Obrolan seputar motor modifikasi saat harus mengurus surat di samsat

Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)

setia1heri.com – Obrolan seputar motor modifikasi saat harus mengurus surat-surat di samsat. Brosis ketika mengurus perpanjangan nopol maka biasanya kita akan ke SAMSAT terdekat dengan membawa motor untuk dilakukan cek nomor mesin dan nomor rangka. Selain itu juga terkait warna motor apakah masih sama dengan yang ada di STNK. Bagaimana kalau motor sudah dilakukan modifikasi? baik dari sisi bentuk, kubikasi mesin maupun warna yang berubah? monggo disimak obrolan berikut ini.

Obrolan seputar motor modifikasi saat harus mengurus surat di samsatKHS menghimpun Obrolan seputar motor modifikasi saat harus mengurus surat di samsat dari grup facebook Vixion Sport Modifikasi. Salah seorang warganet menceritakan pengalamannya ketika motor Yamaha Vixion Lawas alias Old Vixion yang sudah berubah bentuk memakai bodi Yamaha Xabre. Doi ke Samsat ditolak karena tidak sesuai ketika cek fisik namun ternyata terdapat solusi dengan adanya surat pengantar dari diler motor terdekat mengenai perubahan kondisi motor dimaksud.  Selengkapnya monggo disimak penuturan lengkap bro Ello Vets sebagai berikut.

Ello Vets
22 Desember 2022

Sharing info buat yg vixion nya udah jdi siluman. Kebetulan lagi ada wktu luang saya sempatkan waktu ke SAMSAT setempat untuk bertanya2 pengurusan BBN mtor OVI ini yg udh brubah wujud dulunya saya beli second.

Info dri bagian penggesek’an (cek fisik), ditolak krena harus wujud sesuai dengan stnk alias OVI (3C1 (v-ixion)). Namun beliau berbaik hati memberi info bhwasanya bisa di gesek (cek fisik) dengan cara membawa surat pengantar (dengan stempel) dari bengkel resmi alias yamaha nya x yaa yg mana menyatakan motor sudah di modifikasi menjadi xabre dan warna berubah semula merah mnjdi biru putih.

Untuk biaya tidak ada biaya tmbahan, sesuai dengan prosedur biaya bbn, pengesahan, cetak bpkb, cetak stnk, dan pajak taunan yg baru.

Apakah disini ada vixion siluman yg sudah resmi bener2 jadi suratnya sesuai modifan?

Mggo sharing2 info nya. Terimakasih admin.

Beberapa warganet menanggapi postingan diatas mengenai spek modifikasi yang dilakukan. ” Itu lu upgrade sendiri atau bengkel lain kan? Terus minta surat pengantar di bengkel Yamaha gitu? Apa gimana? ” tanya bro Andika Kurniawan. Hal tersebut dijawab oleh bro Ello Vets, ” Andika Kurniawan upgrde sndri bg, bgkar sndri, psg sndri. Nah itu mau mnta surat pengantar di bgkel yamaha (nyari2 info gmna cara nya). bgkel yamaha menerbitkan surat pengantar yg menyatakan mtor telah di modifikasi, surat itu nnti dibwa saat BBN di kantor samsat.” terangnya.

modifikasi NVL pakai baju XabreBagi pemiliki Yamaha Vixion edisi NVL tidak memiliki kendala berarti karean di STNK tidak secara spesifik tertulis vixion. ” nvl nyimak bang,pake body set rangka xabre,noka xabre aku hilangin pake lem besi,trus noka nvl aku potong trus tempelin di rangka xabre belakang bawah jok persis atur serapi mungkin,aku coak covernya dikit,masalah pajak aman2 aja yg penting noka nosin sama di stnk bpkb. Mungkin samsatnya gak curiga soalnya di stnk cuma 1PA gak ada tulisan vixionnya makanya aman waktu di cek … ” terang bro Wajex sambil mengunggah penampakan modifikasi NVL dengan bodi Yamaha Xabre warna abu-abu.

Sementara menurut warganet lain alasan dibutuhkan surat pengantar dari bengkel atau diler dikarenakan ada perubahan spek warna pada motor dimaksud. Sedangkan bila tidak terdapat perubahan warna maka hal tersebut tidak dibutuhkan menurut pengalaman beliaunya. ” Itu krn berubah warna…Klo berubh wrna memang sprt itu mnt srt ke bengkel atau fakturnya mnt revisi dealer yg mengeluarkan…saya kmrn urus pnyk tmn juga jupiter di rubah sprt satria dr warna hitam ke warna biru d suruh mnt keterangan ke dealer rubah faktur untk menjadi wrna biru. Bahkan saya juga kmrn urus motor jupiter juga rubah bentuk beda rakitan tahun 2002 ke tampilan Burhan 2008 wrna tetap sama hitam tidak apa2 ” terang bro Muhammad Alfian.Obrolan seputar motor modifikasi saat harus mengurus surat di samsat (4)

Sedangkan warganet lain menyarankan untuk memakai biro jasa agar tidak repot bin ribet untuk mengurusi hal tersebut. ” Biro jasa beres..pjk mati 4 tahun..Ganti plat…Gesek rangka ada..blok nya mlh sdh ganti new vixion..jadi no mesin gesek di blok lain..aman�� ” ujar bro Sys Wigiyanto sambil mengunggah sebuah foto vixion modif MT25. Hal serupa juga dilakukan oleh bro Jimon, “ Di STNK cuma 1PA doang gk ada Vixion nya..! Tiap Pajak dan Balik nama gesek nomer di samsat Aman aja bro sama petugas nya cuma ditanya modif ya mas..!! . Nyuruh orang aja bro.. yg penting warna Tangki km Scotlet sesuai STNK pas pajak kadang perlu foto. Gesek nomer jg dirumah… Bayar paling 100rb aman. ” terangnya sambil mengunggah sebuah foto yamaha vixion warna merah putih.

Ini ganti plat pake biro jasa ngga ribet tinggal satset ” ujar Lutfil Hakim Perveyous.

Sbenernya kalo udah m0dif cari amannya pake jasa aja..mahal dikit tapi ga ribet,ga harus standarin m0tor dulu,….toh 0ngkos standarin m0tor kebengkel sama aja ng0ngkosin jasa perpajakan…jadi udah resiko m0difikasi….… ” terang bro RaFa Realdevil.Obrolan seputar motor modifikasi saat harus mengurus surat di samsat

Well, itulah brosis Obrolan seputar motor modifikasi saat harus mengurus surat di samsat. Mungkin punya pengalaman serupa terkait motor modifikasi ketika mengurus surat di SAMSAT dapat dibagikan dimari…

Maturnuwun

Pengalaman balik nama mbah Tarno di Samsat Barat Tandes Surabaya tahun 2019 (7)

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Tentang setia1heri 5238 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..