Sensor Perseneleng Pulsar…

Ane gak tahu namanya ini fitur apa di pulsar tetapi sangat safety banget. Kejadian ini bermula di lampu merah kemarin (3/2) di perempatan arah Menur Surabaya ketika itu ane menetralkan gigi Milestone biar gak pegel nunggu lampu hijau. Tanpa sadar kaki ane nginjak perseneling gigi 1. Sontak  ane kaget, mesin juga ‘kaget’ tapi motor gak sampai meloncat dan langsung otomatis mati. Alhamdulillah motor dan sepeda pancal didepan ane tidak jadi korban ketidaksadaran ane. Shock ::  😀 . Ane tidak membayangkan manakala Puslar 180 UG IV ini tak terkontrol yakni meloncat, menerabas, melibas apapun didepannya waktu itu. Bisa-bisa akan memakan korban dan gak jadi berangkat kerja..hiks…hiks (lebay : mode on)

Biasanya fitur sensor ini ane ketahui ketika motor mau dipake namun kondisi gigi masuk, maka secara otomatis pulsar tidak dapat dinyalakan/distarter. Awalnya agak bingung dan panik, namun setelah gigi dinetralkan maka bisa distarter kembali seperti sediakala.  Atau solusi lain bisa dengan cara di pegang persenelingnya sampil menyalakan starter.  Ane rasa fitur ini sangat berguna banget untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Yang jelas fitur sensor perseneling ini sangat safety banget. Salut dah buat pabrikan Bajaj ini yang saat ini lagi ramainya brojolin Pulsar 200 NS (Naked Sport)

Ane tidak paham apakah fitur ini ada pada motor-motor batangan yang lain. Jujur kawan, soalnya ini merupakan pengalaman pertamax  pakai motor laki jadi tidak tahu kondisi motor lain. Monggo kawan yang punya motor batangan atau semprot untuk share dimari pengalamannya… maturnuwun


Keep safety riding and safety gear dan Ojo nglamun di jalan..hehehe ….

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4371 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

16 Comments

  1. Sepertinya ada ya…(Switch ada di Handle kopling) HONDA NMP dan juga motor batangan lain mas … kalau posisi gigi masuk, di tarik kopling mesin bisa hidup kalau gak, gak bisa nyala(starter)…
    Dan untuk mesin mati–> karena RPM stasionernya “standart”.. maka mesin gak loncat dan langsung mati…coba RPM “langsam”nya tinggi…pasti lompat…
    IMHO.. 😀

  2. Fitur sensor ini bgi pgguna pulsar sangatlah membntu,trutama untk safety..
    Namun yg jd mslh,proses pgembalian k gi2 netral saat posisi stationer susahny mnt ampun,kdg hrs matiin mesin dlu br bs netral

    • kalo susah netral jangan dipaksa, motor coba dimajuin ato dimundurin sedikit, yach dikira-kira aja gear depan udah berputar lalu coba netralin, 98% bisa.. 🙂

      #pengalamandilampumerahdiliatinorang :mrgreen:

  3. setia1heri :
    Tanpa sadar kaki ane nginjak perseneling gigi 1

    imho, semua motor berkopling walo tanpa tarik tuas kopling bisa melakukan downshifting..
    makanya jangan iseng :mrgreen:

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Koplak …kok gak bisa starter Vario Techno « www.setia1heri.wordpress.com
  2. Istri cidera kaki karena teledor side stand motor. | www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..