Obrolan seputar Honda CB150R pakai Pertamax Turbo, amankah ?

Obrolan seputar Honda CB150R pakai Pertamax Turbo, amankah

setia1heri.com – Obrolan seputar Honda CB150R pakai BBM jenis Pertamax Turbo, amankah ?. Bagi sebagian orang kadang ingin coba-coba dan penasaran dengan jenis BBM yang kandungan oktannya lebih tinggi.  Honda CB150R yang mestinya bisa pakai jenis BBM Pertalite dicoba memakai jenis Pertamax Turbo dengan kandungan oktan lebih dari 12. Kira-kira bagaimana performanya ? yuuk disimak gans…

Obrolan seputar Honda CB150R pakai Pertamax Turbo, amankah Obrolan seputar Honda CB150R pakai Pertamax Turbo bermula dari curhatan warganet di grup facebook New CB150R Indonesia. Prasma Indra mengaku bahwa motornya terdapat gejala brebet setelah diisi BBM jenis Pertamax Turbo. ” Diisi bensin merah 12lt kok malah brebet ya hu 🙏 ” curhatnya pada tanggal 09 Januari 2022 sambil doi mengunggah kondisi tangki BBM Honda CB150R yang penuh dengan Pertamax Turbo. Sekedar info standar pabrikan Perbandingan Kompresi Honda CB150 R 11,3 : 1 dimana BBM yang direkom sejenis dengan Pertamax atau dibawahnya Pertalite.


Beberapa biker CB150R yang sudah mencoba dengan Pertamax Turbo turut memberikan testimoninya bahwa hal tersebut aman-aman saja. ” Kok aneh om cbr ku tak isi turbo malah enteng lari ke 130kpj gigi 5 juga enteng Tapi ya itu oli agak kemerahan akhirnya pake pertamax biasa aja ” ujar Marwanfloo. Hal ini juga diungkapkan oleh Rozer Saputra Saputra Rozer, ” Kalok aku isih Pertamax turbo pul aman2 aja kok om.” tuturnya. “Lah saya kok tarikan enteng kalo make prtamax turbo ” ujar Wahyu Bsa. ” Pakai partamax turbo dari ambil thun 2019 sampai sekarang alhamdulillah blm ada kendala 💪💪 ” tambah Achmad Canary.

Sedangkan beberapa warganet lain mengaku tidak cocok dan mengalami gejala brebet seperti yang disampaikan oleh TS. ” daripada Pertamax turbo mending pertalit saya pengalaman saya pakai Pertamax turbo mlh fulpum lemahh brebet tarikan berat ” ujar Dan Ker. Hal ini juga dialami oleh bro Irul Nda, ” Sepertinya full pertamax turbo kurang cocok dengan si cb..punyaku juga iya…kurang tau om,apa settingan ECU nya ,,sampai sekarang gak pernah lagi isi turbo,,isi pertamax92 ” tambahnya. Ryan Sandria juga merasa tidak cocok. ” Gak cocok turbo… pernah rusak injector 😂👌. Disaranin pertamax maximal ” terangnya.

Daftar contoh mobil dan motor yang cocok minum BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus atau Pertamax Turbo brosis...Beberapa warganet lain mencoba memberikan penjelasan lebih detail mengenai hal ini. “ bukan di peruntukan dngn angka kompresi mesin cbr dan skelas mesin yg sama om…..oktan sudah maximal.lbih dari itu awas mesin cepat panas dan bisa jadi oli bercampur sisa pmbakaran dan oli jadi merah.jebol sudah hehehee ” ujar Kurnia Aditya.  Firgi Ramadhan juga menegaskan bahayanya, ” Bahaya, bisa terjadi FD mending kuras bang, kalau udah fd piston bisa baret dan merambat ke bagian lain ” tegasnya.

Saran saya si, boleh pakai pertamax turbo tapi iya jangan terlalu sering bisa jadi akan terjadi penyebab FD (fuil dilution) yang di sebabkan oleh uap sisa bahan bakar/bensin tidak terbakar sempurna dan juga bisa bercampur dengan oli dan disitu juga bahaya kalo oli sudah tercampur dengan bahan bakar bisa bikin oli semakin encer, klo mau pakai boleh 1bulan sekali lahh atau 2bulan sekali.
Itu menurut saya dan saran saya🙏 ” terang Idan Prasetyo.

Muhammad Sa’dullah mencoba menjelaskan memakai pertamax turbo antara gengsi dan fungsi. ” Banyak orang branggapan kalo pertamax turbo paling bagus bwt motor.. pdhal faktanya tidak, malah bikin penyakit. Bukan cc besar/balap cukup pertzmax/v-power motor standar total.. ga usah muluk” pake oktan tinggi karna gengsi atau apalah.. boros di dompet doang.. enak kagak.” tandasnya.impresi Yamaha NMAX dengan pertamax turbo oleh bro kiki surabaya (2)

Kalau mengacu pada kompresi diatas maka sebenarnya Honda CB150R ini bisa memakai pertamax dengan kandungan RON sekitar 92. ” Speknya min pertalite max pake pertamax biasa ” pungkas Reval Rossendi. Jadi amannya sih disesuaikan dengan rasio kompresi mesin standar pabrikan. Meskipun sebenarnya ada juga yang berpendapat bahwa memakai Pertamax Turbo juga diperbolehkan tapi resiko ditanggung penumpang yah…hehehe

Well, itulah brosis Obrolan seputar Honda CB150R pakai Pertamax Turbo.

Maturnuwun

Menikmati gas tipis-tipis TuringLaki All New CB150R tahun 2021, Sidoarjo-Pacet-Batu-Ngalam (12)

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4852 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Obrolan seputar Honda CB150R pakai Pertamax Turbo, amankah ? - Jatimotoblog

Monggo dikomeng gans..