Pengalaman warganet naruh kapur barus di filter motor untuk naikkan RON BBM

Pengalaman warganet naruh kapur barus di filter motor untuk naikkan RON BBM

Pengalaman warganet naruh kapur barus di filter motor untuk naikkan RON BBM. Penggunaan kapur barus sebagai zat aditif untuk menaikkan kandungan RON atau oktan pada BBM memunculkan diskusi hangat. Baik yang pro dan kontra mengenai cara tak biasa tersebut karena tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Nah berikut penuturan warganet yang pernah menggunakan kapur barus pada filter kendaraan baik motor maupun mobil brosis.

Pengalaman warganet naruh kapur barus di filter motor untuk naikkan RON BBMDiskusi mengenai Pengalaman warganet naruh kapur barus difilter motor untuk naikkan RON BBM bermula dari postingan masbrow Olwan William di grup facebook Bekakas (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 10 Juni 2021. “2021 ada yg masih mengaplikasikan kaya gini mbah? yg pernah atau masih monggo sharing2 pengalamannyaa…saya pernah punya temen kos anak kimia, dia bilang bener kapur barus itu mengandung naphthelene yg bisa naikin ron tp ga signifikan.. malah efek sampingnya bisa menambah gas buang karsinogen/beracun. ” ujarnya mengawali cerita dengan mengunggah sebuah foto contoh pengggunaan kapur barus pada filter motor.


Doi melanjutkan penjelasannya, “– “bayangin aja asep knalpot lu udh ada CO2 beracun tambah racun lg dari zat kapur barus, pedih matalu. mendingan lu pake minyak atsiri yg bisa mengoptimalkan nitrogen jd pembakaran lebih baik, oke ketika cuaca panas, emisi jg lebih aman”. – ” abis makan apaan lu tumben omonganlu berbobot” jawab saya. *note: foto dari grup lain, jd bukan saya tersangkanya ” lanjutnya.pro kontra pemakaian kapur barus pada filter mobil untuk menaikkan oktan

belum lama pernah liat juga ada yang begini di Planet Bund..malah itu Mekanik nya yang nyarankan ke Customer nya.. setelah selesai ane nanya, buat apa itu ? jawab Mekanik nya.. tenaga lebih enak, ngisi dan responsif, coba aja Bang.. jawab ane ooh gitu ya deh tar dicoba.. dalam hati berkata w pake Ferrox ini ga perlu aneh-aneh.. 😂” ujar komentar Ulus Turner. Hal ini juga direspon secara bercanda oleh Anang Kabul Prastyo, “Mau naikin horse power ya tinggal pakai ECO Rising lalu di tunning pake aplikasi VPtube lah mbah, awal nya 6 hp bisa sampai 200 hp kok, ban nya sampai spin, knalpot nya suara nya “horaumum, ickiiwir ” candanya.

Hingga tulisan ini diketik postingan diatas telah memantik diskusi hangat warganet BEKAKAS. Beberapa warganet yang pernah melakukah hal serupa turut memberikan komentarnya. “Dulu jaman SMA jupe gejil tak kasih kapur barus gt pas brenti di lamer org di blkang pada ngomel matanya pedih mbah🤣” ujar Ecko Viziantyo. Hal ini juga pernah dilakukan oleh Rakean Andana, “dulu pernah tak coba ini kamper napthalene di mobil diesel isuzu panther, tak taro di box filter udara nya, memang dari sisi tenaga ada kerasa peningkatan performance, tapi kasian kalau dipake di jalan dalam kota, khusus nya jabodetabek yg macet, gas buang nya bau nya g enak bgt wong” tuturnya.

pom bensi spbuMenurut warganet lain bahwa penggunaan kapur barus ini sepertinya malah tidak ada efek. Hal ini seperti yang dirasakan oleh Chandra Adilaksono, “Dulu jaman jahiliyah, tangki bensin supra karbu saya kasih kamper sebutir, kaga ada efek positif apapun. Entah apa karena takaran gak pas atau caranya yg salah, atau emang beneran ga ngefek, entahlah🤣” terangnya. Hal ini juga dirasakan oleh Wahyu, “Wkwkw jadi inget dulu taun jebot waktu masih pake legenda..bensin nya saya campur pake kamper yg di gerus dulu..tapi gak ada efek nya sama sekali :v ” tambahnya.

Sedangkan efek lain justru malah menimbulkan kerak pada motor. “Dulu pernah nih pake kamper gini dimasukin ke tangki bensin, alhasil karbu brebet terus karena tangki bensin makin lama makin berkerak 😂 sekarang mending pake minyak kayu putih deh lebih aman wkwkwk” tutur Luhur Pambudi. Hal ini juga dialami oleh Ian, “Percuma mbah.. nggak terlalu signifikan hasilnya.. mantan pengguna soalnya dulu.. cuma nambah kerak di karburator …” tuturnya.

Sementara warganet lain berpendapat bahwa penggunaan kabur barus berbahaya.Penggunaan kapur barus bgtu bahaya buat pengendara lain karna bisa ngakibatin kanker,cara murah nya bisa pake minyak katsuri,atau kalo say pake spark…ada cairan buat di campur ke bbm merk nya spark mbah” ujar Oki Kusuma Atmaja.

SPBU self service di dekat stasiun lempuyangan jogjakarta (1)Well, itulah mantemans Pengalaman warganet naruh kapur barus di filter motor untuk naikkan RON BBM. Tapi sebagian besar warganet diatas ‘sudah bertobat’ sehingga lebih rasional dan logis dalam menggunakan zat untuk menaikkan oktan BBM ini.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4727 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..