Kearifan Lokal : Haul Mbah Syafii

Kearifan Lokal :

Maulud Nabi Muhammad SAW dan Haul KH. M. Syafii

Sebagai warga baru yang baru beberapa tahun mendiami desa Pongangan, kecamatan Manyar kabupaten Gresik tentu ada hal-hal yang berbeda dengan kebiasaan di desa asal saya. Salah satu tradisi yang sudah berjalan beberapa tahun di desa pongangan adalah acara Maulud Nabi Muhammad SAW dan Haul KH. M. Syafii serta para leluhur desa Pongangan.

Tahun 2011 ini berlangsung antara tanggal 31 Maret hingga 2 April. Acara tahunan ini bentuk acara biasanya adalah khataman qur’an, hadrah dan pengajian umum. Selain itu, di dalam acara ini terkumpul sisi religiusitas, sosial, budaya dan ekonomi.

Bisa dipastikan acara ini menyedot warga sebagai bentuk ‘keguyuban’ dan persaudaraan antar sesama warga. Dalam forum ini pula terjalin silaturohim serta budaya gotong royong untuk mensuksesan acara yang rutin ini. Akses jalan dari dan ke Tenger, Manyar dipastikan ditutup oleh pak Hansip karena dikwatirkan mengganggu kekusyukan jalannya acara puncak.

Ane sama anak istri, skalian jalan-jalan sore lihat-lihat barang dagangan yang di gelar lewat lapak-lapak. Mulai dari pakaian, kuliner, jajanan pasar, pernak-pernik hingga peralatan rumah tangga semua tersedia disana. Tentu harus pandai menawar kalau tidak mau ‘keblondrok’ (kemahalan, Jawa).

Oia sebelumnya Mbah Syafii adalah sesepuh sekaligus ulama kharismatik desa Pongangan. Nama besar beliau juga diabadikan dalam jalan sepanjang mulai dari pertigaan Tenger hingga perempatan dekat Terminal Bunder. Selain itu, Masjid KH Syafii juga berdiri megah di desa Pongangan sebagai bentuk penghormatan jasa-jasa beliau selama hidupnya. Semoga sebagai warga desa mampu meneladani akhlaqul kharimah beliau.

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

2 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »