Cara Aman : Teknik menikung saat naik sepeda motor

Cari_aman Teknik menikung atau cornering yang aman saat naik motor (1)

setia1heri.com – Cara Aman : Teknik menikung saat naik sepeda motor. Ketika berkendara, menikung merupakan salah satu kemampuan penting yang wajib dimiliki seorang pengendara motor. Menikung mungkin terlihat mudah namun bila kita tidak memahami teknik dasarnya akan berpotensi bahaya.  Ketika kita berkendara dijalan umum kita bisa menggunakan salah satu teknik menikung yaitu Lean With the Bike, dimana pengendara dan kendaraan berada pada posisi tegak lurus.

Cari_aman Teknik menikung atau cornering yang aman saat naik motor (1)Nah berikut tips cornering aman dengan teknik Lean With The Bike yang bisa digunakan ketika berkendara untuk beraktifitas sehari-hari agar selalu #Cari_Aman saat berkendara.

1. Pelan saat masuk
Sebelum menikung kurangi kecepatan dengan menggunakan kombinasi rem depan dan belakang, hal ini dilakukan untuk mencegah motor keluar dari jalur tikungan akibat kecepatan yang terlalu kencang sehingga berpotensi melebar dan juga terjatuh akibat penggunaan rem secara kuat ketika motor pada posisi miring.

Cari_aman Teknik menikung atau cornering yang aman saat naik motor (1)2. Melihat arah yang dituju
Saat akan memasuki tikungan segera lihat arah yang dituju, hal ini dilakukan untuk segera menemukan potensi bahaya dan kita dapat mengantisipasi kondisi tersebut sedini mungkin sebelum motor dalam posisi miring , yang tentu saja pergerakannya akan terbatas dan sedikit kesalahan baik dalam kontorl kecepatan atau penggunaan rem pada posisi ini akan berpotensi bahaya.

3. Kontrol kecepatan
Saat motor pada posisi miring, jangan merubah kecepatan secara ekstrem karena berpotensi menggangu daya cengkarm roda belakang, sehingga dapat menyebabkan roda belakang keluar dari jalurnya dan menggangu keseimbangan ketika kita menikung.

Cari_aman Teknik menikung atau cornering yang aman saat naik motor (1)4. Gunakan rem belakang
Bila kita ingin mengurangi kecepatan ketika menikung, kami sarankan menggunakan roda belakang, hal ini ditujukan untuk mencegah terganggunya daya cengkram roda depan bila menggunakan rem depan untuk mengurangi kecepatan yang berpotensi menggangu keseimbangan sepeda motor dan dapat menyebabkan motor terjatuh.

5. Tambah kecepatan
Saat akan keluar tikungan, untuk memposisikan motor kembali tegak kita perlu membuka gas untuk mendorong motor kembali keposisi tegak, tentu saja menambah kecepatan ini dengan cara perlahan tidak dihentak atau menambah secara ekstrem.

5 point diatas adalah tahapan yang perlu kita lakukan untuk menikung dengan aman.

Selain teknik berkendara , yang perlu disiapkan yakni melakukan pengecekan seperti kondisi ban, sistem pengereman dan kondisi jalan yang akan dilalui seperti kualitas jalan aspal atau beton, juga kondisi lingkungan seperti melewati dataran rendah dan dataran tinggi agar saat berkendara kita selalu mengutamakan #Cari_Aman.”kata Dimas Satria Kelana, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.Cari_aman Teknik menikung atau cornering yang aman saat naik motor (1)

Untuk dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan kita menikung dijalan, kita dapat mengikuti pelatihan safety riding di MPM Safety Riding Course yang ada di Raya Sedati 101, Sidoarjo.

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5694 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..