Oktan, RON dan pilihan bensin yang tepat pada kendaraan

Oktan, RON dan pilihan bensin yang tepat pada kendaraan

Oktan, RON dan pilihan bensin yang tepat pada kendaraan. Bagi yang punya dengan motor atau mobil tentu paham beberapa jenis BBM atau bensin seperti premium, pertalite, pertamax dan pertamax turbo. Nah brosis perlu diketahui bahwa jenis-jenis bengsin diatas memiliki kandungan oktan yang berbeda. Biar tepat monggo disimak Oktan, RON dan pilihan bensin yang tepat pada kendaraan.

Oktan, RON dan pilihan bensin yang tepat pada kendaraanYang mau mudik pakai motor, perhatikan bensin yg digunakan ya! Yuk baca 😀

Bilangan oktan

Bilangan oktan yg biasa kita kenal adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan (ngelitik) di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari. Biasanya ditandai dengan timbulnya bercak di atas piston, dan kalau gejala knocking nya sudah besar, bisa membuat piston jebol.

Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.

Bilangan oktan bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif bensin. Penambahan tetraetil timbal (tetraethyl lead atau TEL, Pb(C2H5)4) pada bensin akan meningkatkan bilangan oktan bensin tersebut, sehingga bensin “murah” dapat digunakan dan aman untuk mesin dengan menambahkan timbal ini. Untuk mengubah Pb dari bentuk padat menjadi gas pada bensin yang mengandung TEL dibutuhkan etilena bromida (C2H5Br). Celakanya, lapisan tipis timbal terbentuk pada atmosfer dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia. Di negara-negara maju, timbal sudah dilarang untuk dipakai sebagai bahan campuran bensin.

Research Octane Number (RON)
Nilai oktan sebuah bahan bakar yang paling umum di seluruh dunia adalah nilai Research Octane Number (RON). RON ditentukan dengan mengisi bahan bakar ke dalam mesin uji dengan rasio kompresi variabel dengan kondisi yang teratur. Nilai RON diambil dengan membandingkan campuran antara iso-oktana dan n-heptana. Misalnya, sebuah bahan bakar dengan RON 88 berarti 88% kandungan bahan bakar itu adalah iso-oktana dan 12%-nya n-heptana. Semakin tinggi angka oktan, semakin tinggi panas yang dibutuhkan untuk membakar bensin.


Cara memilih bensin yang cocok
Seringkali kita membaca beberapa tulisan, bahwa kalau kompresi rasio sekian harus menggunakan bensin dengan oktan sekian. Tidak salah, tapi tidak selamanya benar. Karena pembakaran bensin sebelum api menyala dari busi (pembakaran dini), penyebab utamanya karena tercipta panas di ruang bakar (mesin) yang melebihi titik bakar bensin itu sendiri.

Banyak faktor yang membuat panas mesin tinggi, yaitu:
1. Kompresi Rasio yang tinggi.
2. Campuran bahan bakar & udara yang miskin (lean).
3. Sistem pendinginan mesin yang kurang baik.
4. Berkendara saat cuaca panas dalam waktu lama.
5. Berkendara dengan kecepatan yang tinggi.

Jadi, kapan kita mengisi bensin dengan oktan yang lebih tinggi? Jawabnya, saat timbul gejala knocking di mesin & tanggal muda tentunya 😁

Sumber : postingan Slamet Pio Aja di grup facebook ‎YAMAHA NMAX INDONESIA (19 Mei 2019)

Nah itulah brosis sekilas tentang Oktan, RON dan pilihan bensin yang tepat pada kendaraan. Semoga berguna bagi kita untuk memilih bensin yang tepat untuk roda dua maupun roda empat kita.

Maturnuwun

baca juga :

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3892 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..