Apa beda truk jenis tronton, trintin dan trinton serta tribal?

Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang

setia1heri.com – Apa beda truk jenis tronton, trintin dan trinton serta tribal?. Orang awam seringkali menyebut truk yang memiliki desain panjang disebut dengan tronton atau truk fuso. Tidak peduli merk dan jenis truknya yang jelas mereka secara awam menyebut truk tronton, trailer atau fuso. Nah ternyata di dunia truk dimensi panjang terdapat sebutan tambahan trintin, trinton dan tribal. Penasaran? monggo disimak gans…

Antara truk tronton dan truk gandeng, efektif mana ketika bawa barang

Obrolan seputar Apa beda truk jenis tronton, trintin dan trinton serta tribal ini bermula dari fanspage Isuzu Indonesia. Mimin mengunggah perbedaan truk jenis tronton, trintin dan trinton pada tanggal 12 Juni 2023. ” Kalau tronton dan trailer sudah sering kamu dengar, ini saatnya kamu tahu perbedaan tronton, trintin, dan trinton. Coba kamu tebak, varian Isuzu mana nih yang termasuk varian tronton? Tulis di kolom komentar yaa, #IsuzuPartners! ” terangnya sambil mengunggah dua buah foto yang menjelaskan perbedaan ketiga jenis truk dimensi panjang tersebut.

Apa beda truk jenis tronton, trintin dan trinton serta tribal (1)Mengutip penjelasan gambar diatas maka berikut perbedaan tronton, trintin dan trinton :

TRONTON
memiliki 3 sumbu roda dengan konfigurasi ban 1-2-2

TRINTIN
memiliki 3 sumbu roda dengan 2 sumbu di depan dan 1 dibelakang dan dilengkapi dengan 4WS (four wheel steering). konfigurasi ban bisa 1-1-1 atau 1-1-2

TRINTON
memiliki 4 sumbu roda dimana 2 sumbu roda di depan dengan 4WS, dan 2 sumbu lainnya di belakang.

Apa beda truk jenis tronton, trintin dan trinton serta tribal (1)Dlu wkt jaman²nya Fuso built up di poolnya kantor bapak gejil banyak trinton sama trintin Mbah buat logistikan. Skrg yg nyisa cuma yg tronton doang wowkwowkw ” ujar mbah Dimas Aditya ketika fanspage diatas dibagikan di grup facebook motuba. Beberapa warganet juga mengaku baru tahu ada sebutan trintin dan trinton tersebut. ” Baru tau ada trintin dan trinton .” terang bro Ricky Rick.

Terus apa yang disebut dengan truk TRIBAL ?. Mohammad Iqbal mencoba memberikan penjelasan dan gambaran truk jenis tribal ini. “Ricky Rick jgn bilang ga tahu tribal. Truk yg sangat panjang, ada empat gandar, satu di depan tiga di blkg, yg tiga itu ban dobel jd total 14 ban yg nempel di aspal. Kalo mau gampangnya, tronton tambah satu axle blkg..ya memang tribal itu sering dijumpai di sumatra, kalo di jawa sgt jarang, adanya trinton tp banyakan tronton..Truk gandeng pun jarang yg axle nya lima, banyakan empat, yg lima ky truk samator “ ujarnya secara panjang lebar.

awas truk tronton ketika putar balik ambil haluan~01

Sementara di kolom komentar fanspage Agung Hermawan bertanya mengenai jenis sumbu yang lain. ” kalo yg depannya 1 sumbu, blkngnya 3 sunbu namanya apa min ” tanyanya. Hal tersebut dijawab oleh bro Aguz Dian Nugroho, ” Agung Hermawan itu namanya tribal , satu sumbu depan 3 sumbu belakang, tp itu modifan yg aslinya tronton belakangnya di tambah 1 lg sumbu,, ” terangnya.

Well, itulah brosis perbedaan truk jenis tronton, trintin dan trinton serta tribal.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5694 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..