Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar di Samsat Gresik

Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)

setia1heri.com – Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar di Samsat Gresik. Ceritanya si Betet (Honda BeAT) tahun 2016 ini mau perpanjangan nopol namun karena KHS sudah pindah domisi di Surabaya maka mesti dilakukan mutasi terlebih dahulu. KHS melakukan proses mutasi keluar atau cabut berkas di Samsat Gresik pada hari¬†Sabtu, 4 Des 2021. Monggo disimak gans…

rute manukan tandes ke kebomas gresikKHS berangkat dari rumah di daerah Manukan sekitar pukul 07.00 WIB dengan rute Margomulyo, Romokalisari, Mayjen Sungkono Gresik arah Masjid Agung dan sampai di Samsat Gresik sekitar jam 07.45 WIB. Setelah parkir langsung nanya ke tukang parkirnya mengenai mekanisme mutasi/cabut berkas. ” masnya foto kopi berkas terus cek fisik” ujarnya.¬† KHS pun langsung menuju Koperasi Binkara yang pagi itu cukup ramai orang mau foto kopi. Oia meskipun antri mekanismenya langsung saja masuk bawa berkas nanti kalau sudah selesai akan dipanggil dan diberitahu biayanya.Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)

Jam 07.55 WIB mulai antri foto kopi berupa 1. STNK; 2. BPKB; 3. KTP dan sekitar 15 menit kemudian dipanggil. “Heri Setiawan…3ribu perak” ujar suara petugas foto kopi dari dalam. KHS pun langsung mengeluarkan uang 5k dengan kembalian 2k dimana berkas sudah dicopy dan mendapatkan map warna merah. Selanjutnya pukul 08.15 WIB geser ke loket Cek Fisik. Disini berkas ditaruh di kolong BERKAS BELUM di GESEK. Oia cukup tulis nama, alamat dan nomor hp saja gans.Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)


Sekitar pukul 09.05 WIB nama KHS disebut sehingga mendekat ke loket. Eh ternyata ada informasi map nya diganti dengan warna kuning karena ini merupakan MUTASI KELUAR. Mungkin awalnya dikira perpanjangan nopol karena nama sama meskipun alamat sudah pindah gans. KHS pun kembali ke foto copy untuk beli map kuning dengan harga 2k brosis dan selanjutnya kembali ke loket CEK FISIK. Disini KHS diberikan formulir cek fisik.Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)

Jam 09.10 WIB si Betet akhirnya dilakukan cek fisik berupa nomor rangka dan nomor mesin. Petugas hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk melakukan ini. Jam 09.15 KHS bergeser ke loket ARSIP STNK untuk dilakukan pengecekan berkas STNK. Menunggu sekitar 30 menit jam 09.44 nama KHS dipanggil diloket dan ditegaskan hanya pindah alamat saja selanjutnya diarahkan kembali loket CEK FISIK. Disini KHS kembali menumpuk berkas namun pada kolom SUDAH CEK FISIK. Kembali menunggu lagi gans…Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)

Jam 10.14 nama KHS dipanggil, dikonfirmasi mutasi keluar dan hanya pindah alamat saja. Selanjutnya diarahkan ke area gedung depan SAMSAT untuk bergeser ke loket FISKAL/MUTASI KELUAR. Disini menunggu sekitar 10 menit kemudian dipanggil untuk melakukan pembayaran di KASIR untuk bayar biaya FISKAL atau mutasi keluar ini. KHS merogoh kocek 150k untuk biaya mutasi ini brosis dan selanjutnya kembali ke loket FISKAL. Selanjutnya diminta foto copy berkas Surat Keterangan FISKAL sebanyak 3 lembar. KHS pun bergeser ke belakang kembali untuk fotocopy berkas dimaksud.Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)

Jam 10.25 kembali ke loket FISKAL dan menunggu kembali. Sekiat jam 10.35 WIB nama KHS dipanggil dan dijelaskan bahwa surat keterangan mutasi sudah selesai pengajuannya namun baru bisa diambil tanggal 29 Desember 2021 gans. KHS mendapatkan SURAT RESI/MENGAMBIL MUTASI dan SURAT KETERANGAN PENGGANTI STNK atau STNK Sementara yang berlaku hingga tanggal 04/02/2022. “Berkas baru bisa diambil tgl 29 Desember 2021 dan jangan lupa surar resi ini ” ujar petugas SAMSAT menjelaskan.Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)

Tepat pukul 10.36 semua proses cabut berkas ini selesai brosis. Oia selama proses mutasi jangan lupa untuk membawa sendiri pulpen karena mungkin pandemi sehingga petugas tidak menyediakan hal tersebut.Pengalaman cabut berkas atau mutasi keluar honda beat di Samsat Gresik tahun 2021 (4)

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4851 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..