Jembatan Branjangan dalam masa perbaikan (Surabaya)

Bermula dari adanya penurunan badan jembatan yang tidak merata pada bulan Agustus 2012 kemarin Jembatan Branjangan akhirnya diperbaiki. Pada hari itu sempat membuat lalu lintas arah dan dari Terminal Osowilangun lumpuh total karena sebagian besar mobil, bus, truk fuso, truk  maupun tronton tidak tahu papan pemberitahuan akan pengalihan arus lalu lintas. Pasca kejadian itu telah terdapat tenda kepolisian untuk mengatur maupun menindak tegas mobil-mobil besar yang nekad melewati jembatan yang ambles itu.

Jembatan Branjangan merupakan jembatan artiteri dipinggiran kota Surabaya yang sangat vital tepatnya di kelurahan Osowilangun kecamatan Benowo. Jembatan ini memiliki panjang 53 m yang terletak pada ruas Jalan Raya Gresik di KM Sby 9+500 antara Margomulyo dan Terminal Oso Wilangun. Jembatan ini merupakan salah jalur dari luar kota Surabaya untuk menuju kota Surabaya. Awal September 2012 ini jembatan sedang mengalami perbaikan dimana dikerjakan salah satu sisi secara bergantian. Pengerjaan perbaikan ini tentu menyebabkan arus lalu lintas tersendat meskipun hanya ada angkot, mobil pribadi dan sepeda motor saja. Sistem buka tutup yang dipakai disana kadang menyebabkan beberapa orang yang tidak sabar asal nylonong yang menambah keruwetan dan kemacetan jalan yang sudah sempit itu. “Gampar aja tuh mas yang main srobot” tutur ane kepada petugas yang sedang mengatur.


Disana telah ada petugas swadaya dari warga yang mengatur lalu lintas. Untuk menciptakan kerapian barisan motor dan menghindari saling nylonong dan nyrobot maka dipasang tali rafia sepanjang seratus meter baik yang disis barat maupun timur jembatan. Menurut pekerja yang ane temui disana menyatakan kalau masa pengerjaan sekitar 6 bulan atau tepatnya bulan Pebruari 2013 baru kelar. Ketika ane lihat hari sabtu (8/9) kemarin pengerjaan baru sekitar 5 persen dimana petugas masih membongkar dan mengelas besi-besi beton rangka jembatan.

Ditempat ini pasti mengalami KEMACETAN sepanjang hari terutama jam-jam berangkat dan pulang kerja meskipun hanya ada angkot dan roda dua. Oleh karena itu bagi kawan pengguna mobil, bus, truk fuso maupun tronton DIWAJIBKAN lewat Tol Romokalisari (arah ke Surabaya) dan Tol Margomulyo/Tol Dupak (arah dari Surabaya). Sedangkan bagi kawan pengguna sepeda motor atau mobil pribadi yang ingin antri juga tidak masalah dimana kita hanya menunggu sekitar 10-25 MENIT secara bergantian pengguna dari seberang timur dan barat jembatan. Jalur alternatif selain tol bisa lewat jalan arah Gelora Bung Tomo ataupun lewat daerah Menganti sekalian. Bagi kawan yang tergesa-gesa harap berangkat lebih awal saja karena lalu lintas disini tidak bisa diprediksi. Oia koordinat Jembatan Branjangan ada di LU -7.224791,LS 112.663924.

Matoernoewoen

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4794 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

11 Comments

  1. Biasa bro kecepatan dalam pekerjaan krng tergantung gaji n duit hehehehehe…
    zaman yg aneh

  2. takirain jam 5 pagi berangkat kerja gak majet..ealah tambah parah macete…..
    wis… ndang marekno jembatan iku…….

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Siapkan Recehan melewati Jembatan Branjangan (Surabaya) « www.setia1heri.wordpress.com
  2. Setahun sudah Jembatan Branjangan Surabaya gak terselesaikan. | www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..