Selamat hari HAM…

Bagi brader yang belum tahu sekarang tanggal 10 Desember. Dan setiap tanggal 10 Desember oleh dunia diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia (HAM). Penisbatan tanggal 10 Desember ini  mengacu pada Deklarasi Universal tentang HAM yang dilakukan oleh PBB pada tanggal 10 Desember 1948.  Hak itu yakni Tiap individu bisa hidup dengan bebas, di hadapan martabat dan hak semua orang posisinya adalah sama. Namun begitu baru 2 tahun tepatnya tanggal 10 Desember 1950 kemudian PBB melalui sidang umum menetapkan tanggal 10 Desember sebagai hari HAM sedunia.

Isi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) 10 Desember 1948,“Setiap manusia terlahir untuk hidup dan menikmati dunia tempat ia berpijak dengan: aman, nyaman, tentram, damai, sukacita tanpa perlakuan sebaliknya, yaitu: pengingkaran, pembodohan, perampasan, pengekangan, pembunuhan, ketidakadilan secara sengaja maupun sistematik oleh orang lain”.


Beragam cara orang yang dilakukan untuk memperingati hari HAM ini. Mulai dari bentuk demonstrasi, seminar, pameran seni hingga parade untuk mengenang penindasan dan pendzaliman nilai-nilai HAM.  Kalau konteks Indonesia mungkin secara sederhana menurut ane dapat dipahami HAM itu adalah orang mudah cari kerja untuk makan, korupsi diperangi, biaya pendidikan tidak mahal walaupun ada embel-embel gratis, biaya pengobatan terjangkau meskipun sudah ada jamkesma dan jamkesda. Orang bebas bersuara namun harus tetap dilandasi rasa tanggung jawab. Orang bisa nyaman hidupnya kalau segala kebutuhan terpenuhi mulai dari sandang, pangan dan papan.  Atau kalau mau muluk-muluk ya janji-janji dalam UUD 1945 tentang kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia itu diwujudkan. 😀 (ngarep : mode on)

Kalau HAM konteks international mungkin kasus Palestina, pembantaian demonstran Mesir dan penyiksaan pemimpin Libia Khadafi sebelum dibunuh. Wis mbuh lah itu kan urusan dunia internasional bersama PBB. Yang terpenting peringatan HAM tidak hanya sekedar rituasi dan seremoni belaka. Mari hormati hak-hak orang lain….

Selamat Hari HAM…

foto : gogling
***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4188 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..