Android itu boros baterai !

Sebenarnya boros dan tidak boros baterai itu relative. Semua tergantung user, gadget dan aplikasi yang tertanam di dalamnya. Namun disini ane akan share pengalaman pribadi setelah 2 bulan memakai android dalam gadget Xperia Mini Pro 10 besutan Sony Ericson. Tentu ane mencoba membandingkan (walaupun mungkin kurang tepat) dengan hape yang pernah ane miliki sebelumnya yakni Samsung Valencia dengan Windows Mobilenya.

Jujur ane membeli XMP ini barang seken. Jadi sudah bisa ditebak bahwa ketahanan baterai sudah mengalami penurunan. Walaupun begitu yang jelas baterai masih kondisi normal alias tidak ngedrop.  Dalam kondisi normal alias hanya untuk sms dan telpon (dan standby) maka baterai XMP ini bisa bertahan sehari-semalam. Namun ketika gadget dibuat online, nge-game dan puter musik dan video maka hanya bertahan sekitar 6 jam saja. Apalagi diperparah ketika di sebuah wilayah yang sinyalnya timbul tenggelam alias tidak stabil.

Ketika dulu memakai Samsung Valencia dengan Windows Mobile (seken juga ) yang katanya terkenal boros. Justru yang ane rasakan tidak seboros yang ane bayangkan dan cenderung hemat baterai. Walaupun dibuat online, nge-game sederhana dan puter music dan video kondisi baterai masih bertahan hingga sehari-semalam.  Kalau ane bandingkan skornya 2 point untuk Samsung Valencia dan 1 point untuk XMP.

Oleh karena itu WARNING, jangan bawa  gadget android jauh-jauh kalau tidak dekat dengan sumber energi alias listrik.  Kalau hape androidnya stand by sich tidak masalah tetapi kalau tangan sudah gatal dengan aplikasi-aplikasi maka bersiaplah low batt. Ane sendiri mengalami hal tersebut ketika perjalanan jauh di daerah sehingga seringkali memakai cadangan hape nokiyem  jadul monokrom agar komunikasi lancar.

Mungkin sudah banyak aplikasi penghemat baterai namun seberapa efektifkah? Monggo yang punya android di share kemari pengalamannya… Atau yang punya BB  (asal jangan Bau Badan) juga boyeh…

NB :  Ane memakai aplikasi juice defender dan 2x battery sajah… dan ada yang aneh XMP ini, klo online pake wifi justru lebih tahan lama dibandingkan online lewat operator (kartu). Ndak tahu kenapa…

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »