Yuk disimak tips Belanja Online secara aman dan nyaman bagi pemula

Yuk disimak tips Belanja Online secara aman dan nyaman bagi pemula

Bagi mantemans yang pemula atau nubi belanja secara online tiada salahnya menyimak tips berikut. Gempuran iklan di internet maupun media sosial dengan tawaran yang bombastis kadang menghilangkan akal sehat kita. Dan tahu-tahunya kita menjadi korban penipuan baik barang tidak datang atau barang dikirim tetapi tidak sesuai harapan. Akhirnya kita cuma bisa mengelus dada dan menangis tiada tara….hehehe. Nah agar tidak menjadi korban penipuan kala berbelanja secara online yuk simak tips berikut :blanja dot com

Tips Belanja Online secara aman dan nyaman bagi pemula

  1. Belanja online di toko yang kredibel. Toko online ada yang sifatnya perseorangan dan ada yang semacam konsorsium para merchant seperti blanja.com (Joint Venture antara PT Telkom Indonesia dan situs ebay). Kenali, selidiki dan cari review atau testimoni buyer terkait kredibilitas toko online tersebut. Bisa nanya2 teman atau langsung saja via mbah google….
  2. Jangan tergoda harga murah. Harga miring kadang memang menggiurkan namun bila terlalu miring maka kita perlu waspada bahwa itu bisa jadi penipuan. Kalau harga miring di toko online terpercaya sih sebagian besar benar adanja
  3. Bandingkan harga dengan toko sebelah. Salah satu cara untuk melihat apakah harga yang ditawarkan sebuah toko online itu wajar, normal atau murah yang wajar maka coba bandingkan dengan harga-harga di toko online sebelah. Nah siapa tahu harga di toko sebelah lebih murah sehingga kita bisa lebih menghemat uang….hehehehe
  4. Baca, cermati dan pahami kebijakan toko online. Ini sangat penting agar kita tidak kecewa di kemudian hari misalnya terkait garansi barang diterima cacat bisa dikembalikan,  refund 100 % bila terjadi kesalahan transaksi atau lebih tepatnya baca term condition alias syarat dan ketentuan transaksi.
  5. Baca deskripsi produk secara detail. Berhubung kita tidak bisa melihat barang secara langsung maka lewat gambar dan deskripsi produk inilah yang akan menjadi pertimbangan kita untuk memutuskan membeli barang tersebut. Perhatikan dengan baik-baik spesifikasi, model, warna dan point-point detail dari barang yang coba kita pinang itu.
  6. Kemudahan sistem Pembayaran. Banyak tawaran sistem pembayaran apakah memakai kartu kredit, transfer via ATM atau mobile banking atau bahkan COD (Cash on Delivery) atau bayar langsung ditempat. Nah bagi anda pemula sesuaikan dengan kondisi anda saja namun untuk personal toko online yang masih satu kota diusahakan untuk COD saja. Kalau COD usahakan ditempat ramai yah soalnya tidak sedikit korban kriminal dari aksi tipu-tipu COD ini.
  7. Ada kontak Customer Service. Pastikan di toko online yang kita sambangi terdapat kontak customer service alias layanan pelanggan. Hal ini penting untuk menunjang komunikasi antara penjual dan pembeli sebelum dan sesudah kita memutuskan untuk membeli barang. Setidaknya terdapat email dan nomor yang bisa dihubungi atau lebih lengkapnya ada chat, WA, BBM, dll
  8. Cari yang free ongkir alias bebas ongkos kirim. Banyak toko online yang menawarkan jasa free ongkir alias bebas ongkos kirim. Nah kesempatan ini tentu jangan sampai kita sia-siakan karena tentu akan menghemat uang belanja…hehehe.
  9. Segera log out setelah transaksi online via komputer. Sebenarnya ini buat jaga-jaga saja agar tidak ada orang iseng yang menanamkan semacam malware, phishing, scam atau mengambil alih pada komputer kita. Terlebih kita mengaksesnya lewat warnet maka pastikan menghapus cookies dan chace browser yang kita gunakan sebelum shutdown.

Well, demikian mantemans tips singkat belanja online secara aman dan nyaman yang KHS tujukan bagi pemula. Semoga berguna yah mantemans….

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

Monggo dikomeng gans..