Perbandingan harga rokok di dunia, Indonesia masih lebih murah

Berikut data perbandingan harga rokok di dunia dan peringkat Indonesia. Data tersebut dirilis oleh detik.com (23/8) yang mencoba menyajikan data harga rokok tersebut. Pro dan kontra mengenai usulan dan wacana harga rokok Rp.50.000 telah memantik beragam pandangan dan argumentasi. Secara umum harga rokok di negara berkembang terlihat lebih murah dibandingkan dengan negara-negara maju. Yuuk diintip infografisnya mantemans….

perbandingan harga rokok di dunia dan indonesia tahun 2016

Dari info grafis yang dirilis oleh detik.com tersebut terlihat Indonesia menempati urutan ke-7 diantara negara di Asia Tenggara. Harga rata-rata rokok di Indonesia yakni Rp.18.480/bungkus. Sementara peringkat pertama diduduki oleh Singapura dengan harga rokok Rp. 126.984/ bungkusnya serta peringkat terendah ditutup oleh Vietnam dengan harga Rp. 14.520/ bungkusnya.

Sementara itu ditataran global di dunia Indonesia menempati urutan ke-113. Sedangkan urutan pertama diraih oleh Australia dengan harga Rp.250.536. Urutan terakhir di tempati oleh Nigeria dengan harga Rp.7.656 / bungkus. Dari data tersebut terlihat harga rokok di negara-negara berkembang bisa dikatakan lebih murah. Namun begitu harga rokok di Rusia juga masih tergolong murah yakni Rp. 19.536.

Murahnya harga rokok inilah yang menjadi salah satu faktor bertambahnya jumlah perokok aktif di Indonesia. Bagi yang pro kesehatan tentu hal ini sangat mengkawatirkan sebagaimana kajian dari Kementerian Kesehatan maupun Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Nah dari penelitian Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia inilah muncul angka Rp.50.000 untuk menekan pertumbuhan perokok aktif di Indonesia.


Industri rokok memang tidak sederhana yang kita pikirkan karena menyangkut hajat hidup orang banyak termasuk didalamnya terselip rasa candu yang begitu menggebu.

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3670 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

  1. negara endonesa negara kere ya harusnya murah
    masa endonesa dibandingkan sama ostrali
    di sana gaji 10 juta dikit amat
    kalo di endonesa gaji 10 juta keren

    yang membandingkan endonesa sama negara maju ya orang saklek namanya hahahaha

Monggo dikomeng gans..