SATUDARAH MC sudah ada di Jakarta dan Depok lho…

Iseng-iseng browsing di Youtube ane gak sengaja ketemu dengan video SATUDARAH Motorcycle Club yang ada di Indonesia.  Wow ternyata klub motor yang berpusat di Belanda ini telah mengembangkan sayapnya di Indonesia. Meskipun SATUDARAH MC tidak termasuk kedalam 10 Gang Motor Berbahaya di Dunia (postingan disini) tetapi keberadaan klub motor Moge ini tentu membawa kesan “wow” tersendiri.

satudarah MC malukuSATUDARAH MC. Yuup sebuah klub motor yang cukup berpengaruh di negeri Kincir Angin.   Dibentuk pada awal tahun 90an di kawasan Moordrecht, sebuah wilayah dekat kota Gouda, Belanda. Didirikan oleh 9 orang pria Warga Belanda keturunan Maluku yang sudah lama bersahabat. Dan nama SATUDARAH MC yang mereka gunakan memang ‘khas’ Indonesia meskipun dalam perkembangan anggotanya tidak terbelenggu pada Suku, Agama, Ras dan Golongan tertentu. Saat ini anggotanya telah tersebar di kota-kota di Belanda, Belgia, Jerman, Spanyol, Malaysia dan Indonesia.  SATUDARAH MC sendiri sempat membuat heboh di Belanda ketika pertengahan 2011 lalu ketika akan bentrok dengan salah satu gang motor terkenal Hell Angels. Namun sebelum kejadian bentrokan terjadi semuanya sudah diantisipasi oleh polisi setempat dengan tertangkapnya anggota SATUDARAH MC sendiri.

satudarah jakartaNah awalnya ane kaget ketika ada SATUDARAH MC sudah ada di Jakarta dan Depok. Awalnya ane gak percaya namun ketika ane lihat di website resmi di Belanda sana yakni  http://www.satudarah-mc.nl/

ternyata nama Indonesia dengan Jakarta dan Depok sudah terlist sebagai Chapter Resmi. Wow…kayak bagaimana gitu…’rasa’ Indonesia sepertinya terhubung kembali….xixixixi . Dari beberapa sumber bahwa SATUDARAH MC Chapter Jakarta ini sudah berdiri Agustus 2012 silam.

Meskipun disana SATUDARAH MC terkenal sebagai layaknya gang motor yang outlaws, arogan, sangar  serta stereotif negatif yang lain.  Ternyata Satudarah MC di Indonesia ini ‘beda’ dengan induknya disana. Bahkan dalam salah satu Baku Dapa (istilah kopdar bro) mereka mengundang RSA Indonesia untuk sosialisasi safety riding. “ “Kami pingin suatu ketika ada anggota Satudarah saat berhenti di lampu merah, setopnya di belakang garis putih,” ujar” tutur salah satu pendiri SATUDARAH MC Jakarta. Wow kerenn banget  (lebih lengkapnya baca diwebsite RSA sini ya..)

satudarah MC jakarta chapterSelain itu, melihat statemennya di website http://jakarta.satudarahmc.com/ bahwa kawan-kawan penyemplak moge ini  menjunjung tinggi kedaultan NKRI serta peraturan dan perundangan yang berlaku di Indonesia. Wow…mantabz deh.  Hal ini tentu berbeda jauh dengan SATUDARAH MC di induksnya sana yang lekat dengan konotasi sparatis Republik Maluku Selatan (RMS) sendiri. Ane sih sendiri berharap keberadaan SATUDARAH MC Jakarta Chapter ini bisa menghapus kesan arogansi, outlaws maupun konotasi negatif lain tentang geng motor besar.  Tampilan boleh sangar tetapi tindakan tetap ramah dan bersahabat…hehehehe :mrgreen:

Maturnuwun.

NB : dirangkum dari berbagai sumber

Bedanya SATUDARAH MC Amsterdam dan SATUDARAH MC Jakarta (sumber : kompasiana)

Amsterdam VS Jakarta

Moge VS Moped

Tattoo VS Imut-imut

Comments

comments

44 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »