Plat nopol ditaruh punggung biker, bisa kena tilangkah?

Plat nopol ditaruh punggung biker, bisa kena tilangkah?

Plat nopol ditaruh punggung biker, bisa kena tilangkah?. Ada-ada saja eksperimen warganet +62 terkait letak alias lokasi plat nopol. Pada umumnya plat nopol sepeda motor atau TNKB itu ditaruh bagian depan dan belakang sepeda motor namun ada pula punya ide lain. Ada yang dipasang di sparbor kolong, ada pula yang ditaruh semacam stiker pada dahsboard depan. Nah bagaimana bila plat nopol dipasang dipunggung biker?

Plat nopol ditaruh punggung biker, bisa kena tilangkah?Gambar Plat nopol ditaruh punggung biker ini diunggah warganet di grup facebook BEKAKAS. “Anu mbah 🥺 kalo plat nya di gantung di belakang badan bakal kena tilang juga gak ya ? Sumber dari2 temen grup mbah….” tanya M Hafid Akbari di grup fb ‎BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 02 Agustus 2020. Doi membagikan foto dari grup lain yang menggambar seorang biker Yamaha Vixion yang menaruh plat nopol atau TNKB pada punggung biker. Hal ini semacam jawaban karena lokasi yang biasanya di spatbor belakang sudah tidak ada cantolan atau braketnya alias spatbor belakangnya dilepas.


Beberapa warganet menanggapi miring gambar tersebut khususnya melepas spatbor belakang. “klw dicopot plat gt apa nambah hp nya ya mbah…Tak niru klw naikin hp mbah ” tanya EmRois AB. Hal ini juga diamini oleh Wan Amir,”Slebor ori dilepas, Trus diganti slebor becak biar apa ?” tanyanya.

dudukan plat nopol depan moge cb650fSementara warganet David Destuandy menilai bahwa penempatan plat nopol dipunggung biker dinilai bahaya bagi orang disekitarnya. “Justru lebih bahaya, tu plat besi bisa lepas kena angin, klo lepas kesian yg dibelakang ny bisa nancep dibadan ny klo kecepatan tinggi. Intinya bahayain org” tuturnya.

Kembali kepada diskusi awal apakah perilaku semacam ini akan kena tilang? Mbah Charis Alfan mencoba memberikan penjelasan secara yuridis dan legal formal berdasarkan PP yang ada yakni

PP 80/2012
a. ditempatkan pada sisi bagian depan dan belakang Kendaraan Bermotor; dan

b. dilengkapi lampu tanda nomor Kendaraan Bermotor pada sisi bagian belakang Kendaraan Bermotor

kesimpulannya kena tilang.
+dosanya nambah karena spakbor wajib pasang. aturan dari 1993

tilat plat nomer alias TNKB dari bahan stiker di jakartaAturan lain mengengai lokasi pemasangan plat nopol ada pada Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012, Pasal 39 ayat (6) Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, yang berbunyi: “TNKB dipasang di bagian sisi depan dan belakang pada posisi yang telah disediakan pada masing-masing Ranmor.”

Nah seperti itulah mantemans Plat nopol ditaruh punggung biker akan ada potensi kena tilang bila sedang ada razia di jalan raya. Karena tidak hanya bahan, bentuk tulisan dan dimensi plat nopol saja yang diatur namun terkait lokasi penempatan juga telah diatur secara detail dalam aturan.

Berani mencoba dijalan raya?

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4367 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..