Waspada keracunan asap knalpot di dalam mobil diam, bisa bikin lemas hingga tewas

orang mati akibat keracunan freon di Mobil

setia1heri.com – Waspada Keracunan asap knalpot (gas karbon monoksida C02) di dalam mobil diam, bisa bikin lemas hingga tewas. Mungkin brosis pernah mendengar kasus orang meninggal dunia didalam mobil ketika tidur sambil menyalakan AC dimana kondisi mobil dalam keadaan berhenti. Hal tersebut ada dugaan bahwa orang tersebut menghirup C02 (karbon dioksida) ketika kondisi tidur sehingga lemas dan keracunan. Monggo disimak diskusi mengenai hal ini gans..

Waspada keracunan asap knalpot di dalam mobil diam, bisa bikin lemas hingga tewasObrolan mengenai Waspada Keracunan gas karbon monoksida C02 di dalam mobil, bisa bikin lemas hingga tewas ini bermula dari postingan warganet di grup facebook Motuba. “mbah, apa menyambungkan selang dari lubang knalpot ke dalam kabin beneran bisa membuat keracunan karbon monoksida dan menyebabkan meninggal dgn cepat ? ” tanya Apriandy Irwansyah di grup Motuba pada tanggal 27 Juni 2021. Si mbah sambil melampirkan link berita di youtube dimana terdapat intel polisi yang tewas diduga keracunan asap knalpot mobil. “kalo liat selangnya sengaja diselipin ke kabin gitu mah, cuma butuh empat menit langsung otewe kahyangan dikelilingi bidadari2, Mbah..” ujar Andi Wiejaya.


Hingga tulisan ini diketik postingan diatas telah memantik diskusi seru mbah-mbah di Motuba. Beberapa warganet yang pernah mengalami keracunan asap knalpot turut memberikan testimoninya.  “betul. Pernah kejadian 2x. Awalnya saya ga bgitu peka panasin mobil di garasi kok mata saya jd berkunang2 ky mau pingsan. Tpi tek tahan2. Keduanya si kecil jg hmpir saja . mainan di dlm posisi sedang dipanasin tiba2 lunglai ky mau pingsan.” ujar Andi Setiawan. Hal tersebut juga pernah dialami oleh mbah Eko Prasetyo, “Gejil pernah keracunan mbah, Dulu di mobil Rush. berasa ketindihan kalo kata gejil. Pikiran mau bangun tapi badan ga bisa gerak alhamdulillah ga panik masiu bisa gerak terus buka kaca….Habis itu deg2an nya baru keluar 😅 ” tuturnya.

Gejala keracunan knalpot ketika tidur sambil mobil hidup dan AC menyala ini juga pernah dialami oleh mbah Hafizh Roihan, “Pliss mbah kalo mau tidur jangan hidupin ac+kaca full tertutup walau mobilnya jalan pun bisa bikin susah nafas, soalnya saya ngalamin, alhamdulillah pas susah nafas akhirnya kebangun trus matiin ac + buka kaca ” terangnya. “kok bisa bisanya ya orang orang ni tidur nyenyak kondisi ac on didalam mobil yg diam. mending matikan mesin buka jendela pol buka pintunya. ato mending keluar mboil sisan terus kunci pintune malah lebih penak. sesegar segarnya kabin tetap aja sumpek buat gejil ” tutur Arvitarna N Yudha.orang mati akibat keracunan freon di Mobil

Postingan diatas menjadi bahan diskusi menarik dari para penggemar motuba ini. “Bingung, knalpot keluar ke udara bebas, manusia didalem kabin yg rapat, kok bisa keracunan knalpot? AC pun gak ada hubungannya ama knalpot mbah ” tanya Rizky Apotik Jimkat.  Pertanyaan tersebut di respon oleh mbah Elfan Muditya Wardana bahwa adanya gas CO yang masuk kedalam mobil. “Rizky Apotik Jimkat kalau dulu pernah saya baca, CMIIW, intinya kalau kondisi berhenti dan AC mobil hidup, maka CO akan berkumpul di luar mobil mbah. Dan dalam waktu yg lama, kadar CO di sekeliling mobil makin banyak. Jd kalau jendela terbuka, CO tsb auto masuk ke mobil, akhirnya penumpang bisa lemas bahkan kematian. Mangkanya disarankan jgn berhenti terlalu lama saat AC mobil hidup, atau matikan AC jika memang akan berhenti dgn waktu lama” jawabnya.

