Iseng masang klakson aksesoris

Menjelang mudik lebaran Jum’at (17/8) kemarin ane iseng-iseng mencari bengkel di sekitaran Gresik untuk memasang klakson aksesoris.  Sebenarnya klakson standar bajaj pulsar ini sudah kentjang dan nyaring namun entah kenapa ane pengin menambah lagi dengan suara yang berbeda. Awalnya pengin masang klakson keong semacam denso atau hella gitu tetapi ternyata di Anwar Motor katanya barang tidak ada. Ya sudahlah merk dan jenis apa aja deh yang penting suaranya berbeda dengan bell standar 😀 .

Memang banyak jenis klakson yang ditawarkan dengan rentang harga antara 30 ribu hingga 80 ribu. Awalnya ane ditawari yang suaranya persis seperti sirine (tahu sendiri kan 😀 ). “Biasanya kalau motor-motor seperti punya sampeyan pake jenis ini mas…dijamin maknyus…hehehe” kata salah satu mekanik disana. Ane dengan tersenyum menjawab, “maaf mas ane gak selera yang begituan…yang standar aja” (ngeles : mode on). Setelah memilah dan memilih akhirnya jatuh pilihan ane pada klakson dengan merk “BALI”.

Ane sih tidak ambil pusing dengan merknya yang penting suara beda. Sebenarnya klakson ini juga ada suara jenis sirinenya namun ane minta didefault suara standar saja. Menurut mekaniknya jenis klakson ini hemat daya karena memang hanya butuh daya 12 watt. Ane sendiri tidak paham sejauh mana durabilitas dan kwalitasnya. Yah namanya iseng… :mrgreen:

Langsung saja dipasang oleh mekanik disana. Ane minta dibuatkan dua jalur alias klakson standar pulsar masih dipertahankan dengan alasan masih ‘sayang’ karena memang suara khas dan coekoep kencang dan juga untuk jaga-jaga kalau klakson aksesoris lagi trouble atau rusak.   Selain itu, klakson standar pulsar ini sudah terbukti waterproof sedangkan klakson aksesoris ini belum terbukti…hehehe.

Pemasangan awal akan dibuatkan saklar sebagai switch untuk memilih suara klakson standar atau klakson aksesoris. Namun daripada ribet ane langsung minta dibuat saklar berbeda saja alias masing-masing satu jalur. Ane sendiri juga tidak paham cara masangnya apakah secara seri atau pararel yang jelas sepertinya salah satu kabel klakson aksesoris tadi dicangkokkan ke kabel klakson standar. Suaranya ?  suaranya memang tidak sekencang bell standar tetapi sementara waktu ane merasa puas dengan suaranya …toet…toet…. :mrgreen: . Oia kawan harga klakson ini kemarin  55 ribu, ongkos pasang 20 ribu dan saklar ori 19 ribu. Mau pasang sendiri tapi masih bingung dan grogi :-(

Matoernoewoen

baca juga :

[display-posts tag=aksesoris]

Comments

comments

31 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »