Kritik iklan terbaru pulsar (TVC : Bajaj Ladies First)

ktm indonesia

sumber : sini

Mungkin semua sudah pada tahu iklan pulsar diatas.  Kalau belum silahkan dibuffer dulu untuk melihat iklan terbaru ini yang unik ini. Ane tidak tahu apakah sudah tayang di televisi atau belum soalnya jarang nonton tivi….hehehe. Tetapi untuk menunjang rasa tahu kawan ane mencoba tampilkan skrinsutnya yah.

Terkait dengan iklan ini mungkin sudah ada yang mempostingnya terlebih dahulu seperti bro asmarantaka. Tetapi postingan ini lebih kepada mengkritisi  iklan yang berjudul Bajaj Ladies First ini.  Secara sekilas iklan ini menceritakan seorang bebeker yang ‘sok gaya’(gasnya diplintir-plintir) disebuah lampu merah, selanjutnya si bebeker diberi kesempatan oleh dua pulsar rider untuk mendahului namun ditengah jalan bebeker ini ‘dilibas’ oleh dua penunggang pulsar. Akhirnya ketemu dilain waktu si bebeker balik bilang “lu duluan dech” dengan mimik nerves.


Ini sebenarnya hanya opini pribadi terkait image “Pulsar Pasti Lelaki”. Pertama, Kalau menurut ane helm yang dipakai 2 biker pulsar in belum mencerminkan helm laki walaupun motornya laki. Mungkin terkait helm half face ini lebih ke arah sense personal dan sangat debatable. Menurut ane mestinya  yang dipakai helm fullface gitu loch…atau mendingan pakai helm bawaan pulsar itu lho (gak tahu kalau sekarang helm bawaan ganti half face soalnya dulu ane dapat full face warna item). Kalau helm full face kan terlihat keren, macho, dan gagah….wkwkwkwk (Laki gitu loch..)

Selanjutnya terkait attitude berkendara.  Memang sih menurut ane sah-sah saja untuk memberi pelajaran biker alay tetapi jangan malah ikut-ikutan alay dengan gaya menyalip yang zig-zag a.ka. take gitu. Dua motor sekaligus menyalip bisa membahayakan tuch….wis gak mboys blazzz….hehehe. 😀 .  Memang sih itu hanya dalam sebuah iklan tetapi kewatirnya menjadi pelajaran baru tuch. Kan orang indonesia cerdas-cerdas…hehehe.  Disisi lain orang akan berasumsi beraninya kok cuma sama bebek….ya wajarlah mudah dilibas apalagi ditrek lurus….Tiga hal diatas itulah kawan yang menurut ane yang mengurangi sisi-sisi kejantanan, kepastian laki atau gentleman…  sebagaimana tagline pulsar sendiri.

Namun begitu iklan ini perlu diberikan apresiasi terkait kepatuhan terhadap lalu lintas yakni posisi motor tidak melanggar marka jalan dan motor baru jalan kalau lampu TL sudah warna hijau. Bagaimana bersikap cool, calm and confidence ditengah godaan dan tantangan biker alay di jalanan. Dan bagaimana pula memberikan ‘keistimewaan’ bagi perempuan (bebeker) untuk mendahului alias Ladies First…xixixixi 😛 (sayang  penunggang bebeker gak perempuan 🙁  ).

Demikian kawan kritikan sekilas mengenai iklan TVC terbaru Bajaj Pulsar  Indonesia tahun 2012 ini yang menampilkan varian New Decals baik yang Pulsar 135 maupun Pulsar 220. Monggo di share dimari pendapat kawan semua….Suwun.

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3674 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

39 Comments

    • tapi kita musti inget om, orang2 di Indonesia itu belajar dari apa yang tayang ditelevisi atau media elektronik lainnya.

      pasti ada sisi lain yang bisa ditonjolkan + menghibur tanpa harus memperlihatkan tindakan yang tidak patut. yah sama kayak iklan rokok lah, sekarang ini kan gak harus keliatan rokoknya..

      IMHO

  1. lom liat iklannya seh…. but kayaknya dari segi iklan cukup mengena di konsumen, bahwa dgn harga segitu kenapa musti beli bebek……

    • iya… dengan harga segitu mendingan beli ninja 150 seken… dijamin jangankan bebek… pulsarnya pun bisa disalip sambil motong kaya gaya alay naik motor…

      gimana ?

