Latah Zebra Cross jadi ajang fashion show, meniru The Beatles kah…

citayam fashion week 2022
foto : twitter @seatodaynews

setia1heri.com – Latah Zebra Cross jadi ajang fashion show, meniru The Beatles kah…?…Beberapa minggu terakhir pesona jalan penyeberangan atau zebra cross bagi pejalan kaki menjadi spot fashion show. Bermula dari viralnya Citayam Fashion Week (CFW) yang ada di Jakarta Pusat mempengaruhi beberapa daerah untuk membuat street fashion show serupa dengan arena ‘catwalk’ jalan penyeberangan atau zebra cross ini gans.  Apakah mereka meniru gaya The Beatles tahun 1969 pada album ke-11 nya ?

citayam fashion week 2022
foto : twitter @seatodaynews

Entah siapa yang memulai zebra cross menjadi arena spot fashion show ini. Semua sepakat bahwa foto sampul album ke-11 The Beatles menjadi ikonis dengan zebra cross ini. Tahun 1969, band asal Inggris yang digawangi oleh John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr memutuskan membuat cover album tanpa judul band mereka. Mereka memakai zebra cross Abbey Road, London yang ada di depan studio rekaman EMI untuk dijadikan lokasi pengambil gambar dan dijepret oleh fotografer asal Skotlandia yakni Ian Stewart Macmillan.


Infonya sang fotografer mengambil 6 gambar namun jepretan kelima yang disepakati menjadi sampul album ke-11 The Beatles ini. Foto legendaris itu memperlihatkan John Lennon dalam balutan jas putih berada di posisi paling depan disusul oleh Starr memakai setelan jas hitam. Sedangkan McCartney bertelanjang kaki dengan sandal sambil memegang rokok disusul terakhir Harrison memakai setelan casual denim biru. Terlihat dibelakang terpakir sebuah Volkswagen Beetle warna putih.  Album Lagu dengan cover ini menjadi lagu terlaris brosis..

the beatles at the zebra cross abbey road (2)
Foto: telegraph.co.uk

Kembali ke soal Zebra Cross, Beberapa daerah di Indonesia sepertinya sudah ancang-ancang dengan even serupa dengan zebra cross sebagai spot. Infonya ada Braga Fashion Week di Bandung dan Tunjungan Fashion Week di Surabaya. Selaini tu ada Kayutangan Street Style di Malang, Kesawan Fashion Week di Medan. Kegiatan fashion show ini tidak terlepas dari efek gelombang popularnya Citayam Fashion Week (CFW) yang digagas oleh Jeje Slebew, Bonge dan Roy serta ABG lain dengan sebutan khas ‘SCBD’ atau Sudirman, Citayam, Bojonggege, Depok ini.  Apakah ada kaitannya dengan cover album Abbey Road The Beatles diatas ?

Kaitan dengan Tempat Penyeberangan Pejalan kaki atau Zebra Cross ini diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 34 TAHUN 2014 TENTANG MARKA JALAN.  Aturan penggunaan zebra cross yakni bagi pejalan kaki, harus memperhatikan keselamatan diri saat menyeberang dan memperhatikan keselamatan serta kelancaran lalu lintas. Sementara bagi para pengendara dapat mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan memperlambat kendaraan ketika ada pejalan kaki yang menyeberang.

jenis zebra cross di indonesia

Brosis yang mengikuti berita mengenai CFW ini tentu paham bahwa keberadaan fashion show di jalan penyeberangan jalan kaki yang berada di Jalan Tanjung Karang, kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu menyebabkan kemacetan yang berkepanjangan. Pengguna jalan roda dua dan roda empat yang melintas merasa terganggu dengan kerumunan penonton tersebut. Akhirnya pihak Satpol PP Jakarta beserta Polres setempat sudah memblokir dan melarang aktivitas fashion show di zebra cross tersebut.

Apa pasal ? ternyata fashion show diatas mengganggu pejalan kaki lain yang akan menyeberang, munculnya parkir liar di trotoar oleh masyarakat yang ingin melihat peragaan busana, memancing kriminalitas seperti pencurian motor atau copet dan terakhir menimbulkan kemacetan lalu lintas.

the beatles at the zebra cross abbey road (1)
Foto: telegraph.co.uk

Terakhir bagi yang ingin peragaan busana dapat memakai catwalk yang semestinya dimana tidak mengganggu pengguna jalan lain serta terhindar dari potensi kecelakaan di jalan raya. Terlepas meniru atau tidak dengan gaya The Beatles saat melintasi zebra cross abbey road yang penting kreativitas dan hobi dapat tersalurkan secara elegan, aman dan nyaman gans.

maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 5062 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..