Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650

Kelebihan dan kekurangan, plus minus moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650

setia1heri.com- Kelebihan dan kekurangan, plus minus moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650. Moge alias motor gede diatas kelas 500cc ada pilihan diantaranya Kawasaki ER6N dan Ninja 650 dimana satunya versi naked dan satunya versi full fairing. Motor yang dirilis oleh Kawasaki tahun 2012 silam ini kini harga bekasnya sekitar 70-80 jetian gans. Nah berikut Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650.

Kelebihan dan kekurangan, plus minus moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650Obrolan mengenai plus minus alias Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650 ini bermula dari pertanyaan warganet di grup facebook BEKAKAS. Salah seorang anggpta penasaran mengenai performa serta kelebihan dan kekurangan moge besutan Kawasaki ini. “Selamat sore Mbah, Permisi mau nanya nih tentang bekakas dibawah, plus minusnya apa ya Mbah?? Ada rekomendasi yg lebih bagus tpi hrga hampir sama kah Mbah selain bekakas dibawah ? Makasih ” ujar mbah Muhammad Daniel  di grup Bekakas pada tanggal 6 Maret 2022 sambil mengungggah sebuah foto Kawasaki ER6N warna abu-abu· ” Gejil juga baru beli mbah langsung restorasi 😁 ” tutur Cecep Arief Taufik sambil mengunggah kondisi ER6N dalam kondisi ‘telanjang’.


Moge Kawasaki ER6N ini menggendong mesin DOHC 649 cc., empat katup, dua silinder yang mampu menghasilkan tenaga 72.1 PS dan torsi 64 Nm. Motor naked ini secara mesin terlihat padat dengan keberadaan 2 leher angsa yang berotot. Pengereman double cakram depan dan bagian belakang juga cakram. Motor dengan 6 percepatan ini kadangkala ada yang salah sebut sebagai Byson modif…hehehe. Sementara Kawasaki Ninja 650 merupakan versi fairingnya dengan fitur yang tidak jauh berbeda namun harganya lebih mahal sedikit.

Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650 (5)Beberapa kawans di grup bekakas mencoba memberikan testimoni maupun impresi dengan moge 650 cc ini. “saya sudah pakai er6n 2 tahunan mbah, dan sekarang saya lebih milih royal enfield/suzuki inazuma daripada itu…kalo dibilang nyaman sih nyaman mbah, mesin buat kenceng oke torsi juga melimpah. bensin juga irit banget hampir sama kaya ninbu, perawatan masih terbilang murah untuk sekelas moge. cuma feel berkendara nya aja mbah yang kurang, bosen lama lama. ya cobain ae lah mbah, ntar tau sendiri kan rasanya” terang Nimpuna Teja Putra,

Karena susah belok ini oleh beberapa kawans dijuluki sebagai celeng atau babi hutan. ” Motor celeng mbah, susah belok, macem Ninja 250 dikasih mesin 600cc 🤣🤣🤣 ..Tapi cocok buat transisi dari mocil ke moge beneran ” ujar Ardanis Bergas. Hal ini juga ditegaskan oleh  Wan Amir, ” Plusnya tenaga turah2, Minusnya celeng dan berat banget “tuturnya. “Pernah bawa mbah plus nya torsi nya melimpah mbah enteng pula tarikan nya, Minus susah belok mbah sama berat nya naudzubilah “ ujar Oii Esa Putra.

Celeng benar mbah, Jalan jalan sungmori ke puncak gapernah pake gigi rendah buat nanjak, gigi atas mulu biar suaranya makin yuhu
Buat beloknya agak was-was kalo narik gas. Cuman kopling aja agak berat sama kalo parkir dikiranya bison modif ” tambah Agiel Assegaf Delta.

Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650 (5)Hampir semua warganet sepakat bahwa motor ini memiliki torsi yang gede. Seperti diungkap mbah-mbah berikut :

Daniel Lumowa :
abang gejil pernah pelihara er6n dan gejil sempet pake juga buat harian ngantor. torsi gede, bensin juga ga boros, perawatan ga begitu mahal.
gejil sering pake macet2an gatsu, kuningan sih mbah ga begitu panas juga. tapi ya itu berat lumayan, buat belok agak berat makanya abang gejil tukeran motor sama gejil wkwwk. cocok buat yg dari biasa pake mocil ke moge karena emg moge beneran wkwwk parkir sency bisa dilobby🤣
tp yg namanya pake motor cc gede di jakarta mbah apalagi gejil pakenya di rush hour, jarang nyentuh gear 6 wkwwk

Taffy Elian :
gaada. udah paling cocok. oli lebih dikit dari ninfi. konsumsi bbm irit karna efisien. power melimpah banget torsinya. harga second murah banget. beberapa part substitusi r25. cocok mbah

Irvan Diecast :
Enak mbah torsi gede… Tapi ga tau kenapa ane agak kurang suka sama posisi ridingnya… Ninja rr old juga ane ada…sama juga kurang enak posisi ridingnya cuma enak buat nampang aja… Ane malah suka naik yamaha rxz mbah

Daffa Fauzan :
Torsi gede mbah, handling berat. Tapi kalo udah biasa bawa tiger atau Scorpio mirip mirip kok karakter nya. Konsumsi bbm 15km/l dan panas mesin ketika macet cukup membuat si jon dan betis ketar ketir

Putra Dadang Puryanto :
Manteb mbah udah pernah coba tarikannya manteb.. cuman berat banget.. mindahin tanpa nyalain mesin susah banget 😅 btw itu punya saudara gejil mbah.. bekakas gejil sebelahnya, cuman remahan sebelahnya mbah 😅

Tri Handoko :
Pernah punya yg Er6N mbah, motor enak torsi mantab
Sekarang pake mesin yg sama tp versi cruiser vulcan S

Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650 (5)Warganet yang pernah mengalami kecelakaan dengan moge ini turut memberikan testimoninya. “Gejil kebetulan pernah kecelakaan make ini Motor mbah.. Jujur menurut gejil ini motor emang susah banget dikendalikan, Tenaga buas tapi handling susah banget. Kalau misal untuk dipakai jalan Jakarta yang orang kadang suka nyelonong tiba² saya tidak merekomendasikan Mbah ini motor tergolong kenceng tapi handling dan rem juga agak kurang menurut gejil. Saran saya misal beli motor ini utamakan upgrade kaki² dulu aja mbah seperti rem ban dsb.. Soalnya ini motor opsi yg harus di upgrade hanya itu saja “ tutur Petra Chanaya.

Hal serupa juga diingatkan oleh M Yusuf Aldiansyah agar berhati-hati saat menarik tuas gas. ” Ati ati mbah dari matic naik ke er6n takutnya kebiasan tinggal gas doang make ini langsung nge jambak gas wassalam mbah. soal e Torsi badak gas dikit aja ngacir, kalo di Jakarta buat harian jangan deh paha sama betis anget mbah + rada berat juga gejil aja yg termasuk bongsor bawa ni motor macet macet berasa juga badan 😂 buat bensin irit sih itungan nya buat moge ” pesannya.EG untuk ER-6N

Berhubung ini motor moge maka seringkali bobotnya berat yakni sekitar 214 kg. ” tinggi n berat banget ini motor… selebihnya okelah.. gejil tb 168 kesiksa mbah, 1 kaki jinjit, 2 kaki gak nyampe :v ” ujar Handica Desta N. Hal ini juga ditegaskan oleh Sandi Rahmat Saputra, ” Gejil pernah nyobain naik doang, Kalo masih diemm berat mbah 🤣, tangkinya mengintimidasi gede banget, suara knalpotnya ngerii mbahh walaupun standar, 2 silindernya nggk bisa dijejerin sama ninja suaranya 🤣 ” tambahnya.

Dedy Ceper :
Ganteng berotot bertenaga. Cocok buat pemula juga. Saya dari Suzuki Nex2 naik kelas ke er6, beberapa hari udah kebiasa. Kalau masalah berat dan panas, ya kalau pakai motor 250 apalagi ini .. ya sebaiknya liat liat rute ..macet parah ngopi dulu.

Selanjutnya secara panjang kali lebar dan komprehensif mbah Mubyarto mengulas Kawasaki Ninja 650 yang merupakan versi fairing dari ER6N. Dengan segala kelebihan dan kekurangan untuk kelas moge 650 cc besutan kawasaki ini. Monggo disimak selengkapnya sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650 (5)Mubyarto Retowiarjo :
Moge mogean 650 murah entry level.
Tenaga nya cukup banget untuk sekedar halan halan tanjak tanjakan di pegunungan aspal mulus. Misal bisa boncengan bertiga campur bawa barang 30kg pun nanjak gak akan ada cerita kedodoran.
Ini motor kata orang sih berat, tapi yang varian fairing lebih berat lagi. 198kg vs 211kg.

Kalo suka halan jauh tapi pengen lebih cepat, saran ke yang fairing.
1. Kaki gak segitunya gampang kotor kecipratan air kotor dari roda depan.
2. Bisa ngumpet dibalik windshield nya kalo kecepatan udah diatas 160kph. Akan sangat membantu di kecepatan 180 keatas. Muka dan dada gak segitunya terasa digamparin angin.
3. Panas mesin lebih terarah distribusi nya. Panas cuma di tumit deket knalpot. Ini kalo pake sepatu juga cuma anget. Panas mesin kebuang dari kisi kisi fairing nya. Pada kondisi hujan cuaca dingin ini ibarat kata jadi heater vents. Nyeessshh enak buat ngangetin tangan.
Itu soal fairing.

Soal handling, jika standar ya..
Tekanan ban depan dijaga aja kencengin dikit. Sampe setang terasa entengan. Motor ini kurang angin di ban depan efek nya sangat serius ke pengendalian. Kalo tekanan angin pas sih gak ada masalah ya perasaan gitu gitu aja. Kalo bawa nya normal bukan ala ala takbiran yaaa balapan.

Bantingan standar nya ini motor kaya camry. Empuk banget ngga di depan nya, keras ngga. Cukup nyaman lah.
Belakang nya sih adjustable, mau dibikin boncengan se empuk mercy pun bisa. Enak banget belakang nya.
Yang perlu diperhatikan kalo baru naik ini dari 250cc biasa adalah sikap. Motor standar nya bisa 0-100kph cuma 3,8-4,5 detik jelas gak bisa disamain dengan 250cc standar 0-100kph 7 detik an.

Bobot nya pun ngangetin bagi yang biasa pake motor bobot kosong 150-160kg. Terutama saat nikung pelan puter balik, atau pas berhenti di lampu merah. Banyak kejadian “jatoh bego” di motor ini. Diluar dari kejadian jatoh karena gak bisa kendalikan power nya ya.
Soal mesin, sehat nya ini motor dapet 63hp on wheel. Saya tes sendiri di dyno. Torsi nya 59Nm merata dari 4000rpm. Ini semua on paper standard saya tes di dyno saat odo cuma 180 an km. Maka motor ini sangat sangat rileks buat jalan jauh lewat tanjakan. Gak perlu naik 5000, cukup di 3000-4000rpm udah jalan 70kph dia di tanjakan.

Transmisi nya kasar banget terutama mesin dingin. Masuk 1 dari N jangan kaget sama bletak nya. Emang karakter nya begitu.
Mesin nya pun bersuara kasar. Emang begitu.
Tapi tranmisi nya enak dan presisi kalo di upshift rpm 9000 di gigi 3 atau 4 dan seterusnya.

Soal parts,
Ya jangan samain kaya 250 standar.
Fuel pump 3,5jt.
Kampas depan 500 sepasang, depan ada 2 disc brake. Silahkan kali 2 aja.
Busi 380 ribu dua biji.
Ini belum gearset dan rante ya. Jangan sekalipun disamain kaya 250cc standar.
Ban juga gak murah. Ya ganti ban ini 2 biji setara ganti ban livina 4 biji sama balancing.

Kekurangan nya adalah,
Rem belakang nya. Kalo bawa boncengan, jalan turun gunung curam ini cepet overheating akhirnya blong. Saya ngalamin sendiri ini. Karna jalan pelan turunan curam ngeri roda depan ngunci jatoh lah sudah.
Kalo untuk berhenti dari 100kph, ini rem depan nya cukup pakem. Cukup banget sih buat saya ya. Ini untuk varian non abs. Konon katanya kalo yang abs lebih terasa kurang pakem dibanding yang non abs.
Overall, moge entry level yang cocok buat harian mengingat saya pernah harian pake ini PP 135km. Bensin nya masih masuk akal banget 1:18-24. Tergantung traffic, cara ngegas dan muatan.

Oh ya ini motor 650cc yang sangat sangat aman untuk riding koloran. Saya tes 200++ koloran pake motor ini gak ada cerita kepanasan banget ya paling tumit doang agak agak mateng 🤣. Itupun saat kena macet thogg. Kalo hujan ya enak anget malah.

Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650 (5)Terkait pertanyaan terkait rekomended atau tidaknya moge ER6N ini ada ulasan menarik dari bro Hikaru dimana ini merupakan kelas entry level sebelum ke kelas moge diatasnya.

Hikaru Rizki :
Gada kata lain selain recomended, untuk moge dia irit ga salah bisa 25 an km/L
Torsinya badak karena 2cyl 600cc
Perawatan masih oke untuk ukuran moge injeksi

Cocok banget buat yang mau masuk dunia motor gede, karena langsung pegang 4cyl 800 atau 1000cc bikin kagok
Pengalaman belum pernah pake moge, (tpi udah fasih 250cc 2cyl) tapi langsung pegang Z800 langsung kagok hampir mau wheelie jempalik untung langsung reflek lepas gas emg main moge gabisa sembarang buka throtle kayak naik beat dkk 🤣 pas naik er6 ini feel nya “nggak jauh beda” Dari motor 250 2cyl Cuman bedanya lebih responsif aja bawahnya
Ingat dalam tanda kutip 🤣

Kalo alternatif untuk yg serupa ada itu CBR 500 & CB 500 untuk merk honda
Lalu garputala punya MT7 sama R7 untuk kedua motor ini walau 2cyl dia konfigurasinga crossplane suaranya weyhhh enak bener didengar untuk mt7 sendiri bugdetnya agak berlebih sih terakhir kali pantau seken nya 140jt an untuk R7 sendiri sayang sekali sampe sekarang blm ada kabar kalau bakal masuk indo tpi klo emg masuk ini Sport fairing moge paling sporty diantara pabrikan Jepang,

Untuk kawasaki sendiri punya sodara Er6F
Kalo mau varian terbaru nya ada Z650 sama Ninja 600 klo gak salah
Untuk pabrikan eropa kurang ngerti, sama untuk motor motor lama gak aku masukin list

Bagaimana untuk potensi dipinang ? Berikut penuturan mbah Intus, ” Er6 mumpuni sekali dgn harga rate 60-70an. Sy pakai duo 650, yg er6 dipakai kota2an / riding tipis2 maknyus ” pungkasnya.

KHS bersama ER-6N hijau
ilustrasi biker 😀

Well, itulah brosis obrolan mengenai Kelebihan dan kekurangan moge Kawasaki ER6N dan Ninja 650. Prinsipnya moge ini cocok untuk yang memang nanti kedepan ingin bermain moge beneran. Dengan harga bekas kisaran 70-80 an jeti tentu bukan untuk kaum mendang-mending dalam urusan BBM atuapun sparepart…hehehe. cmiiw.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4977 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..