Mampir di Masjid Al-Hijrah Royal Plaza

Masjid Al-Hijrah Royal PlazaBeberapa pusat perbelanjaan di Surabaya sudah menyediakan tempat ibadah bagi kaum muslim. Meskipun kadang masih ada yang berbentuk musholla tetapi sebagian sudah selangkah lebih maju dengan membangun masjid di dalamnya. Seinget KHS yang sudah berbentuk masjid ada di PTC dan Grand City Mall kangmas dan mbakyu.

Nah pada kali ini KHS ingin mengulas Masjid Al-Hijrah Royal Plaza yang ada di Lantai 3/P-8.  Royal Plaza sendiri dibuka untuk umum sejak tahun 2006 sedangkan masjid ini berdiri 3 tahun setelahnya atau tahun 2009.  Ketika ada kegiatan kantor awal Mei 2013 kemarin KHS baru sempat mampir dimasjid yang diklaim mampu menampung 150 jamaah serta diadakan Sholat Jum’at rutin. Oia bagi kawan yang belum tahu posisi Royal Plaza ada di Jln. Ahmad Yani 16-18 Surabaya.

menuju masjid al-hijrah royal plazaSelama ini KHS ketika sholat di Royal Plaza lebih sering sholat di Musholla yang ada di tiap-tiap lantai. Beberapa musholla di tiap lantai tadi dikhususkan untuk jamaah putra atau putri. Jadi jamaah tidak bisa bercampur kecuali satu musholla yang ada di lantai UG sebelah utara. Nah kemarin KHS isengiseng mampir di Masjid Al-Hijrah ini meskipun di setiap musholla tadi sudah ada pengumuman terkait keberadaan masjid Al-Hijrah tadi.

Awalnya agak sulit mencari lokasi masjid ini. Setelah di lantai 3 atau pusat food court kita akan bertemu dengan Royal 21 sebelum menuju lorong parkir dimana Masjid Al-Hijrah berada. Ketika masuk lorong ini pun kadang agak bingung soalnya tidak ada papan penunjuk jalan kalau setelah pintu lorong ada masjid tadi. Maaf soalnya pintu dilorong sering dalam keadaan tertutup. Setelah berjalan 20 meter ke arah barat dan agak naik baru kelihatan masjid dengan ukuran sekitar 8 x 6 m ini.

tempat wudhu masjid al-hijrah royal plazaMasjid yang didominasi warna putih dan kaligrafi ini terlihat cukup bersih.  Jamaah perempuan dan laki-laki dipisahkan oleh hijab depan belakang.  Meskipun hanya ada kipas angin tetapi udara cukup mengalir segar dimasjid ini tetapi gak tahu kalau kondisi banyak orang seperti waktu sholat jum’at lho…hehehe.  Tempat wudhu masih menjadi satu antara laki dan perempuan sehingga harus hati-hati jangan sampai bersentuhan.  Untuk menjamin kesucian tempat wudhu ada air yang mengalir terus-menerus dilantai. Di tempat wudhu ini kita bisa melihat keluar atau ke bawah dengan panorama rumah-rumah penduduk di sekitar Royal Plaza atau keindahakan kereta api ketika lewat.

kondisi masjid alhijrah royal plazaMasjid ini diresmikan dengan tanggal dan jam yang unik yakni Hari Jum’at Pukul 12.34’.56’’ tanggal 07-08-09…hehehe. Masjid ini cukup nyaman untuk melaksanakan ibadah karena setahu KHS ketersediaan air selalu lancar baik untuk wudhu atau BAK. Selain itu tempat yang cukup luas sehingga tidak berdesak-desakan seperti di musholla yang ada ditiap lantai. Masjid ini pada pertengahan April 2013 kemarin mendapatkan penghargaan dari Dewan Masjid Indonesia [DMI] Kota Surabaya sebagai Pusat Perbelanjaan yang telah menyediakan masjid bagi pengunjungnya.

Masjid Al-Hijrah ini sedang dalam masa perluasan sekitar 3 kali lebih besar dari kondisi saat ini. Ketika KHS kesana masih terlihat kondisi 30 persen dari desain maket bangunan. Kalau bangunan masjid ini benar-benar sudah rampung maka kondisi masjid akan semakin luas yang mampu menampung ratusan jamaah terutama ketika sholat jum’at.

perluasan masjid alhijrah  royal plazaMonggo kawan kalau mau mampir di Masjid Al-Hijrah Royal Plaza ini. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari barang bawaan anda maka harus dalam jangkauan pengamatan kawan-kawan ketika melakukan sholat.  Overall semoga langkah ini ditiru oleh pusat-pusat perbelanjaan yang lain sehingga meskipun lagi sibuk belanja tetapi tidak lupa check clock pada Tuhan-Nya. Dan tentu pihak manajemen Royal Plaza perlu juga mendapatkan apresiasi dari kebijakannya ini.

Maturnuwun.

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »