Indikator Engine menyala pada mobil Ertiga di perjalanan, apakah tetap lanjut jalan?

Indikator Engine menyala pada mobil Ertiga di perjalanan, apakah tetap lanjut jalan

setia1heri.com – Indikator Engine menyala pada mobil Ertiga di perjalanan, apakah tetap lanjut jalan?. Obrolan seputar lampu indikator engine menyala pada roda empat alias mobil gans. Bila sebelumnya postingan indikator engine menyala pada Toyota Calya dan Toyota Avanza, kini ada kejadian serupa yang menimpa mobil Suzuki Ertiga. Monggo disimak obrolan berikut gans…

Indikator Engine menyala pada mobil Ertiga di perjalanan, apakah tetap lanjut jalan

Kejadian Indikator Engine menyala pada mobil Ertiga di perjalanan ini menimpa om Candra Prabowo yang lagi melakukan perjalana dari Jogjakarta ke Temanggung. “ Indikator engine tiba-tiba menyala saat perjalanan jauh beresiko tidak jika melanjutkan perjalanan?( Ertiga 2012 )…sy bawa pilang dari jogja ke temanggung, rpm paling mentok 1800…untung malam jadi sepi..” ujar bro Candra Prabowo di grup facebook  KOMUNITAS SUZUKI ERTIGA pada tanggal 15 Januari 2023.

Beberapa warganet yang pernah mengalami kejadian serupa menuturkan pengalamannya.  “Bimo Setiawan sama om, Krn nyari bengkel ga ada, Sy paksa dr grabag magelang sampai salatiga..” terang bro Abu Abdillah. Hal serupa juga dialami oleh bro Srigumelar ” Klo ga da efeknya di mobil ga pa2 om. Sy pernah 2 thn nyala sy diemin aja.ternyata penyakitnya kabel yg ke sensor IAT putus kawatnya. Sama ertiga 2012 ” tambahnya. ” Srigumelar itu biasanya kabelny kesenggol2 pas buka filter udara. Murah juga kok hrganya ” timpal bro Christana Luthfi Erwinata.

Indikator Engine menyala pada mobil Ertiga di perjalanan, apakah tetap lanjut jalan

Warganet lain memberikan testimoni bahwa hal tersebut aman ketika melanjutkan perjalanan dengan kondisi engine indicator menyala. ” kalau enggak brebet mesin nya aman sya pake Semarang jkt kondisi lampu nyalah ” terang bro Ray Pelupessy. Hal ini juga dilakukan oleh bro Stefanus Aggasia, ” Klo dipakai ga ada efek apa2 ke mobil, biasa O2 sensor yg rusak. Dipakai jalan gpp sih om selama ga ada gejala aneh2, saya pernah bawa jalan dari jember ke jakarta kondisi check engine nyala karena O2 sensor minta ganti, efeknya BBM aja jd agak boros ” terangnya.

Syahrul :
Masih aman boskuh saya pernah ngalamin , minusnya bensin jadi boros rpm ngaco , pas dibawa ke dealer ganti indikator.

Sandi Murdiantoro :
saya juga kmaren nyala gtu ga tau nya lampu depan putus sebelah

Achmad Saiful M. A :
Gas aja klo ga ada gejala batuk2 atau gangguan saat berjalan. Biasanya cuma sensor2 aja. Entah kotor, kendor atau rusak. Kecuali pas indikator nyala mesin jg tiba2 mati atau ada gejala. Harus segera cek.

Bay Syihab :
Rpm jadi mati, kemudian merembet power stering jadi berat

Ridwan Baharudin :
saya kemaren ngalamin ini juga..jalan jauh 550km..di tengah jalan tiba2 hidup indikator nya..saya coba brentiin mobil ke tepi, matikan mobil..diamkan sejenak.. setelah itu starter lagi..dan indikator hilang..lanjut lagi, setelah 3 jam an jalan hidup lagi indikator nya..matikan mesin, diamkan sejenak..hidupkan lagi, indikator hilang lagi..dan sampai skrg masih aman.. cuma penasaran juga, ini di sebabkan oleh apa?

Deny Rudiyanto :
Saya pernah alami.. awalnya normal aja, setelah itu isi bbm dan lanjut perjalanan kira kira 8 km indikator menyala tapi semua masih normal.. kendala waktu isi bbm tutupnya kurang rapat.. saya cabut accu dan saya buka dan tutup lagi tutup bensin..

Spesifikasi, fitur dan pilihan warna All New Suzuki Ertiga tahun 2018

Sedangkan warganet lain pernah mengalami hal serupa namun ternyata kocek yang mest dirogoh cukup dalam untuk mendandani karena terdapat kerusakan pada ECU. ” Sy pernah..kena 4,5 jt..ECU (rusak), sekalian pembersihan thortle body dsb…sudah scan di bengkel umum dan beres..hasilnya sama, keduanya bilang ecu nya rusak..” pungkas bro Bimo Setiawan.

Well, itulah brosis obrolan mengenai Indikator Engine menyala pada mobil Ertiga di perjalanan. Bila memang tidak menemukan bengkel terdekat dan kondisi mesin tidak ada gejala batuk-batuk maka tetap bisa lanjut jalan. Namun selanjutnya dapat diperiksa ke bengkel terdekat untuk di analisa penyebab engine indicator menyala.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Tentang setia1heri 5238 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..