Hati-hati kena Alzheimer, kenali 10 gejalanya kawans…

Kuburan_band_anangAlzheimer, apa itu kang? KHS sendiri juga masih asing dengan istilah ini. Pernah dengarkan lagu Lupa Lupa Ingat yang dipopulerkan oleh Kuburan Band. Nah ini ternyata menjadi salah satu gejala penyakit Alzheimer. Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang disebabkan turunan dari Demansia. Apa itu Demansia merupakan penyakit penurunan fungsional otak. Meskipun secara umum penyakit ini rentan di usia tua namun setiap orang punya peluang yang sama untuk terkena. Mari kenali 10 gejala umumnya Alzheimer ini kawans. Cekidot

penyakit alzheimerMengutip wikipedia.org, Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan,[1] sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua. Dan Berikut 10 gejala yang disampaikan Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia (ALZI), DY Suharya pada pada talkshow bertema “Demensia, Bisakah Kita Mengurangi Risikonya”? di Erasmus Huis Pusat Kebudayaan Belanda, Jl. HR Rasuna Said Kav. S-3, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (10/9/2014) :

1. Gangguan daya ingat
Penderitanya Alzheimer sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, seperti lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, sampai lupa di mana tempat parkir dalam frekuensi tinggi.

2. Sulit fokus

Penderitanya sulit melakukan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Misalnya lupa cara memasak dan mengoperasikan telepon, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, serta bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar

Penderita Alzheimer seringkali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, hingga sulit mengatur keuangan.

4. Disorientasi

Bingung akan hari, tanggal atau hari penting, dan bingung di mana mereka berada, serta bagaimana mereka sampai di sana, atau tidak tahu jalan pulang kembali ke rumah.

5. Kesulitan memahami visuo spasial

Sulit untuk membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, membedakan warna, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak cermin saat berjalan, menuangkan air di gelas namun tumpah dan tidak tepat menuangkannya.


6. Gangguan berkomunikasi

Kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat. Seringkali berbicara berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

8. Salah membuat keputusan

Berpakaian tidak serasi, misalnya memakai kaos kaki kiri berwarna merah, kaos kaki kanan berwarna biru. Kemudian, tidak dapat memperhitungkan pembayaran dalam bertransaksi dan tidak dapat merawat diri dengan baik.

9. Menarik diri dari pergaulan

Tidak memiliki semangat ataupun inisiatif untuk melakukan aktivitas atau hobi yang biasa dinikmati. Kemudian, tidak terlalu semangat untuk berkumpul dengan teman-temannya.

10. Perubahan perilaku dan kepribadian

Emosi berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau tergantung yang berlebihan pada anggota keluarga. Selain itu, mereka mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Sumber : okezone.com

Diposting dari WordPress seti@0ne-droid

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4052 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

13 Comments

Monggo dikomeng gans..