Advertisements

Begini cara pembatalan tiket kereta api biar uang bisa kembali

tiket kereta apiIni pengalaman KHS beberapa waktu lalu tepatnya hari sabtu, 13 Juni 2015 ketika  membatalkan tiket kereta api yang telah terbeli. Ceritanya istri dan ibu mertua KHS mau bepergian ke Jakarta dengan naik kereta api namun karena suatu hal maka rencana tersebut batal. Akhirnya biar gak hangus uang tiket tersebut maka KHS mencoba mengurus proses pembatalan di Stasiun Kereta api Pasar Turi Surabaya.

Siang itu KHS bersama anak istri serta ibu mertua mendatangi Stasiun Pasar Turi Surabaya. Ini merupakan pengalaman pertama sejak 2 tahun terakhir ke stasiun yang menjadi favorit ketika jaman kuliah dahulu. Ternyata semua sudah berubah dan terlihat semakin ada perbaikan pelayanan serta suasana yang berbeda.

formulir pembatalan tiket kereta api'Berhubung beli tiketnya di Indomaret maka harus dicetak terlebih dahulu di anjungan cetak tiket mandiri (CTM) yang ada di stasiun. Oia sebelumnya mengacu pada web kereta api (apps.kereta-api.co.id) maka ada beberapa syarat pembatalan tiket yakni :

  1. Pembatalan tiket bisa dilakukan maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Lebih dari itu maka tiket dianggap hangus.
  2. Pembatalan tiket hanya bisa dilakukan di stasiun – stasiun yang telah ditentukan terutama stasiun besar. Kalau di Surabaya hanya ada di Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi.
  3. Akan ada pemotongan tiket sebesar  25 % dari biaya tiket
  4. Diperlukan surat kuasa bila proses pembatalan tidak dilakukan sendiri sebagaimana nama  tertera dalam tiket.
  5. Jangan lupa bawa fotokopi identitas diri bisa berupa SIM atau KTP. Atau kalau lewat surat kuasa maka foto kopi identitas kedua belah pihak.

customer service stasiun pasar turi surabayaUntuk mencetak tiket dengan mandiri ini cukup dengan mengisi kode booking di komputer touchscreen yang tersedia lalu search maka akan muncul nama orang yang pesan tiket. Selanjutnya tinggal klik cetak maka tiket akan segera tercetak di printer yang telah disediakan. Kalau bingung tanya saja sama petugas atau satpam yang ada di sekitar lokasi CTM ini.

Proses pembatalan awalnya dilakukan di ruang Customer Service dimana kita mesti menyerahkan fotokopi identitas diri dan tiket yang telah kita cetak. Disini kita dikasih formulir pembatalan tiket untuk diisi secara manual. Disini dijelaskan kalau proses pengembalian uang dilakukan sekitar 30 hari dari tanggal pembatalan dan ditanyakan apakah uang akan diambil secara tunai langsung atau via transfer bank . Oia sebelum masuk ke ruang Customer  service terlebih dahulu mesti ambil nomor antrian biar tertib dan tidak saling srobot.

suasana loket kereta api pasar turi surabayaLangkah selanjutnya menuju loket penjualan tiket karena secara administratif pengembalian uang dilakukan disini. Sekali lagi untuk menuju loket penjualan tiket kita juga mesti mengambil nomor antrian kembali seperti layaknya di bank atau pelayanan umum lain. Tak berapa lama akhirnya KHS dipanggil petugas loket untuk proses pembatalan dan diberitahukan bahwa uang baru bisa diambil 30 hari lagi dengan menunjukkan formulir pembatalan tiket tadi. Yupz…mengacu pada tanggal pembatalan tertanggal 13 Juni maka uang baru bisa diambil tanggal 13 Juli…hehehe.

Mengacu nominal tiket untuk 2 orang tujuan Lamongan – Jakarta yakni Rp. 680.000 maka dipotong 25 % dari harga tadi sehingga uang tiket yang dikembalikan hanya Rp. 498.000. Ya lumayan lah daripada hangus sama sekali….hehehe

Cetak Tiket Mandiri kereta apiAwalnya KHS pengin via transfer bank saja namun kata petugas bahwa via transfer bank sering mengalami kegagalan sehingga malah lebih lama prosesnya. Akhirnya KHS memilih secara manual saja yakni diambil secara langsung tunai di stasiun Pasar Turi ini.

Demikian mantemans pengalaman KHS ketika mengurus pembatalan tiket kereta api di Stasiun Pasar Turi ini.

Maturnuwun
————-

Posted from BlackBerry Z3tia1heri

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Advertisements

Comments

comments

27 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »