Enaknya ada STCKB bagi motor baru…

Mungkin kawan-kawan sudah mendengar STCKB ini. Ya STCKB merupakan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang merupakan ‘surat legal’ sambil menunggu STNK jadi.  Hal ini ane ketahui ketika membantu adik sepupu kredit motor baru kemarin (25/3). Hari senin motor diantar dan seminggu kemudian STCK sudah datang kembali dirumah. Wis manteb tenan….

Dengan adanya STCKB ini kita tidak perlu pusing-pusing lagi dengan motor baru kita. Dulu pusing-pusing cari nopol bekas bin jadi-jadian atau sibuk gunting kertas kerdus lalu ditulisi dengan huruf kapita  “C O B A”. hehehehe 😛 . Atau mindik-mindik lewat jalan kampung agar tidak ditilang oleh pak polisi. Sepertinya era itu akan segera berlalu dengan keberadaan STCK yang sekilas memang sudah mirip dengan STNK ini. Dan STCKB ini tentu sudah disertai nopol Tanda Coba Kendaraan Bermotor (TCKB).

Keberadaan STCK ini sebenarnya sudah ada ketika UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas diterapkan.  Namun mengapa masih ada yang merasa bingung dan kesulitan untuk mengoperasikan motor baru di jalan raya ketika STNK dan Nopol belum jadi. Sepertinya perlu disosialisasikan kembali biar kenyamanan dan ketertiban motor baru dapat diwujudkan.

Mengacu pada pasal 69 UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas disebutkan :

Pasal 69

  1. Setiap Kendaraan Bermotor yang belum diregistrasi dapat dioperasikan di Jalan untuk kepentingan tertentu dengan dilengkapi Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor.
  2. Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud padaayat (1) diberikan oleh Kepolisian Negara RepublikIndonesia kepada badan usaha di bidang penjualan,pembuatan, perakitan, atau impor Kendaraan Bermotor.
  3. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pemberian dan penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Jadi yang bisa mengusulkan adanya STCKB ini adalah diler atau ATPM yang bersangkutan. Oleh karena itu berhubung adik sepupu ane ngambil motornya di CV Ramayana Putra Motor Gresik, maka disitu tertulis nama penanggungjawab dan badan usaha didalamnya. Kepentingan STCKB ini adalah untuk UJI COBA.  STCKB ini berlaku selama 45 hari atau sekitar 1,5 bulan saja kawan. Oia ternyata kemarin dapat sekalian Honda Card yang berlaku selama 1 tahun. Masih belum tahu advantage-nya apa pakai kartu warna merah ini.

Ane tidak tahu apakah kena charge tambahan terkait pengurusan STCKB ini. Apakah termasuk dalam biaya administrasi sistem kredit ataukah diluar itu ? . Monggo kawan yang punya pengalaman terkait STCKB ini bisa dibagi disini.. 😀

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

25 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »