Pengalaman geber Honda Vario 150 eSP Limited Edition rute Gresik – Surabaya

Pengalaman geber Honda Vario 150 eSP Limited Edition rute Gresik Surabaya.  Honda Vario 150 eSP Limitied edition ini mengaplikasikan ban yang lebih lebar dibandingkan standar pada umumnya. Profil ban yang lebar tentu menambah kenyamanan dan kestabilan dalam berkendara. KHS mendapatkan kepercayaan dari PT MPM Honda Jawa Timur untuk ngincipi motor edisi terbatas ini mantemans. Yuuk simak pengalaman KHS geber Honda Vario 150 eSP Limited Edition rute Gresik – Surabaya.

Selain warna dualtone kombinasi merah dan dof, ada yang berbeda dari Honda Vario 150 eSP Limited Edition ini yakni profil ban yang lebih lebar. Standar ban Honda Vario 150 eSP yakni  ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14. Sementara untuk Honda Vario Limited Edition ini mengaplikasikan ukuran ban depan 90/80-14 dan Ban Roda belakang menggunakan ukuran 110/80-14.  Sementara ukuran velg tidak ada perubahan dengan versi standar. Ban menggunakan ban FDR Sport XR Evo. Meskipun ban lebih lebar namun harga tetap yakni kisaran Rp 22 jeti OTR Surabaya.

KHS mendapatkan giliran geberr matic 150 cc ini dari mantemans jatimotoblog yang lain yakni koh Rio (motorrio.com) pada hari Rabu, 26 April 2017. Posisi odometer sudah mencapai 536.8 km. Sore hari itu KHS pun langsung membawa pulang ke Punden Giri Gresik usai jam kantor. Mak Wusss……

Desain.

Desain Honda Vario 150 eSP ini sudah tidak asing lagi dengan garis-garis tajam dan futuristik. Kombinasi layer yang ciamik juga menunjang penampilan tersendiri. Termasuk sorotan tajam headlam plus lampu LED yang terang seolah melengkapi desain futuristik tersebut. Logo Honda dan emblem Vario 150 eSP yang timbul alias 3D mengesankan lebih elegan. Sementara sektor dashboar dengan odometer yang dominasi warna biru langit membuat pandangan fokus. Lampu yang ada juga bisa menyesuaikan antara berkendara dimalam hari atau siang hari. Inilah yang disebut Dynamic Panel Meter brosis.

Honda Vario 150 eSP Eksklusif Limited Edition menggendong mesin 149,3 cc, 4 langkah, SOHC dengan pendingin cairan.  Sementara fitur yang disematkan pada Honda Vario 150 Limited edition ini diantaranya Idling Stop System (ISS), ACG starter, Answer Back System, Combi Brake System (CBS), Side Stand Switch, Secure Key Shutter Bagasi Super lega 18 liter sehingga bisa menampung helm full face.

Ergonomi

Tinggi KHS 175 cm dengan bobot 65 kg cukup nyaman menunggang di Honda Vario 150 eSP Limited Edition ini. Tangan bisa memegang kemudi secara sempurna dengan posisi tidak terlalu menekuk ataupun terlalu lurus. Sementara sisi kaki-kaki juga bisa terakomodir menapak di dek dengan tepat. Jok yang dibuat bertingkat membuat driver nyaman sehingga pantat tidak maju mundur dan cukup membantu ketika melakukan braking. Jok di desain dengan elegan dengan bahan yang medium.

Spesifikasi Honda Vario 150 eSP tahun 2017 (standar)

MESIN
Diameter x Langkah : 57,3 x 57,9 mm
Volume Langkah : 149,3 cc
Perbandingan Kompresi : 10,6 : 1
Daya Maksimum : 9,3 KW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 12,8 N.m / 5000 rpm
Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter : Pedal & Elektrik
Busi : ND U27EPR-9, NGK CPR9EA-9
Sistem Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI)
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC dengan pendingin cairan
KAPASITAS
Kapasitas Tangki : 5,5 liter bahan bakar
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi : Otomatis, V-matic
Kelistrikan : Baterai 12 V – 5 Ah (tipe MF)
Lampu depan : LED 2,6 W x 2 (low); 5,2 W x 2 (high)
Sistem pengapian : Full transisterize, baterai
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm
Curb Weight : 109 kg
RANGKA
Tipe Rangka : Tulang punggung
Tipe Suspensi Depan : Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang : Lengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal
Ukuran Ban Depan : 80/90 – 14M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang : 90/90 – 14M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem Belakang : Tromol
Sistem Pengereman : Combi Brake System
Idling Stop System : Tersedia

Pengalaman Njajal Numpak Gresik – Surabaya

Pulang kerja pada waktu itu habis maghrib sehingga kondisi malam brosis. Menuju parkiran motor lantai dua langsung mencoba fitur Answer Back System dimana motor akan berkedip lampu sein secara bersamaan. Selanjutnya coba cek bagasi dengan memutar kunci kontak pada posisi seat lalu dilanjut klik tombol seat yang berada disampingnya. Taruh barang-barang-barang kemudian tutup lagi..mak klik (senyap).

Selanjutnya putar kembali kunci kontak ke posisi ON. Kombinasi pegang rem belakang dan tekan tombol start terdengar raungan mesin yang khas dan halus karena penyematan teknologi ACG starter. Dinamic panel meter sangat elegan dan membantu fokus ketika melihat panel-panel. Sementara sektor depan lampu menyala sempurna dengann sorotan lampu LED putih yang sangat terang. Sangat mendukung untuk perjalanan malam hari terlebih dengan kondisi jalanan Surabaya Gresik yang beberapa ruas ada lubang dan gronjalan…hehehe.

KHS pun menuruni tangga dan menggeber motor menyusuri jalan kedungdoro menuju jalan demak. Impresi awal yang KHS rasakan tarikan sangat responsif untuk kelas motor 150 cc. Mengintip spek di web menyebutkan Honda Vario 150 eSP ini mampu berakselerasi 0 -200 meter dalam waktu 11.94 detik. Sementara mengacu spesifikasi diatas Honda Vario 150 eSP memiliki Daya Maksimum : 9,3 KW / 8500 rpm dan memuntahkan Torsi Maksimum : 12,8 N.m / 5000 rpm. Selain responsif, handling cukup lincah untuk membelah kepadatan jalanan kota metropolitan. Fitur Idling Stop System (ISS) secara otomatis mesin mati ketika KHS berhenti di beberapa titik lampu merah.

Melewati jalanan kalianak Surabaya yang bergelombang dan gronjalan, ban lebar ini cukup stabil meredam goncangan dan begitupun pula mendukung pengereman. Beberapa kali menghajar lubang, shockbreaker cukup bisa diandalkan meskipun juga tergantung dari kondisi lubang dan gronjalan yang ada. Namun bagi KHS cukup nyamanlah meskipun geber motor sendirian. KHS pun melanjutkan perjalanan hingga selamat sampai tujuan di Punden Giri Gresik.

Keesokan harinya KHS berangkat kerja ke Surabaya dengan iseng-iseng mencoba top-speed. Dijalanan romokalisari arah terminal wilangon terdapat spot jalan lurus sekitar 2 km sehingga menggoda untuk tarik gas maksimal. Honda Vario 150 eSP ini tarikan bawah memang yahuddd dimana gak kerasa odometer sudah menunjukkan 90 km/jam. KHS pun mencoba menarik lebih dalam lagi namun cukup di angka 100 km/jam harus mengendurkan gas karena kondisi jalan didepan sudah tidak memungkinkan…hehehehe.  Meskipun menurut KHS masih bisalah diangka 110 km/jam begitu. Bagi yang suka stop and go seperti sangat cocok menggeber motor 150 cc ini.

Terkait konsumsi BBM, jujur KHS tidak sempat mengukurnya karena kerjaan lagi numpuk di bulan April ini…xixixi alasan. Mengintip di web honda menyebutkan Honda Vario 150 eSP ini dengan mengaktifkan fitur ISS mampu meraih angka 48 km/liter untuk EURO 3 dan angka 52,9 km/liter untuk EURO 2 dengan metode ECE R40. Bagi yang tertarik dengan keiritan konsumsi BBM Honda Vario 150 eSP bisa mampir di warung kang gesang potretbikers yah.

Demikianlah mantemans pengalaman geber Honda Vario 150 eSP Limited Edition rute Gresik – Surabaya. Terkait harga Honda Vario 150 eSP ini dibanderol sekitar Rp. 21.750.000 OTR Surabaya, Jawa Timur.


Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3639 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

4 Comments

  1. Mantap khs pengalaman geber motor vario 150 yang futuristik dan menurut saya sangat elegan.

    Kang khs mau tumpang tanya nih. Kebetulan saya usaha rentalan motor. Dan rencana mau buat tour untuk motor, dan kayanya paling tepat adalah vario 150 nih, kebetulan ditempat qt sebenernya ada beberapa pilihan vario cw, vario 110 dan vario 125. Tapi kayanga masih kurang tepat sebagai pilihan motor touring untuk masalah top speed karena kemarin sempat sharing bahwa vario 150 sngat stabil di kecepatan 100 belum lagi tambahan dari khs utk masalah stop speed.

    Memang sih kisaran vario 150 jauh lebih tinggi harganya hingga 22 jt terpaut 5 jutaan dibanding kelas dibawahnya vario 125. Tapi saya lebih tertarik untuk yang 150, irit kayanya untuk injeksi sama aja. Tapi baca artikel khs bs ampe 48km/liter konsumsi bbm’nya. Wah nambah semangat pake idola matic saya ini. Tapi saya pengen tau kekurangan vario 150, bisa ditambah ga artikelnya kusus kekurangan vario 150.

    Saya kemarin cuma di share waktu pas di bengkel, oleh salah satu pemakai motor vario 150 yang kebetulan ketemu di bengkel, kekuranganya hanya boros di ban dan baru 10 bulan, rem belakang cepat kotor sehingga terdengar suara aneh gitu. Untuk oli dia pake bm1 dan ternyata ok sejauh ini. Dan untuk lampu kusus vario 150 tidak bisa dimodif untuk di hidup matikan. Kebetulan di daerah saya di bali, siang hari tanpa lampu tidak jadi masalah kepolisian, hanya kecuali saat mendung kesadaran pemakai kendaraan pasti menghidupkan lampu.

    • trims atas sharingnya bli, terkait kekurangannya saya belum menemukan. Mungkin apa yang disampaikan di bengkel itu kasuistik dan juga tergantung pemakaian. Terkait modif lampu AHO mestinya bisa cuma agak sulit karena mesti nambah saklar

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara memakai fitur answer back system dan anti theft alarm di Honda Scoopy 12 inch tahun 2017 – setia1heri.com
  2. Spesifikasi, harga dan pilihan warna model baru All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 tahun 2018 – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..