Tradisi unik habis beli mobil baru ini bikin gaduh warganet, coba tengok gans…hehehe

tradisi unik syukuran mobil baru di Indonesia

Tradisi unik habis beli mobil baru ini bikin gaduh warganet, coba tengok gans…hehehe. Sudah menjadi tradisi dan komunikasi kosmis kepercayaan Jawa terhadap sesuatu disekitarnya termasuk ketika membeli kendaraan. Tidak peduli itu mobil baru atau bekas, beli secara tunai maupun kredit namun selalu ada tradisi mengiringinya ketika akan bersentuhan atau menggunakannya. Misalnya dengan siram kembang atau didoakan baik secara individu maupun komunal bersama warga masyarakakat.  Nah coba lihat Tradisi unik habis beli mobil baru ini bikin gaduh warganet, coba tengok gans…hehehe.

tradisi unik syukuran mobil baru di IndonesiaSalah seorang warganet di grup facebook Motuba mengunggah sebuah foto pada tanggal 13 September 2018. “#ootmbah, Tratuba(tradisituabangka) ” ujar Nur Muhammad sambil melampirkan satu foto. Dari foto terlihat sebuah mobil All New Honda Civic yang dikeliling orang-orang yang sepertinya sedang berdoa. Mobil seharga kisaran 500 jeti ini sepertinya sedang didoakan agar diberikan keselamatan.

Do’a atau bersyukur atas rejeki baru adalah hal biasa kawans. “Kalo di tempat saya mbah.. Bikin syukuran biasa.. Malem abis isya di rumah.. Nnt ada toples isi aer kembang 7 rupa di doain bareng2… Trus pengajian selese.. Toples di tutup rapet.. Paginya bareng sama matahari terbit.. Aer Di siramin ke mobil/motor sambil baca doa minta keselamatan. . 😂😂 ” ujar Ary Candra. Agus Agus juga turut mengomentrasi tradisi diatas. “Banyak cara untuk mensyukuri atas nikmat yg diberikan,, dg berbagi dg lingkungan sekitar atas rezeki yg di berikan itu lebih baik. Tetangga gejil ada yg di guyur air kembang mbah motunyar, masing masing keyakinannya Mbah sek penting parkire iseh didalam pagar Mbah,, tetap salud ” tuturnya.

Namun yang menjadi perbincangan warganet adalah posisi penempatan mobil yang persis ditempatkan ditengah-tengah. Mungkin bisa jadi tradisi semacam itu sudah hal biasa namun tidak sedikit warganet yang menilai lebai terkait penempatan mobil yang mesti ditengah. “Yang jadi pertanyaan terbesar gejil adalah.. “KENAPA MOBILNYA HARUS PAS DITENGAH TENGAH??” tanya Akhmad Yanto. Yoga Yuwana turut menimpali obrolan diatas, “Syukuran atau sodakoh boleh sebagai wujud syukur.lah tapi kalo sampe acarane Kya gitu yaa lebay di sanding Nang tengah ” ujarnya.

Warganet lain juga turut menimpali posisi mobil yang ditengah ini. “menurut saya baiknya syukuran ya g prlu smp di hadepin ap yg telah di capai…cukup berdoa brsama di dlm ruangan mobilnya biarin di luar semata terlihat Ria tapi ya kalo memang adatnya daerah situ mesti di hormati yg pnting tdk menyinggung 1 sama lain ” ujar Dian Firmansyah. Riyan Alfraita mengaku baru pertama kali melihat tradisi syukuran tapi mobil juga dikeliling semacam itu. “Hahaha kalo liat org bikin tasyakuran stlh beli mobil atau minimal bubur abang putih wes biasa mbah..Tapi mobile diputeri pas yasinan koyo jenazah baru tau ini, hahaha.. tradisi mana mbah? Apa semua mobil klo ada pengajian harus diputeri gitu? ” tanyanya

Aan Penceng David
Dikampungku masih ada hehehe setiap warga yang beli kendaraan, ada selemati kayak gt.. Ucapan rasa sukur ke yang maha kuasa, tapi kendaraane gak tarok ditengah… Ya sama kayak kenduren.

Bian Elex
Ditempatku juga kalau ada yg beli kendaraan juga diselameti, tp gak gitu juga, intinya ya didoakan supaya awet, aman, berkah, bermanfaat bagi pemilik maupun tetangga

Detrian
rumah ku juga banyak mbah yg syukuran kendaraan baru, tapi ga di pajang tengah tengah gitu

Bukhori Muslim
Kalau ditempat gejil syukuran mau motor,mobil atau truk sekalian cukup didalam rumah mbah.


Imam Mawardi
Semangatnya bagus mbah. Semoga yang punya do’a biar mobilnya tidak mudah rusak ketika diajak jalan ibadah dan mogok kalo diajak jalan kemaksiat

Hakim Vircansa
Gejil juga gitu mbah,tapi syukurannya di dalem rumah mobilnya di luar, terus ada air satu toples yang udah didoain tadi terus disiramin ke mobilnya.

Lain lubuk lain ilalang lain kolam juga lain ikannya gans. Jadi bisa jadi meskipun bentuk syukurannya sama namun dalam menjalan rituasi atas syukur itu berbeda. Nah itu kalau mobilnya dalam bentuk sedan yang berukuran kecil, bagaimana kalau truk atau bus…hehehe. “Untung orang tersebut cuma beli sedan, coba kalo beli bus double Decker,jadi ngga muat ” tanya Nicho.

Meskipun sudah disyukuri dan didoakan kalau bawa mobil tetap safety riding ya brosis…

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3647 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..