      • setuju bro… pake ninin emang sip, raja jalanan bro hehehee…. tp sayang dapet usia lanjut kalo modalnya cuma se bebek 🙁 mana seken lagi….. rajin2 sambangin bengkel n spbu terdekat plus oli samping jangan sampe kehabisan ya…. hehehehe

    • xcd tuh kayaknya iklan global, kalo ini khusus Indonesia..

      kalo kita liat iklan2 yang buat pasar global, India dan Amerika Latin, iklannya keren2, gak “nyolek” merek atau jenis motor tertentu..

      pernah ada iklan soal irit, motor yang nongol UG4 orange. Nah, di situ dikasih liat kalo Pulsar itu keren + irit. nah, motor2 lainnya itu cuma pake tulisan cc, yang diiklan kalo gak salah itu tulisannya “125”. yang naek itu motor melongo, ini nunjukkin kerennya. trus yang di pom bensin juga sama, tulisannya “125”, ikut melongo, ini nunjukkin iritnya.

      gw beraharap TVC Pulsar lebih kreatif dan keren lagi..

  2. Iklan mempengaruhi konsumen secara bawah sadar lho, jadi meski awalnya kita biasa2 aja ngliatnya (dianggap sebagai hiburan semata), tapi jika ditayangkan terus-menerus akan bikin pikiran kita terbentuk oleh apa yg dimau oleh iklan itu. Sekarang udah banyak contohnya: banyak yg menganggap motor bebek=kencang, rambut cewek yg bagus=rambut lurus panjang, kulit cewek yg bagus=kulit putih kayak tembok tanpa noda, dll.

    • bagus…. berarti mas bro memperhatikan dengan seksama iklannya….

      dan kalo lebih jeli lagi…. mereka semua ( bebek + pulsar ) berjalan di jalur cepat !!
      he he he… tambah deh aksi sruntulan nya… dah nerobos lampu merah, nyalip main potong zig zag gaya alay, plus kebut2an di jalur cepat dimana motor dilarang masuk….

      sip !!

  3. Anggep ae nontong Tinju kang. .nek misale bar nonton Tinju trus jotos2an. .yo guoblok jenenge.

    Terlepas dari smua itu endinge bgus tuh ”Pulsar pasti laki”

    kelingan omongane si mbah
    “kwe ki cah LANANG le. . .nek pengen ketok ngganteng tur gagah. .yo numpak o montor LANANG. .”

  4. Hahaha…
    Iklannya tidak menarik utk merebut hati saya untuk membeli produk ini.
    Eits pendapat pribadi dan soal iklan ya, tdk terkait produk loh.

    Btw, pake helm half face ya?

  5. maksudnya dgn hrga hmpir sama ud dpat mtor sport coy.. bkn brni lwn bebekers aj. W pnya pulsar dirumah ud w adu dgn vixion,tiger,satria fu, dan scorpio. Lewat smua. Dan hbtnya lg trnyata pulsar jauh lbh irit dibnding dgn yg di atas. Memang kenyataanny rider pulsar sering dicibir dn slalu diledek dgn cra digeber2 trnyata mana.. Msh lbh tangguh pulsar. Pulsar w ud beberapa kali lintas jawa

  6. sebenarnya bukan konten diatas yg perlu dikritik.. tapi “leadies first” itu yg perlu diperhatikan. si pembuat iklan mungkin ga sadar memasukkan ideologi pikiran dirinya dan tanpa sadar mengukuhkan klo perempuan hrs didahulukan loh! krn kekuatan mereka ga mungkin mendahuli laki2. Image motor bebek khusus perempuan & motor bajaj khusus laki2. Motor bajaj bisa mengalahkan motor bebek. Mgkn pembuat iklan juga ga sadar klo pikiran itu tertanam sama diri mereka.

    but thank anyway for this post. lumayan bisa dijadiin paper buat penggambaran gender di TV ^__^

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. iklan terbaru bajaj pulsar : butuh pulsar untuk mengalahkan supra x 125 « PERTAMAX GAN____________________________________________________tapi belinya cuma premiun
  2. Korban iklan terbaru pulsar ? « www.setia1heri.wordpress.com
  3. Lagi…iklan kontroversi Bajaj « www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..