Indikator Engine cek kadang menyala pada Toyota Calya, apa solusinya ?

Indikator Engine cek kadang menyala pada Toyota Calya, apa solusinya ?

Indikator Engine cek kadang menyala pada Toyota Calya, apa solusinya?. Brosis pengguna mobil Toyota Calya atau Daihatsu Sigra mungkin pernah mengalami dimana indikator mesin atau engine check menyala. Menyalanya indikator ini tentu sebuah tanda ada yang tidak beres dengan mesin mobil. Bagaimana solusinya ? khususnya ketika jauh dari bengkel langganan maka solusi alterantif berikut layak untuk dicoba.

Indikator Engine cek kadang menyala pada Toyota Calya, apa solusinya ?Kejadian Indikator Engine cek kadang menyala pada Toyota Calya ini dialami oleh Made Suartana. Doi mengunggah pertanyaan mengenai hal ini pada grup facebook ‎CALSIC Indonesia – Calya Sigra Community & Club. “Minta solusi om, lampu enggine menyala saat berkendara kendala dimana ya??? Ada yg sdah ngalamin blom??? Solusi gimna ya om “tanyanya pada tanggal 8 Juli 2020. Doi sambil melampirkan foto indikator engine check yang menyala merah pada dashboard mobil.


Beberapa warganet menanggapi postingan diatas khususnya menyarankan untuk mencoba mencabut aki. “Solusi awal jelas cabut kepala aki (-) dulu karena bisa saja nyalanya check engine karena error doang, cabut aki ga perlu lama2, cukup 10-20 detik saja lalu pasang lagi dijamin langsung mati lampu check engine nya, jika seandainya masih tetap nyala berarti memang ada sensor yg bermasalah klo sudah gitu baru deh perlu di bawa ke bengkel buat di scan” ujar Anthony Ruslie. Hal ini juga disarankan oleh Roni Umbara, “Cabut yg saya lingkari (kabel putih dan abu2) om selama beberapa menit ” terangnya.

Fabian Amara Achonk juga menyarankan untuk melakukan reset dengan mencabut sekring ecu.Cabut sekring ecu 5menitan. Letaknya di kap mesin. Pasang lagi. Semoga membantu ” tuturnya. Wahyu Mustaqim Bakri juga menyarankan untuk mencabut kabel aki. “Reset di soket utama belakang accu. Cabut pasang lagi” tambahnya. “Coba lepas soket accu nya sebentar trus dipasang lg…smoga bermanfaat ” terang Getulius Juhendra.

Uus Kusmara juga menyarankan untuk melakukan reset aki.Yg kaya gitu hrs discan om..jgn cm sekedar reset atau cabut accu..bisa merembet ke yang lain nantinya..kl sdh discan nanti tau letak masalhnya..dan tindakan nya jg tepat..” tuturnya. Hal ini juga didukung oleh Ir Mirza Ernanda Mba, “Punya saya sering engine cek,,,,reset sendiri cabut 4 kabel,,,gak sampai 1 menit,,,,,,Selama bisa direset sendiri aman,,,,cabut 4 kabel sebelah kanan semua di kotak hitam didepan bagian engine dibelakang aki…“tambahnya.

Firman Edward Syamsuddin
Pernah ngalamin…bahkan beberapa kali di reset balik lg jeda jalan 30-40 km……abis itu nyala lagi dan efek ke gearbox matic…jd ngejeduk dan masuk D buat jalan hanyaa di gigi 1 dan 3 ajaa….2&4 gak mau masuk…
Udah ganti sensor…udah kuras bak oli gearbox…masih spt itu kembali nyala dan ngejeduk…..sampai skrg msh tanda tanyaa ada mslh apa di sigra saya….
Suggest temen2 harus ke Bengkel Resmi Astra utk di scanning…
Sudah pernah scanning di 2 bengkel besar…hasil
1. Camshaft dial error (solusi di reset)
2. Cek gearbox sensor (kode 07 Unread)…..jd gak ketauan apa mslhnya…
Akhirnyaa bongkar bak oli gearbox matic plus kuras…
Setelah jalan jarak 40 km…begitu lg…
Setiap habis reset…semuaa berjalan normal dan baik2 ajaa….tp klo lampu kembali nyala yaaa kembali lg hanya bs jalan di gigi 1 dan 3 ….
Gak yakin klo gearbox bermasalah…
Mohon solusi para Suhu jika pernah ngalamin🙏🙏🙏

Doni Alfiandes
Reset maNual om, ad data kerusakan yg harus direset agar normal kembali, seperti komputer. Tp hnya utk menghilangkan tnpa mengetahui penyebab, klo ingin tahu penyebab, di scan dengan odb 2. Ad jual toko online. Klo reset manual kunci acc on kan smpai 10x dengan cepat, dan ko udh 10x Start engine sprti biasa.
Klo ngk bs hilang cabut sekring 20 ampere slama 15 detik dan pasang kembali. Klo ngk hlg jg cabut kutub negatip pada aki tngu bebeRapa saat dan pasang lagi

kumpulan modifikasi 2 calya sigra tahun 2017Sementara warganet lain menyarankan untuk membawa ke bengkel resmi terdekat. “Bawa bengkel mas biar di cek. . Punya saya kemarin jg gt. Langsung aman. Soalnya saya jg gak tau dunia per mesinan ” tutur Reza Sonny. Hal ini juga pernah dialami oleh warganet Mardiana Diana, “Kemarin punya saya seperti itu om, Smua udah saya coba tapi gk hilang. Akhirnya saya bawa kebengkel pitstop dan direset plus tuneup kna biaya 350. Anpuuuuunnnnnn” pungkasnya.

Jadi bila Indikator Engine cek kadang menyala pada Toyota Calya, apa solusinya ? bisa dicoba untuk melakukan reset accu atau reset sekring ecu brosis.

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4367 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..