Penasaran fungsi tapal kuda di bamper depan mobil? monggo disimak gans…

Penasaran fungsi tapal kuda di bamper depan mobil monggo disimak gans...

setia1heri.com – Penasaran fungsi tapal kuda di bamper depan mobil? monggo disimak gans…Brosis mungkin pernah melihat penampakan mobil yang dibagian depan sekitar bumper terdapat potongan tapal kuda alias sepatu kuda untuk andong atau dokar. Biasanya sebiji ditaruh ditengah dengan direkatkan pakai kabel tis atau juga diikat dengan benda lain. Kira-kira fungsinya apa ya? apakah sebagai tanda ikon atau ada hubungannya dengan mitos, keyakinan dan kepercayaan tertentu kayak jimat? monggo disimak gans…

Penasaran fungsi tapal kuda di bamper depan mobil monggo disimak gans...Obrolan tentang tapal kuda yang dipasang di depan mobil ini bermula dari grup facebook Motuba. Salah seorang anggota bertanya mengenai fungsi benda yang tak biasanya terpasang sebagai aksesoris mobil ini. “Sering lihat terpasang di bumper depan mobil…fungsinya untuk apa ya Mbah? ” tanya Agoes Zacky pada tanggal 08 Mei 2021. Doi sambil mengunggah sebuah foto tapal kuda yang terpasang diatas bamper mobil dan dibawah nopol. “Itu termasuk komponen TSS (Toyota Safety Sense) ” canda Satrio Wibowo mengomentari hal tersebut.


Hingga tulisan ini diketik, postingan diatas telah memantik diskusi warganet secara dinamis. Beberapa warganet yang pernah memergoki hal tersebut turut memberikan komentarnya. “Prnh pny nissan sunny ex taxi, di rangka dket bagasi ada tapal kuda di las” tutur Empati Sano. “Ini sejak dpt sdh nge gantung gitu tapal kudanya,,,Saya biarin saja, lumayan lbh keren dr pd pegangan busway..😂😆 ” tambah Adi Maron yang mengunggah foto mobil Kijang dengan gantungan tapal kuda dibagian bemper belakang. “repost mbah…. ganti grill yo tetep tak pasang mbah” tambah lagi Nonit Eko dengan mobil daihatsu nya. “Gejil nemu dah 4 kali mbah terakhir nemu malah+ lonceng sepasang mbah.. oiya tapel kuda ukuran jumbo mbah 😁” tutur Fendy Pradanamitos fungsi jimat tapal kuda di truk dan mobil (1)

Terus kira-kira apa fungsi dari benda dari besi yang sering kali dipakai sepatu oleh kuda tersebut? “Tergantung yang pasang . Untuk pajangan aja ada,memang untuk Mistis juga ada Mbah ” terang Setya Sejaty Pran. “Macem” mbah kepercayaannya, bisa sebagai tolak bala, pelancar rejeki, atau paling mistis mobilnya pernah terlibat kecelakaan sampai ada yg meninggal biar ga dihantuin. Begitu cerita orang“. tambah Andreas Ariel.

Beberapa warganet menjelaskan bahwa hal tersebut sebagai tolak balak. Hal ini seperti diungkapkan oleh mbah Galing, “Konon katanya mobil/truck kalo pernah nabrak orang sampai md di rangka atau tempat lain dipasangin tapal kuda. Mobil kantor bapak gejil dulu juga gitu (mobilnya kijang) pernah buat nabrak orang gila sampai md, di rangka bagian depan tempelin tapal kuda. Mungkin buat tolak balak kali yaaa. Nb: Tapal kudanya harus yg bekas dn nemu di jalan. ” ujarnya.  Hal ini ditimpali oleh Reza Aditya Kusuma Hadi, “Galing susah carinya ya mbah,” tuturnya. “Reza Aditya Kusuma Hadi iya mbah, namanya juga syarat buat tola balak, ibarat kita nyari uang jatuh di jalan. Kalo dulu sih masih rada mudah, dulu populasi andong/dokar masih banyak, sekarang dah jarang mbah. ” jawab mbah Galing.ulil albab pelajar SMPIT Ibnu Sina wuluhan jember pergi ke sekolah naik kuda (1)

