Ganti oli sepeda motor pakai sistem sedot, amankah ?

Ganti oli sepeda motor pakai sistem sedot, amankah (2)

setia1heri.com – Ganti oli sepeda motor pakai sistem sedot, amankah ?. Ganti oli sepeda motor secara umum prosedurnya adalah membuka baut bawah sehingga oli bisa keluar secara sempurna atau istilahnya ngetap oli. Namun dengan perkembangan teknologi terdapat pilihan dimana ganti oli dilakukan secara menyedot oli lewat tutup bagian atas. Nah kira-kira amankah ? Monggo disimak obrolan berikut…

Ganti oli sepeda motor pakai sistem sedot, amankah (1)Obrolan mengenai ganti oli sepeda motor pakai sistem sedot ini bermula dari pertanyaan warganet di grup facebook Komunitas Mekanik Motor Indonesia. Salah seorang anggota menanyakan mengenai keamanan metode penggantian oli semacam itu. ” ijin bertanya, ganti oli pake sistem sedot gitu apakah aman??? ” tanya Arman Jo pada tanggal 21 Pebruari 2022 jam 16.19 WIB sambil doi mengunggah sebuah gambar bengkel dengan alat sedot oli yang sedang beristirahat dipinggir. ” Mending jangan..nanti Daleman mesin kesedot semua…..kopong mesinnya….” canda dari Heru.


Beberapa kawans yang pernah melakukan penggantian oli dengan metode sedot tadi mencoba memberikan testimoninya. “Matic habis disedot. Terus isi oli 800ml. 2 bulan kemudian ganti oli cara biasa. Yg dibuka kok olinya bnyak bener. Di masukin ke botol oli 1 ltr msh luber.  Perkiraan 1.2 lt kyknya. Sisa yg gk kesedotnya cukup banyak. ” ujar Riko Ichsan.

Sucha Ardiansyah :
Saya pernah ganti oli pake metode sedot gini di planet nab. Tarikan mala berat banget. Setelah diliat di dipstick ternyata kelebihan. Terpaksa dikeluarin dulu dan di isi sesuai spek.

M Rifani :
Kmaren ada pasien suzuki spin baru ganti oli dgn sistem d sedot pas slesai tiba2 motor terasa berat ga ada tenaga sama sekali, stelah d buka kembali ternyata oli tsb ada di 1 liter stengah hampir 2 liter😁

Ganti oli sepeda motor pakai sistem sedot, amankah (2)Sementara warganet lain menyatakan mestinya semua oli bisa tersedot semua asal yang melakukan sudah berpengalaman. “ Riko Ichsan mestinya yg nyedot sdh pengalaman , oli yg kesedot sudah keluar semua blm , dilihat dr wadah tampungan oli bekasnya . ” ujar Zainul Arifin. Hal ini juga ditegaskan oleh Irul Popo, “Di sini aman boss udah ada takarannya ukuran kurang gk nya oli kalo konsumen tanya kurang apa gk tinggal liatin dan jelasin ke konsumen…kalo di atas 500 mli masih aman…kasih selang agak pnjang biar mentok smpe baut tap ny kan ke sedot smua..kalo kurang dri 500 mili mungkin telat ganti olinya ” tambahnya.

Wayan Putra :
Sepengalaman saya pertama x nyedot itu masih ragu sama kebersihan sama olinya sudah ke sedot semua atau blm,ke untunganya jauh dari resiko baut dol,tangan terguyur oli,lupa nutup pembuangan,krengkes dol lah dan lain”

Warganet lain kekeh bahwa untuk melakukan tap oli mestinya tetap lewat saluran pembuangan yang ada di bagian bawah alias dilakukan secara manual.

Aurelia Ardiansyah :
Kasian Konsumen , Oli Yang Di Keluarka Ga Terlalu Bersin Masih Ada Sisa di Dalam ,kita Juga limbah Oli jd Berkurang 😁😀 , jika Terjadi Gram Kotoran , Ga Keluar Karena Kotoran Berada Di Jalur Terbawah Crengkes , Tambah Biaya pengeluaran listrik , Saringan Pembuangan Oli jd Ga Di Bersihkan …oli Lewat Jalur Bawah Aja Sisa Apalagi Di Sedot , Kasian Pemilik motornya
Kaya Gitu mekanik / Owner bengkel Bsa Prediksi Sendiri , Ga Usah Bertanya
Banyak Ruginya Ke Konsumen , Bengkel Pun Sama Rugi
Teori jangan Terlalu Jauh Dari Logika
Salam Satu Kunci , semoga Bermanfaat
GeuL Motor Racing Team

Kingzmen Pedrosa :
Aurelia Ardiansyah ,sy hanya komen di gram aja, klo kita nunggu mesin sampai dingin, secara logika sudah pasti di bawah sebab beda masa jenis, klo olinya di disedot waktu panas gramnya pasti masih bercampur dengan oli dan pasti tersedot semua, menurut saya, di sisi lain tabung transparan itu sebagai parameter oli yg kita sedot, kwaitas olinya bisa terlihat,ukuran oli yg kita sedot jga terlihat,sebenarnya bebas sih mau pake yg manual bisa mau pake yg modern bisa pilihan ada di tangan anda…

Off Line :
Wkwkwk pikir pakai akal sehat saja,,masak Jepang udah pandai bikin motor GK pandai meletakkan baut tap oli 😁 itu ada fungsi kenapa kok baut tap ditaruh ditempat paling bawah

Rizky Ramadhani :
Simpelnya, biasanya saringan oli tempatnya di bawah baut tap oli bagian bawah. Dan juga endapan kan berada di bawah
Ya kalo itu tidak dibuka ya kotorannya pastinya tidak ikut kebuang… Mungkin gitu logika nya

Muhammad Kevin :
Klo menurutku sih aman yg manual om, klo sistem sedot kemungkinan kotoran yg terpendap di bagian dalam gk ikut keluar. Maaf klo salah🙏

Jou Van Ikh :
Bagus dari bawah lah… Insinyur Jepang susah payah sampe botak ciptain buangan oli dibawah supaya bisa dipake😃

ganti oli suzukiMenurut warganet alat sedot oli cocok digunakan dalam situasi terburu-buru dikejar waktu dimana mungkin kondisi mesin masih panas tapi tetap ingin ganti oli. Atau disebabkan oleh baut bawal yang sudah doll sehingga kesulitan untuk membuka. Hal diungkapkan oleh Trollie Mania, “bagus digunakan selagi motor br dtg dan ingin buru2 ganti bambang, kalo lg panas dibuka ya baut nya dol, kalo kotoran pas mesin lg panas itu kotoran masih ngambang bambang, jd bisa ke sedot semua nya. . kalo buat tmen2 ojol yg ganti oli nya seminggu sekali, pas pake trik sedot bambang, puas kan bambang.wkwkkwkwkwkwkwkwkkw ” terangnya.

Kingzmen Pedrosa :
Kelebihan alat sedot oli ini bisa ganti oli walaupun masih panas, trus ga bakal crancase pecah, drat oli ,Ring aus bout oli anti lecet, intinya klo punya uang tdk ada salahnya memilikinya, manfaatnya lebih besar dari pada resikonya😁😁😁

Adhyasta Kent Tyaga :
kalo baut tap oli slek atau susah d buka bisa jadi alternatif. olinya bisa bersih asalkan kevakuman oil suction nya bagus. d bengkel motor resmi dan ATPM juga pake oil suction. jadi kesimpulannya aman aja karena daya sendiri gak pernah dpt komplain mengenai penggunaan oil suction

ganti oli suzukiSementara warganet lain menyoroti terkait keberadaan alat yang dilingkari tersebut. ” Itu kan buat vaccum gurah.. saya pakai itu kalo mau gurah mobil.. kalo oli memang ya nda pakai itu tho..” tutur Salman Alfa Rifzqi. Hal ini juga disampaikan oleh Mukhammad Arif, ” Fungsinya di kasih baut tap oli y buat buang oli . Gitu aja repot bener.. kalau model sdot atau vacum ane biasa gunain untuk gurah mesin mobil . Bukan nyedot oli..” terangnya.

Indra Sambel Gereh :
Kurang tertarik sih sama alat itu soal e itu alat gurah buat bersihin kerak di ruang bakar masih suka tap oli di baut tap oli klo mesin masih panas ya biarin dlu smpai suhunya turun

Beberapa bengkel ada alat semacam itu namun konsumen lebih  memilih untuk dilakukan secara manual. “ dikerjaan ada sedotan gitu
tapi seringnya manual, baru pake pas bautnya ga meyakinkan 😁,pernah kejadian pas keluhan rembes ternyata lubangnya retak 😁,mau ga mau ya turun mesin ” tutur Oh. Hal ini juga dialami oleh Agus Hikmat, “ Kalau ke mekanik lebih cepat kerjanya. Ke Sepeda motor konsumen ga maxsimal…Di bengkel ada alat sedot oli pernah pake alat kerja di komplen konsumen ” tambahnya.

Well, itulah brosis obrolan tentang Ganti oli sepeda motor pakai sistem sedot, amankah ?. Kalau lihat pengalaman beberapa biker diatas memang mengkwatirkan dimana oli tidak tersedot sempurna. Namun mungkin kalau butuh waktu cepat dan batu bawah dol mungkin solusi memakai alat sedot oli dapat dijadikan alternatif.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 5115 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Solusi altenatif ngetap oli mobil tanpa perlu lepas baut....hehehe - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..