tidak akan berpengaruh. 

Ketika aliran listrik sudah terputus karena perintah ECU maka motor akan mogok total alias tidak akan bisa dinyalakan sampai kapanpun hingga dibawa ke wing diler terdekat. Disinilah lock akan dibuka dan ECU di reset kembali agar mesin bisa menyala seperti sediakala.

Wah repot dong kalau ada kejadian semacam itu diluar kota ? Yah mau gak mau gak mau mesti calling diler wing terdekat minta dibawakan towing car. Atau kalau mau nekat ya sewa mobil buat nganterkan ke diler wing terdekat….hehehehe.

Bagaimana dengan maling yang nekat ? memang sih ada kejadian CBR250RR kemalingan di Jakarta dan Surabaya beberapa waktu lalu. Kemungkinan besar motor langsung diangkut di mobil karena secara pasti ketika rumah kunci dirusak maka motor tidak bisa dinyalakan. Dan misalnya malingnya nekat membawa ke diler wing terdekat untuk reset ECU maka akan ketahuan kalau motor itu curian karena AHM mempunyai database pemiliki CBR250RR.

Well, meskipun dari sisi keamanan sudah dipastikan aman akan tetapi kadang maling juga tidak kurang akal. Oleh karena itu perlu dilengkapi dengan pengaman ganda seperti kunci ganda piringan depan, pasang alarm, atau pasang cctv dirumah dan alat pengaman yang lain. Kalau hal itu masih hilang maka sudah musibah gans….hiks hiks hiks

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »