Inden sepeda motor Honda kok lama ? ternyata ini sebabnya gans…

perakitan honda beat di pabrik tahun 2016
ilustrasi kondisi didalam pabrik Honda

setia1heri.com – Inden sepeda motor Honda kok lama ? ternyata ini sebabnya gans. Brosis yang sedang booking sepeda motor di tahun 2022 khususya varian matic ini mungkin harus sabar sejenak karena ini tidak hanya dialami oleh industri sepeda motor namun hampir semua industri otomotif dan teknologi. Apa pasal ? telah terjadi kelanggkaan peranti chip semikonduktor. komponen apa itu gerangan?

perakitan honda beat di pabrik tahun 2016
ilustrasi kondisi didalam pabrik Honda

chip semikonduktor disebut pula dengan sirkuit terintegrasi (IC / Integrated Circuit) atau microchip yang sangat berguna untuk peranti elektronik. Secara sederhana keberadaan chip ini semacam otak yang menghubungkan perangkat-perangkat elektronik pada sebuah produk baik IT maupun otomotif. Misal kalau di sepeda motor komponen pada speedometer yang memerlukan chip semikonduktor.

Kelangkaan chip semikonduktor ini sebenarnya sejak tahun 2021 silam dan hanya berdampak pada industri IT dan otomotif roda empat namun tidak disangka ternyata berlanjut hingga tahun 2022. Sebabnya karena permintaan peralatan elektronik yang tinggi selama pandemi covid-19 serta ada kebakaran pabrik chip di Renesas Electronic Corp. Perusahaan-perusahan sudah mengkonfirmasi kelangkaan ini seperti Mercedez Benz, IBM, Toyota Global, dll. Bahkan beberapa industri IT menduga kelangkaan ini akan berlanjut hingga tahun 2024 seperti Intel.


Nah kembali ke topik lamanya inden sepeda motor honda. Ternyata kelangkaan ini juga berimbas pada industri otomotif khususnya roda dua di Indonesia termasuk Honda. Memang sih infonya tidak semua lini atau varian kena imbasnya namun motor-motor yang laris manis seperti Scoopy, BeAT dan Vario yang bak kacang goreng tentu gak bisa secepat dulu produksi dan deliverinya nanti.

Jadi brosis yang sedang inden motor honda khususnya varian matic  entry level seperti BeAt, Genio, Scoopy, dan Vario harap bersabar dulu ya….heheheWarna dan grafis baru Honda Scoopy tahun 2021, ada 4 varian dengan 8 warna brosis.. (2)

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 5016 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..