Bersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektifkah ?

Bersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektifkah

setia1heri.com – Bersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektifkah ?. Beberapa biker mencoba memakai cara alternatif untuk membersihkan karbu motor dengan merebusnya dengan air panas. Cara instant ini menimbulkan pro dan kontra karena dianggap tips jadul padahal sekarang sudah ada karbu cleaner  di toko terdekat. Nah apakah efektif ? monggo disimak diskusi menarik berikut ini gans…

Bersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektifkah Diskusi mengenai membersihkan karburator motor dengan direbus air panas ini bermula dari pertanyaan warganet di grup facebook  Bekakas (Bergejil Suka Motor Bekas).  “Iseng iseng mbah rebus karburator, Baca baca di artikel katanya bisa bersihin karbu..Kebetulan jeroan karbu gejil karatan. Apa benar bisa mbah ? ” tanya Ade Priyanto pada tanggal 26 Juni 2021 pukul 11.40 WIB sambil mengunggah foto kondisi karbu yang sedang direbus didalam panci.  “Kasih royco rasa sapi mbah biar lebih josss dadi 2000 tenaga sapi bukan kuda lagi” canda dari Arie Ccnt. “Karbu thunder detected ” tambah Hann.


Hingga tulisan ini diketik postingan diatas telah mendapatkan tanggapan beragam dari warganet baik yang menanggapi serius maupun yang bercanda. Beberapa menjelaskah bahwa sebenarnya tips ini sudah lama sebelum jaman ditemukan carbu cleaner. “Cara begini mah sudah lama ada. Mungkin beberapa anggap ini lucu ya? Ya silahkan “do with your own risk”” tutur Dendy Suhadinata. “Pernah nyoba wktu 2012 rebus karbu supra xx ..hasilnya joss gandos setelah gnti karbu federal 😀😀 ‘ terang Reka Naz.

Beberapa biker yang sudah pernah melakukan rebus karbu turut memberikan komentarnya. “Pernah mbah, tambah kinclong ” ujar Dimas Alfandi Irawan. “Dulu pernah saya coba, Yg penting semua karet dll Di copot, karburator terendam semua.” tambah Sarisi Tan Wirawan Goodguy. Andi malah mempunyai pengalaman tragis karena kelupaan. “Gejil pernah mbah ngerebus karbu, gejil lupa karena ada tmn Main kerumah eh 3 Jam baru inget lagi ngerebus karbu, alhasil panci bolong + karbu hancur semua 😂 untung dirumah gaada siapa siapa jadi gaada yg marah 😂 ” tuturnya.Bersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektifkah

Beberapa biker menambahkan penjelasan bahwa tujuan merebus bisa membersihkan lubang-lubang kecil. “Salah kaprah yaa, direbus itu bukan buat ngilangin karat, tapi coba membersihkan lubang2 kecil yg ketutup kerak kandel, memang untung2an,kalau karbu dah aus ya ga bisa normal” ujar Ary Koplink. Namun beberapa biker pernah mendapatkan hasil tidak sesuai harapan. “Pernah coba rebus cdi 3 kali. Jadi si,jadi hamil alias mlembung “ ujar Raka Yasin Ariyan.

Sementara disisi lain terdapat beberapa biker yang mencoba mengkombinasikan antara merebus dan membilasnya dengan carbu cleaner.  “Karbu gejil udah karatan dan putih2 udah di rebus, semprot karbu cleaner masih aja kerak2nya gak hilang 😢 syg bgt karbu ori soalnya ” ujar Ef Z. Hal ini juga dilakukan oleh Yanca Dot Id, “Lumayan mbah hasilnya..Habis direbus gejil biasanya bilas pake carb cleaner karena gapunya kompresor🤧 ” tambahnya.

Sementara beberapa biker memberikan komentar sambil bercanda. “Blm pernah liat tim mekanik motor GP ngerebus ngegodok mesin 😂 ” ujar Muhrowi Afrizal. Hal ini juga ditegaskan oleh Andika Febrianto, “tolong postingan ini dihapus mbah. sy takut mekanik moto jipi lihat malah ikut tiru2 ” candanya. Sementara beberapa biker lain masih menganggap bahwa tersebut cukup efektif. “Mbah jaman sekarang itu ada yang namanya carbonecleaner mbah…tp cara itu masih efektif ngrontokin endapan bensin yg membandel..” tegas Tri Wahyudi.

Bersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektifkah Mengomentari postingan diatas terdapat warganet yang menyarankan menambahi citrun. “Ade Priyanto , karbu hrs terendam semua & kasih citrun dikit, pasti hadilnya lebih bersih, leher karbu dihalusin dalemannya,,,, pasti joss ” pesan dari Matias Utomo Ramadhani. Nah bagaimana hasilnya ? berikut penuturan mbah Ade Priyanto, “Happy weekand mbah 😁 allhamdullilah walaupun ga bisa bersih bersih banget..tapi jadi bisa langsam motornya. Btw bekakas gejil Pulsar 180 ” pungkasnya ketika memberikan update dikolom komentar.

Well, itulah brosis  obrolan tentang membersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektif atau ndak tergantung kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Yang jelas saat ini sudah ada carbu cleaner untuk membersihkan kerak-kerak dikarbu. “Udah banyak yg jual pembersih karbu, ayolah mbah, udah 2021 masih aja pake cara primitiv” tutur Johan Antono.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4732 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Bersihkan karburator motor dengan direbus air panas, efektifkah ? | Jatimotoblog

Monggo dikomeng gans..