Mencoba QR Code…


QR code adalah sebuah kode matriks atau barcode 2 dimensi yang diciptakan perusahaan Jepang, Denso-Wave tahun 1994. Kata QR, kependekan dari Quick Response, sesuai tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan respons dengan cepat. Mungkin selama ini yang kita kenal hanya barkode 1 dimensi seperti kode-kode harga di mall atau supermarket.

Kode ini amat populer di Jepang. Banyak perusahaan menggunakannya untuk aktivitas pemasaran dan promosi. Hampir semua jenis ponsel di Jepang dan Korea bisa membaca QR code. Kode ini mulai digunakan di berbagai media Eropa. Bagi pengguna Android mungkin tidak asing dengan aplikasi ini walaupun bingung cara menggunakannya. Nama aplikasi biasanya QR Droid atau NeoReader (di hape XMP 10 ane lho…)

QR code berfungsi sebagai ”jembatan” penghubung secara cepat antara konten offline dan konten online. Kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. QR code bertindak seolah-olah hyperlink fisik yang dapat menyimpan alamat web (URL), nomor telepon, teks, dan SMS. Selain itu, QR code juga bisa ditempatkan di billboard di pinggir jalan sehingga sambil lewat, orang bisa memindainya. QR code juga bisa ditempelkan di bus, kereta api, kartu nama, bahkan di topi atau t-shirt.

Audiens disini mengandung arti interaktif, dialog langsung, antara wartawan atau editor sebagai penyaji berita dan pembacanya.

Pelopor QR code di koran di Indonesia adalah Harian Kompas. Oleh karena itu ketika dalam perjalanan Jakarta-Surabaya yang delay itu, ane iseng-iseng mencoba aplikasi NeoReader ini ketika membaca Kompas. Sebenarnya berawal dari rasa penasaran seperti apa isi dari code ini.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah yakni :

  1. Bukalah aplikasi NeoReader atau QR Droid
  2. Sorot kode QR Code (biasanya berbentuk kotak persegi empat)
  3. Pilih click atau sorot dengan kamera aplikasi
  4. Ketika sorotan tepat dan jelas maka akan muncul kode informasi
  5. Kalau mau lebih jauh tinggal klik informasi tadi sehingga anda akan terhubung pada informasi website dari QR Code  (syaratnya harus ada koneksi internet).

Penggunaan aplikasi juga mampu membaca QR code yang ada di layar kaca. Ane sering kali iseng ketika browsing di internet ada QR code. Maka ane akan membuka dan menempelkan aplikasi ini dan ting….muncullah informasi dari kode tadi..

Setahu ane kalau Neoreader hanya mampu membaca saja namun lebih lengkap QR Droid dimana kita bisa mengcreate dan mengirimkan ‘pesan rahasia’ ke teman atau kenalan kita. Syaratnya teman kita juga harus mempunyai aplikasi serupa untuk membuka QR Code yang kita kirimkan tadi. Tertarik mencoba?

Referensi :

http://tekno.kompas.com/read/2009/06/15/0850503/QR.Code.Kompas.Perkaya.Konten.bagi.Pembaca

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

6 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »