Teknik berkendara di jalan turunan dan berkelok seperti Jalur Cangar, Pacet

Kumpulan Cerita Jalur Wingit Dan Angker Cangar Mojokerto

setia1heri.com – Teknik berkendara di jalan turunan dan berkelok seperti Jalur Cangar, Pacet. #Cari_Aman Berkendara di Turunan dan Berkelok di Jalur Cangar. Seringkali kita mendengar berita kecelakaan di daerah Jalur Cangar, Pacet, Mojokerto dimana seringkali melibatkan kendaraan roda dua yang mengalami rem blong dan kendala teknis yang lain. Nah berikut Teknik berkendara di jalan turunan dan berkelok yang bisa dicoba brosis…

Teknik berkendara di jalan turunan dan berkelok seperti Jalur Cangar, PacetSeperti kita ketahui bersama pegunungan memiliki jalanan turunan tajam dan berkelok-kelok. Untuk itu, diperlukan beberapa teknik berkendara pada saat melewati turunan yang berkelok.


Berikut teknik berkendara saat berkendara di jalan turunan dan berkelok yang diberikan oleh Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim Dimas Satria.

Yang paling utama sebelum melakukan perjalanan di medan pegunungan yakni memastikan komponen rem dalam kondisi optimal. Selain rem, pastikan juga komponen motor yang lain dalam keadaan prima seperti ban.

Selanjutnya kenali kendaraan yang akan digunakan. Pengetahuan dan kemampuan ini penting demi keselamatan berkendara baik diri sendiri maupun pengendara lain disekitar kita.

jalur cangar batu malang bikin rem kendaraan terbakarAda perbedaan cara yang dilakukan ketika berkendara di turunan terjal untuk motor matik dan manual. Saat berkendara dengan motor bebek atau motor sport yang menggunakan persneling, terasa engine brake bisa mengurangi kecepatan cukup signifikan, dioperasikan dengan cara menggunakan gigi rendah. Motor manual lebih dapat menghemat rem karena dibantu dengan engine brake.

Sementara untuk motor matik yang harus dilakukan dengan tidak menutup gas secara penuh. Dengan menutup gas secara penuh di turunan maka yang akan terjadi adalah motor matik seperti los, atau bisa digambarkan seperti posisi gigi netral di motor manual. Tentunya berbahaya karena tumpuan penahan beban hanya akan dibebankan pada rem kendaraan.

Saat melewati jalan turunan gunakan rem depan dan belakang secara bergantian agar mengurangi panas pada sistem pengereman. Apabila kita melewati jalan tanjakan maka pengereman yang efektif untuk mengurangi kecepatan atau berhenti yaitu rem belakang, sedangkan melewati jalan turunan makan pengereman efektif untuk mengurangi kecepatan atau berhenti yaitu rem depan.

Apalagi jika jalan berpasir hal itu akan lebih berbahaya lagi, bisa terpeleset kemudian terjatuh dari motor. Untuk amannya gunakan kedua rem secara bersamaan, turunkan kecepatan agar motor mudah di kendalikan.” Kata Dimas.

Kumpulan Cerita Jalur Wingit Dan Angker Cangar MojokertoTerakhir, yang terpenting adalah selalu berkonsentrasi penuh saat berkendara dan gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap.

“ Agar #Cari_Aman dijalan, penting mengetahui dan menguasai medan atau jalur yang mau dilewati Dengan begitu, pengendara motor bisa tahu titik-titik bahaya seperti lubang, jalan licin, turunan panjang dan belokan tajam “ tutup Dimas.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4977 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Teknik berkendara di jalan turunan dan berkelok seperti Jalur Cangar, Pacet - Jatimotoblog

Monggo dikomeng gans..