Megamendung III : Siswa…Jaga kesehatan, Mental dan tetap semangat.

diklat ppns pusdik reskrim megamendungPagi diary,

Hari demi  hari telah kami lalui dalam pendidikan di Pusdik Reskrim Megamendung ini.  Setengah perjalanan dari 45 hari yang telah dijadwalkan tidak sedikit siswa yang ‘bertumbangan’ karena sakit baik kondisi ringan hingga sedang. Maklum kondisi Bogor saat ini cuaca sedang esktrim apalagi posisi kami yang ada di pegunungan. Tidak salah memang dikatakan bahwa Bogor adalah Kota Hujan karena hampir setiap hari air tercurah dari langit baik siang, malam, pagi maupun sore. Duinggginnn brow….

apel flat asrama megamendungLain waktu terik matahari begitu menyengat hingga terasa menembus kulit. Kondisi yang tidak menentu ini tentu berpengaruh bagi tubuh kami yang dimulai dari meriang, flu, pilek masuk angin hingga perut  mules  yang menyebabkan BAB terlalu ‘lancar’.  Selain kondisi cuaca mungkin pula disebabkan pola makan yang salah atau siswa belum bisa menyesuaikan kondisi disini.  Di dalam diklat ini kita mendapatkan jatah makan pagi hari, siang hari dan malam hari. Mungkin menu tidak sesuai dengan selera ketika dirumah namun bagaimanapun juga perut harus diisi agar tidak malah menambah masalah.

Acara rutinitas pagi siswa setelah sholat subuh yakni olah raga pagi kecuali hari senin saja. Olah raga disini sifatnya hanya jalan kaki saja disekitar komplek Pusdik Reskrim Megamendung.  Kecuali hari Jum’at olah raga bersifat senam pagi yang dipandu oleh instruktur dari luar. Olah raga pagi ini biasanya memakan waktu antara 30-45 menit setiap paginya yang dilanjutkan dengan mandi dan persiapan makan pagi hari.

ultah siswa di pusdik reskrim megamendunSehabis makan pagi maka dilanjutkan dengan apel pagi. Nah ketika apel pagi inilah para Pembina apel tak jemu-jemu untuk mengingatkan siswa yang ada disini untuk menjaga kesehatan, mental dan tetap semangat. “Jaga kesehatan, sesuaikan pola makan dan jangan lewatkan setiap agenda kegiatan” begitu kira-kira pesan yang disampaikan para Pembina diatas.

Untuk pembinaan mental spiritual siswa (muslim) maka setiap Kamis malam alias malam Jum’at diadakan Tahlilan dan Yasinan. Kegiatan ini dilakukan sehabis sholat maghrib di Masjid At-Taubah  Kompleks Pusdik Reskrim. Sehabis acara Tahlil dan Yasin ini maka disambung dengan Pengajian singkat dimana setiap siswa diminta untuk membuat ringkasan atau resum yang dikumpulkan hari Senin minggu depan.  Sedangkan setiap Jum’at juga dilakukan ibadah Sholat Jum’at sedangkan bagi siswa Kristen juga tersedia Kapel Gereja dan Ruangan khusus untuk siswa Hindu dan Budha untuk mengecharge spritualitas semua siswa.

menu makan di diklat ppns megamendungSetiap hari Kamis pagi dilakukan Apel Asrama atau flat. Kegiatan ini dilakukan Pembina untuk mengecek kebersihan dan kerapian flat maupun kamar siswa. Mulai dari kebersihan halaman, lantai, kerapian tempat tidur, penataan baju dialmari dan penataan tempat jemur baju. Nah kegiatan ini juga masuk penilaian selama pendidikan disini sehingga biasanya kawan-kawan Rabu malam sudah mempersiapkan agar tidak kena teguran atau bahkan pengurangan nilai.:-D

masjid jami' pusdik reskrim megamendungSedangkan setiap Jum’at pagi dilakukan apel pengecekan kelengkapan identitas dan kerapian tampang maupun pakaian siswa. Kegiatan ini biasanya dilakukan dilapangan dimana setiap siswa harus menunjukkan kartu identitas diri, kerapian rambut-kumis-jenggot serta kerapian pakaian yang digunakan.  Setiap siswa akan dicek mulai dari sepatu, kaos kaki, KTP/SIM atau rambut-rambut yang memang harus dirapikan. Kurang lebih 30 menit apel pengecekan ini dilakukan sebelum siswa masuk ke kelas masing-masing.

Ditengah kesibukan jadwal kuliah dan kegiatan yang lain ternyata Pusdik Reskrim masih menyempatkan acara Momen hari ulang tahun bagi siswa yang HUT bulan Mei kemarin.  Awalnya ketika apel siang ada beberapa siswa yang dipanggil oleh Pembina dimana suruh tampil didepan. Ternyata mereka-mereka inilah yang bulan Mei kemarin sedang ulang tahun. Ditengah kesederhanaan dan kekidmatan acara ulang tahun ini dipimpin oleh bapak Kapusdik langsung sebelum makan siang dilaksanakan. Wow surprise banget… (lagu Ulang Tahun : Jamrud > mode on ) 😆

langit megamendung bogorDemikian kawan cerita singkat setengah perjalanan menjadi seorang penyidik PNS dimana dibutuhkan tenaga yang prima ditengah selimut hawa dingin Megamendung, mental spiritual yang sehat agar tidak stress ditengah rutinitas dan kejenuhan selama pendidikan, kerinduan yang amat dalam terhadap keluarga-kampung halaman maupun suasana kerja. Namun yang jelas disini banyak teman dari Aceh hingga Papua baik dari kepolisian maupun PNS kementerian yang lain sehingga bisa saling share dan menghibur masing-masing.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »