Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand

Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand (1)

setia1heri.com – Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand. Obrolan tentang motor 2 stroke ini dibawakan oleh mbah Ghifar Zulfajri digrup facebook Bekakas (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 8 Juli 2021. Mbah Ghifar mengulas secara detail Yamaha VR150, TZR dan TZR mulai dari sejarah hingga spek motor langka asal negeri gajah putih, Thailand ini gans. Monggo disimak ..

Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand (1)Berikut selengkapnya unggahan mbah Ghifar Zulfajri di grup BEKAKAS yang mengulas seputar Yamaha VR150, TZR dan TZR. Doi juga mengunggah foto-foto motor legendaris tersebut yang diambil dari brosur dari Thailand tersebut. Monggo disimak gans..


Wilujeng Wengi abaah…

Kembali lagi bersama gejil #2strokeaddict

Jadi kali ini gejil akan me-repost mengenai salah satu motor yang pernah gejil tulis di grup sebelumnya.
Motor ini merupakan salah satu legendaris dan cikal bakal terciptanya sport 150 2tak high end yamaha, kenapa demikian?

Karena tanpa motor yamaha VR150 ini, semua motor sport eksotis 150cc 2t macam TZM tidak akan muncul. Launching pertama kali kisaran tahun 1986/7 merupakan dobrakan kencang untuk melawan dominasi pabrikan kawasaki dengan Pico/Krr nya di thailand kala itu.Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand (1)

Tampil berani dengan half fairing dan dengan nuansa fairing berbentuk kotak, menjadi acuan terbesar bahwasanya ini motor diciptakan untuk melawan KRR yang sama sama design-nya kotak, namun berbeda dengan Versi Sportnya yaitu TZR, dia tampil lebih berani dengan mengaplikasikan headlamp bulat yang khas mirip seperti yamaha FZR250.

Yamaha VR150 ini bisa dikatakan versi midle specs dibawah TZR, kenapa bisa begitu mbah? Karena untuk Versi TZR itu dia mengaplikasikan YPVS & YCLS ( Yamaha Power Valve System & Yamaha Computerized Liquid System) sedangkan VR hanya YCLS saja. Kalau diibaratkan Ninja, itu seperti ninja Tipe Kips dan Kiss.

Yamaha VR150 & TZR150 tampil dengan wheelset yang sisirangan (berbeda ukuran) dan ini menjadi sesuatu kewajiban di tahun tersebut dikarenakan pabrikan yang lainnya juga melakukan hal yang sama, entah karena aesthetic atau apalah, ini menambah nilai oldskul dari motor tersebut. Oh iya mbah, stoplamp si vr&tzr ini diturunkan ke 2t generasi air cooling system yaitu RXZ biasa, RXZ Deluxe serta RZR.

Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand (1)Untuk spesifikasi lengkapnya gejil nyaplok dari TZR saja, karena gejil ubek ubek sampe ke group thailandnya gak nemu juga kitab spesifikasinya, Lansung saja :

Manufaktur Thailand Yamaha Motor Co Ltd Model TZR150 & VR150
Tahun Pembuatan: 1991-1996 / 1986 – 1990
Mesin 2-Tak, Silinder Tunggal, Berpendingin Cairan, YCLS + YPVS (VR150 NON YPVS), Katup Buluh Karter
Lubang x Stroke 59 x 54 mm
Kapasitas Silinder: 147 cc
Rasio Kompresi: 6.0 : 1
Sistem Penyuplai BBM: Mikuni VM26SS
Transmisi: Manual, 6-Kecepatan
Sistem Penyala: Kick Starter
Kekuatan penuh: 32,7 HP @ 10,250 RPM / 28 HP @ 9,500 RPM
Torsi Maks: 21 Nm @ 9.250 RPM
Rasio Kekuatan terhadap Berat 0,2702 HP/Kg
Dimensi (PxLxT) 1.960 x 700 x 1.130 mm
Jarak Sumbu Roda: 1,325 mm
Tinggi jok: 760 mm
Ground Clearance: 150 mm
Berat: (Isi) 121 Kg / VR Less Weight maybe
Bingkai: Baja Twin Beam Double-Cradle
Suspensi Depan: Garpu Teleskopik
Suspensi Belakang: Monocross Monoshock
Rem Depan: Rem Cakram Disc 267mm, Kaliper 2-Piston
Rem Belakang: Rem Tromol (TZR150&VR), Rem Cakram 200mm, Kaliper 2-Piston (TZR150R&VRR)
Lingkaran Depan: 80/100 – 16 45S
Lingkaran Belakang: 90/90 – 18 51S

Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand (1)Hingga tulisan ini diketik postingan diatas telah memantik diskusi warganet digrup BEKAKAS. Beberapa warganet mengagumi motor yang hi tech dijamannya tersebut. “cakep ya mbah ” ujar Soedarsono P Benny sambil mengunggah brosur lain tentang VR dan TZR150 ini. “Cuma dapet warisan gen lampu belakangnya aja mbah😂” tambah Lydza. “Sudah terkontaminasi virus drag style thailand mbah, Maaf foto nyomot fp sebelah” tambah Hasan Newgate

Warganet lain mengaku pernah memergoki Yamaha Touch yang sekilas mirip. “Dulu temen sekolah ada yg punya touch,kalo yg touch cc berapa ya mbh ” tanya Panca Nugroho.  Hal ini langsung direspon oleh  mbah Ghifar Zulfajri, “Panca Nugroho Touch itu 125 mbah, tapi di thailand sana touch malah dijejelin blok VR150 ” tuturnya lebih lanjut.

Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand (1)Sementara warganet lain menanyak terkait beda antara versi TZR dan TZM. “bedanya tzr sama tzm apa mbah?” tanya Putranda Donan Prasetya. Hal tersebut langsung dijawab oleh mbah Ghifar Zulfajri, “Putranda Donan Prasetya Karburator mbah, TZM pake VM30, Rasio, pengapian pun sepertinya beda” terangnya.

Obrolan pun berlanju tentang motor yang memiliki desain kotak ini. “Dulu pertama liet terkesan wagu bodinya… Ternyata sekarang harganya mahal 😅 ” ujar Abdur Rochim. Hal ini dtimpali oleh mbah Ghifar Zulfajri, “Abdur Rochim dulu orang sini nganggap motor CBU thailand itu aneh mbah, eh tapi setelah ditilik tilik bagus juga ternyata dan goreng menggoreng pun dimulai 🤣🤣 ” ujarnya. “Ghifar Zulfajri awas ntar gosong loo klo telalu sering digoreng 😁 CBU thailand yang bikin jatuh hati itu CBR150 karbu…. Sayang nya kena jiplak motor abal-abal 😅 ” pungkas mbah Abdur Rochim.

Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand (1)Well itulah brosis Mengenal motor sport 2 tak Yamaha VR150, TZR dan TZR asal Thailand.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4670 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Mengenal ayago 2 tak Yamaha ZR120 asal Thailand | Jatimotoblog

Monggo dikomeng gans..