Sementara warganet lain percaya bahal tersebut membawa hoki alias keberuntungan.  “Klo munurut orang Jawa dulu Nemu tapal kuda dijalan bisa bawa hoki & bisa buat tolak balak Mbah, ” ujar Imam Susanto.  Hal serupa juga diungkapkan oleh  mbah Kamto Dzebie Bungur, “Mitosnya sih klw mobil di tempelin tapak kuda lancar orderan, Klw warung rame, Intinya sih buat penglaris dan tola bala klw menurut tradisi jawa mah, Itu tapak kudanya jg ga sembarangan ,harus tapak kuda yg dapet nemu jatohan dijalan “ tuturnya.

Terkait dengan tolak balak ini terdapat syarat bahwa tapal kuda yang dipasang konon merupakan hasil nemu dijalan atau lepas sendiri dari kudanya. “Tapal kuda mbah wkwk..Tp kembali lagi ke kepercayaan si mbah. Katanya buat tolak bala. Tapi ya itu, dg syarat sepatu kuda yg lepas dg sendirinya, alias nemu di jalan. Bukan yg sengaja dilepas. Gejil kebetulan dulu pernah naruh 1 tapal kuda yg asli, yg beneran lepas sendiri di mobil yg sering laka. “ ujar Rama Nugraha. Hal ini juga dipertegas oleh Jumeri Resosunoto, “Bisa utk tolak balak bg percaya.. Tp syarate spatu jaran kudu oleh nemu neng ndalan alias spatu jaran sing copot dewe mbah…” tambahnya.mitos fungsi jimat tapal kuda di truk dan mobil (1)

Mengenai syarat diatas ternyata tidak sepenuhnya benar karena info dari mbah AnDhika AT justru dahulu ada yang beli pada bokapnya. “bapak gejil dulu waktu masih jadi kusir delman, pada beli & minta sepatu kuda bekas di bapakkuu. seinget gejil dulu orng2 yg beli trus cerita2 ke bapak, buat di taruh dimobil utk tolak bala kalau gak salah. ” terang AnDhika AT.

Warganet lain juga memasang tapal kuda ini namun tidak di mobil melainkan di rumah.Pintu rumah bagian depan sama samping gejil juga aku tempelin tapal kuda nemu dijalan,mitos katanya kakek buat tolak bala sih,gejil cuma menghargai tradisi saja ” terang M Teguh Prakoso.mitos fungsi jimat tapal kuda di truk dan mobil (1)

Sementara Boby Septyanto mengaku sempat terhindar dari kecelakaan parah dengan memakai benda dikaki kuda tersebut. “Kepercayaan aja mbah mobil saya 2 pake itu semua ya alhamdulillah dapet perlindungan dari allah mbah salah 1 mobil hanyut nyemplung sungai supir kaka saya alhamdulillah kaka saya selamat dan mobil nyangkut di jembatan nabrak kenceng ke jembatan karna kedorong air sungai dan alhamdulillah mobil ga parah cuma penyok2 dikit mesin ya ga rewel cuma ganti oli dan bersih2 aja ga sampe turun mesin, sekarang mobil kerja lagi mbah, entah mitos atau fakta tapal kuda mobil crash yg rusak malah lawanya, maaf kalo panjang mbah ceritanya ” tambahnya.

Hal-hal diatas tentu kembali kepada kepercayaan dan keyakinan masing-masing orang sehingga setiap orang punya pandangan yang berbeda. “Jimat mbah kalo kata orang2 yg percaya. Kalau gejil positif aja mbah, mungkin biar jadi identitas tambahan supaya gak bingung nyari di parkiran🙈 ” ujar Muhammad Hanif. Hal serupa juga diungkapkan oleh Al Rassel, “Gejil cukup Bismillahirrahmanirrahim kemana2 ” tegasnya.  “Aku pernah nemu sepatu kuda tak pasang di vespa malah nubruk taksi mbah…vespane sampeyan kesurupan jaran mbah ” pungkas Yudhi Rochman.

mitos fungsi jimat tapal kuda di truk dan mobil (1)

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4668 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Penasaran fungsi tapal kuda di bamper depan mobil? monggo disimak gans… | Jatimotoblog

Monggo dikomeng gans..