Lezatnya kue terbul ala Padang

kue terang bulan ala padang di gresik (7)Kue Terbul itu apa kang? Oo itu singkatan dari kue Terang Bulan gans…hehehe. Saya rasa mantemans sudah paham kue terang bulan yang bisa kita temui dipinggir-pinggir jalan. Menurut wikipedia, Martabak manis, atau terang bulan, atau kue bulan atau Apam Balik adalah penganan sejenis kue dadar yang biasa dijajakan di pinggir jalan di Indonesia dan Malaysia khususnya Sabah.

Masih menurut wikipedia.org, Adonan kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air, dan ragi yang dipanggang di atas penggorengan besi tebal khusus hingga adonan kue menjadi matang dan bersarang. Sebagai pengisi biasanya diberikan taburan gula butir, coklat butir (meses, muisjes), dengan biji wijen dan kacang tanah yang dicacah, atau parutan keju, yang disiram susu kental manis, dan diolesi mentega dan margarin yang cukup banyak.

kue terang bulan ala padang di gresik (2)Nah diantara pilihan terang bulan dibeberapa tempat di Gresik, ada salah satu penjual terang bulan yang menamakan daganganya dengan sebutan Terang Bulan ala Padang. KHS pun tertarik untuk mencobanya sekaligus bertanya lebih jauh terbul ala padang ini. “Ooo…ini dulu saya ada kenalan orang Padang yang mengajarinya mas ” tutur penjual yang bernama mas Miftah ini.  Bagi KHS perbedaan yang mencolok dari terbul ini yakni isi terbul sendiri, kalau ditempat lain bisa dipastikan berisi coklat. Namun di terbul ala padang ini kita bisa memilih berbagai isi dengan harga yang sangat terjangkau per-porsinya.

martabak manis ala padang di gresik (5)Sebutlah isinya bisa dipilih rasa seperti kacang ijo, kacang mouca, ketan hitam, selai, pisang dan keju. Semua harganya Rp. 6.000 rupiah saja kecuali rasa keju Rp.8.000. Dan biasanya selalu antri ketika sore hari terutama pembelian setelah sholat maghrib berbarengan dengan pergantian shift pabrik. “Bukanya jam 16.00 WIB sampe jam 23.00 WIB mas tergantung dagangannya” terang pemuda asal Lamongan ini.

kue terang bulan ala padang di gresik (6)Lapak rombong terang bulan ala padang ini berada di pojokan jalan KH Syafii atau depan puskesmas pembantu (pustu) Desa Pongangan Krajan, Manyar . Biasanya mas miftah tidak sendirian ketika melayani pelanggan karena saking banyaknya antrian. Terlihat istri dan teman-temannya kadang membantu usaha yang telah dirintis setahun silam ini.


martabak manis ala padang di gresik (3)Bagi KHS sendiri terang bulan ini cukup cocok dengan lidah apalagi juga harganya yang terpaut jauh dari terang bulan di warung lainnya. Dari sisi adonan memang terasa kurang lembut tetapi saya pikir wajarlah karena memang menyesuaikan harga…hehehe. Tapi overall puaslah menikmati kue terang bulan ala padang ini. Apalagi ternyata istri juga sering berlangganan kue manis ini…hehehe.

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----


Comments

comments

About setia1heri 3637 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

37 Comments

  1. kalo nurut mantan pacar yang udah jadi istri orang :mrgreen: , ni kue disebut juga kue bandung, mungkin karena pertama kali dikenalin dari Bandung.

    pilih rasa keju, pokoknya jangan dicampur coklat aja dah 😉

Monggo dikomeng gans..