Advertisements

Ngincipi Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali

image

Lagi di Bali gans dalam rangka memenuhi undangan AHM untuk liputan Honda Bikers Day di Pantai Pandawa, Bali. Nah hari Sabtu (29/11) sebelum menuju tekape mantemans diajak mampir ngincipi Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali untuk makan siang. Weh ternyata ramai banget warung yang ada di jalan Raya Tuban ini.

image

Apa itu Ayam Betutu? KHS sendiri juga gak paham. Nah berikut deskripsi singkat Ayam Betutu yang KHS kutip dari wikipedia.

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

image

Ayam Betutu ini disajikan dengan plencing kangkung dan sambal tomat. Selain itu terdapat pula kacang, irisan bambang dan cabai. Menurut KHS ayam betutu sendiri bumbunya sudah sangat pedas. Apalagi ditambah dengan sambal nya….hehehe. Bagi yang punya selera pedas atau raja pedas mungkin kuliner khas Bali ini bisa dicoba.

image

Terkait rasa menurut KHS daging olahanya terasa empuk dan bumbunya sangat merasuk. Dan mungkin sebagai bukti enaknya cita rasa Ayam Betutu ini yakni jumlah pengunjung nya yang membludak.
Terkait berapa harga per porsi KHS tidak tahu karena tinggal menikmati hidangan yang telah siap sedia di meja…hehehe.

image

Maknyus….

image

Maturnuwun.
Baca juga:


Posted from WordPress for BlackBerry Z3tia1heri

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Advertisements

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »