Halal bihalal “SAR”

Halal bihalal “SAR”

Sebelumnya perlu ane luruskan dahulu kalau SAR diatas bukanlah Search And Rescue. Sebuah tim tanggap bencana yang sudah dikenal dimana-mana namun SAR diatas merupakan kependekan dari Solidaritas Anak Remaja. Sebuah forum kepedulian sosial pemuda desa di kampung ane, Kenongo Sari, Soko – Tuban.

SAR telah berdiri sejak tahun 2006 silam yang dipelopori beberapa pemuda desa yang ingin berbagi setelah mudik dari merantau di kota. Mereka menyisihkan sebagian uang hasil kerja keras di kota untuk menyantuni kaum dhuafa, fakir miskin dan anak yatim di desa. Sejak tahun 2006 telah ratusan paket didistribusikan yang berupa paket sembako, baju muslim, parcel dan bantuan peralatan sederhana bagi masjid dan musholla di desa. Menariknya pembagian ini hanya setahun sekali dan itupun diakhir bulan puasa dimana sebagian besar teman2 sudah mudik semua.


Hari kamis (1/9) bertempat di salah satu pengurus SAR yakni pak Modin. Halal bihalal ke-5 SAR digelar pada malam hari. Biasanya halal bihalal dilaksanakan siang hari dan bertempat di balai desa namun pada tahun ini dicoba dilaksanakan pada malam hari. Tidak kurang 30 an remaja dan remaji memenuhi undangan tersebut. Selain itu hadir pula bapak suamnoto selaku kepala desa kenongo sari dan pak parsin selaku Pembina SAR.

Halal bihalal tahun ini memang tidak semeriah tahun sebelumnya. Beberapa pengurus dan anggota sudah berpindah tempat dan wilayah termasuk ane yang sudah bertempat tinggal di Gresik. Namun begitu ane masih ‘diakui’ sebagai bagian dari SAR. Selain itu yang cukup membanggakan adalah setiap tahun selalu ada wajah-wajah baru anggota SAR. Hal ini mencerminkan adanya regenerasi dan tongkat estafet berjalannya SAR hingga kapanpun.

Halal bi halal ini adalah momentum untuk saling bermaaf-maafan, silaturohim dan berkenalan satu sama lain. Di forum ini juga disampaikan laporan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan selama pembagian bantuan. Selain itu pula ada diskusi gayeng bersama pak kades tentang peta potensi desa dan juga mewujudkan persatuan pemuda desa. Banyak orang berharap semoga SAR bisa menjadi pijakan bersatunya seluruh pemuda desa kenongo sari.

Ane sendiri hanya bertugas mengompori alias provokator untuk kebangkitan pemuda desa. Ane hanya menekankan perlunya bangga sebagai pemuda desa yang bisa ‘menaklukkan’ atau merantau hingga ke kota-kota besar namun begitu semangat persatuan dan kebanggaan tetap harus dijaga sebagai pemuda desa.  Hidup pemuda desa…!

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4070 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..