Mbah Ayah Lia juga menjawab pertanyaan mbah Rizky sekaligus menambahkan keterangan lebih lanjut mengenai kebocoran yang ada. “Rizky Apotik Jimkat kalo yg udah2 asap bocor ke kabin… Meski bocornya sedikit tapi dengan kecilnya ruang mobil. Maka lama kelamaan konsentrasi gas monoksida di dalam mobil akan meningkat hal ini yg menyebabkan kematian mbah…. Makanya pekerja di lorong goa biasa memakai blower untuk menurunkan konsentrasi gas berbahaya di ruang tertutup…” tuturnya secara panjang lebar.orang mati akibat keracunan freon di Mobil

Mbah Budi Irawan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai gas CO dan CO2 ini. “keluaran mesin itu CO tapi karena ada udara, langsung jadi CO2, tanpa bau, (kalau bau itu kotoran pembakaran mesin). Yang menghirup tanpa terasa makin lama lemas dan tertidur, selamanya. silakan dikoreksi mungkin gejil keliru mbah.” tandasnya. Hal tersebut ditimpali oleh mbah Desta Putra, “Budi Irawan Dibandingkan dengan oksigen, CO lebih mudah diikat oleh sel darah merah sehingga paparan CO dalam waktu singkat dapat menurunkan kadar oksigen yang didistribusikan dalam darah. Jaringan tubuh yang mengalami kekurangan oksigen akan sangat mudah mengalami kerusakan terutama otak, dan kadar CO juga memicu terjadinya sesak napas. “tambahnya.

Aswan Wiryawan juga memberikan penjelasan mengenai gas CO alias karbon monooksida ini. “Budi Irawan CO itu hasil pembakaran yg ga sempurna.. mesin ga sehat.. CO yg kehirup ke tubuh lgsg mengikat Oksigen dlm tubuh, maka orngnya lemes dan kelamaan meningggal krn kekurangan oksigen” tambahnya.

Beberapa anggota motuba memiliki pendapat yang berbeda mengenai kondisi tidur dalam kondisi mobil berhenti dan nyala AC ini. “Saya kalo tidur dimobil kondisi mesin sama ac nyala, usahain kaca 4-4 nya dibuka. Biasanya buka selebar 2 jari per kaca ” tutur Bagas Tara. Sedangkan beberapa mbah lain justru menutup rapat kacanya. “Kalau gejil istirahat dan ac hidup maka semua kaca tutup rapat mbah, kebetulan mobil gejil g ada tombol sirkulasi udara yg ambil udara dari luar.. Kalau buka kaca takutnya karbon monoksida yg masuk..” ujar Ali Mukhoidori. “Motuba sy dah umur 25 tahun lebih jg gitu om sering berjam² parkir AC on kaca tertutup… Alhamdulillah selama karet sirkulasi udara di bagasi berfungsi dengan baik ” tambah mbah ReVielia Ardie.orang mati akibat keracunan freon di Mobil

Nah itulah brosis obrolan tentang Waspada keracunan asap knalpot di dalam mobil diam, bisa bikin lemas hingga tewas. Yang jelas perlu dipahami bahwa gas CO dan CO2 itu beracun ketika masuk dalam tubuh manusia sehingga kita harus waspada ketika berkendara. Idealnya sih kalau memang memungkinkan hindari istirahat atau tidur didalam mobil ketika kondisi nyala mesin sih….cmiiw

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4670 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..